Kepribadian [1] Kepribadian dan Pengembangannya

Pengembangan kepribadian juga dikatakan memiliki dampak positif pada keterampilan komunikasi seseorang dan cara dia melihat dunia.

Rabu, 29 Januari 2020 | 18:38 WIB
0
241
Kepribadian [1] Kepribadian dan Pengembangannya
ilustr: www.eventshigh.com

Setiap individu memiliki caranya sendiri yang khas dalam berperilaku, merespons emosi, memahami berbagai hal, dan memandang dunia. Tidak ada dua individu yang serupa.

Anda mungkin suka pergi ke pesta tetapi teman anda mungkin lebih suka tinggal di rumah membaca buku favoritnya. Benar-benar tidak perlu bahwa jika anda suka berpesta, teman anda juga akan menyukai hal yang sama. Di sinilah peran kepribadian.

Apa yang dilihat seseorang di masa kecilnya dan yang paling penting, masa pertumbuhannya membentuk kepribadiannya. Bagaimana seseorang dibesarkan memainkan peran penting dalam membentuk kepribadiannya.

Kepribadian tidak lain adalah konglomerasi agregat ingatan dan insiden dalam seluruh rentang hidup individu. Faktor lingkungan, latar belakang keluarga, kondisi keuangan, faktor genetik, situasi dan keadaan juga berkontribusi terhadap kepribadian seseorang.

Dalam bahasa awam, bagaimana kita berperilaku dalam kehidupan kita sehari-hari mencerminkan kepribadian kita. Bagaimana seseorang berperilaku tergantung pada latar belakang keluarganya, pengasuhan, status sosial dan sebagainya. Seseorang dengan masa kecil yang bermasalah tidak akan terbuka dengan mudah. Dia akan selalu ragu untuk membuka hatinya di depan orang lain.

Beberapa jenis ketakutan akan selalu ada di dalam dirinya. Seseorang yang tidak pernah memiliki masalah besar dalam hidup akan menjadi orang yang ekstrovert dan tidak akan pernah memiliki masalah berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Anda benar-benar tidak dapat menyalahkan seseorang karena tidak menjadi ekstrovert.

Sangat penting untuk memeriksa latar belakang atau kehidupan masa lalunya. Sangat mungkin bahwa sebagai seorang anak, ia tidak diizinkan keluar dari rumahnya, bermain dan panik dengan teman-temannya. Orang-orang ini mulai percaya bahwa rumah mereka adalah satu-satunya dunia mereka dan mereka tidak aman di luar. Pola pikir seperti itu segera menjadi kepribadian mereka.

Kepribadian juga memengaruhi apa yang kita pikirkan, keyakinan, nilai, dan harapan kita. Apa yang kita pikirkan tentang orang lain tergantung pada kepribadian kita.

Dalam bahasa awam, kepribadian didefinisikan sebagai kualitas dan karakteristik pribadi seseorang. Kepribadian adalah cara kita berinteraksi dengan orang lain. Kepribadian adalah jumlah karakteristik dari seorang individu yang membuatnya berbeda dari yang lain. Kepribadian kita yang membuat kita unik dan membantu kita berdiri terpisah dari keramaian.

Penentu Kepribadian

Berikut ini adalah faktor-faktor yang membantu dalam membentuk kepribadian seseorang:

  1. Keturunan - Keturunan merujuk pada faktor-faktor yang ditentukan begitu seorang individu dilahirkan. Fisik, daya tarik, jenis tubuh, warna kulit, warna tubuh seseorang bergantung pada susunan biologis orang tuanya.
  2. Lingkungan - Lingkungan tempat seseorang menjadi sasaran selama masa pertumbuhannya memainkan peran penting dalam menentukan kepribadiannya. Beragam budaya di mana kita dibesarkan dan latar belakang keluarga kita memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian kita.
  3. Situasi - Kepribadian seseorang juga berubah dengan keadaan dan situasi saat ini. Seseorang akan berperilaku dengan cara yang berbeda ketika dia memiliki cukup tabungan dengannya dan perilakunya akan secara otomatis berubah ketika dia bangkrut.

Penampilan, karakter, kecerdasan, daya tarik, efisiensi, gaya individu menentukan kepribadiannya.

Apa itu Pengembangan Kepribadian?

Pengembangan kepribadian didefinisikan sebagai proses mengembangkan dan meningkatkan kepribadian seseorang. Pengembangan kepribadian membantu seseorang untuk mendapatkan kepercayaan diri dan harga diri yang tinggi.

Pengembangan kepribadian juga dikatakan memiliki dampak positif pada keterampilan komunikasi seseorang dan cara dia melihat dunia. Individu cenderung mengembangkan sikap positif sebagai hasil dari pengembangan kepribadian.

***
Solo, Rabu, 29 Januari 2020. 6:16 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko