Nilai Normal Gula Darah dalam Tubuh Manusia

Minggu, 17 April 2022 | 08:05 WIB
0
223
Nilai Normal Gula Darah dalam Tubuh Manusia
Nilai Normal Gula Darah

Menjaga kesehatan tubuh memanglah begitu penting bagi setiap manusia. Jika berbicara mengenai hal itu, sangat diperlukan untuk menjaga gula darah agar selalu setabil. Kenapa perlu memperhatikan persoalan tersebut? Sebab setiap melakukan aktifitas, tubuh membutuhkan nilai normal gula darah. dengan begitu, kesehatan akan tetap terjaga dalam jangka waktu lama.

Berapa Umumnya Nilai Normal Gula Darah

Tubuh manusia pasti membutuhkan zat gula, hal tersebut dikarenakan berfungsi untuk menjadikannya sebagai energi. Semua itu terbentuk ketika Anda selesai makan, kemudian sistem pencernaan akan memecahkan karbohidrat untuk dijadikan gula. Akan tetapi perlu mengetahiu ukuran normalnya.

·        Apabila setelah selesai makan, maka ukuran normal gula darah kurang lebih menjadi 70-130 mg/dl.

·        Lalu sekitar berjarak waktu dua jam setelah makan menjadi kurang dari 140 mg/dl.

·        Akan tetapi apabila ketika Anda sedang melakukan puasa atau tidak makan selama delapan jam, maka normalnya gula darah akan menjadi 100 mg/dl

·        Ketika menjelang waktu tidur, kadar gula darah berubah lagi menjadi 100-140 mg/dl.

Pastikan bahwa kadar gula selalu setabil, jangan sampai mengalami penurunan secara drastis maupun perlahan..

Bagaimana Tanda Apabila Tubuh Kekurangan atau Kelebihan Gula Darah

Ketika kadar gula darah dalam tubuh pasti mengalami perubahan, baik kelebihan ataupun mengalami pengurangan (sudah dapat dipastikan akan berdampak pada tubuh Anda).

Lantas, apa saja tanda-tanda pada tubuh apabila gula darah terlalu rendah? Ketika mengalaminya, Anda pasti akan tersasa mudah lelah walaupun melakukan aktifitas sama seperti biasanya. Selain itu, juga terjadi perubahan pada warna kulit nampak terlihat lebih pucat dan tubuh bisa menjadi tegang.

Di samping itu, juga akan merasa kesulitan ketika diajak berkomunikasi dengan orang lain. Selain tanda dari kekurangan gula darah, perlu juga untuk mengetahui apabila tubuh Anda kelebihan.

Berbeda halnya apabila kadar gula Anda sedang mengalami kelebihan, pasti akan merasa selalu lapar atau bisa disebut juga nafsu makan semakin naik. Akan tetapi anehnya berat badan tidak bertambah, melainkan akan semakin berkurang. Selain itu pandangan mata tidak bisa melihat dengan jelas.

Ada juga satu dampak yang memiliki tingkat bahaya besar yaitu akan menyebabkan komplikasi. Seperti halnya terserang ketoasidosis diabetik.

Cara Membuat Kadar Gula Darah Selalu Normal

Anda perlu melakukan rutinitas olahraga sesuai ketentuan waktu yang tepat. Di samping itu, juga harus dapat membedakannya dengan aktifitas keseharian walaupun sama-sama mengeluarkan keringat. Minimal melakukannya sekitar 2,5 jam saja perminggunya secara rutin, alhasil kadar gula darah akan menjadi lebih setabil.

Selain itu, juga harus memperhatikan pola makan Anda juga secara tepat (terutama pastikan selalu sarapan pagi hari). Apabila hal tersebut sudah dilakukan, maka akan menjadi terasa lapar sesuai jam waktunya..

Setelah Anda membaca artikel di atas mengenai nilai normal gula darah, maka diharapkan dapat memahaminya dengan sempurna. Ini untuk mengetahui ukuran serta dampak dari kelebihan maupun kekurangan gula darah.

Sumber: dr laser