Realitas Virtual Dapat Membantu Mempermudah Terapi

Dalam lima tahun ke depan interaksi sosial VR akan menjadi hal yang biasa, bukan niche.

Selasa, 18 Januari 2022 | 10:35 WIB
0
124
Realitas Virtual Dapat Membantu Mempermudah Terapi
ilustr: Converge

Penelitian baru menunjukkan banyak orang lebih nyaman berbicara dengan avatar daripada orang sungguhan.

Jika Anda merasa membuka diri terhadap terapis terlalu menakutkan, penelitian baru menunjukkan bahwa Anda tidak sendirian -- dan Anda mungkin akan segera memiliki pilihan baru.

Studi Edith Cowan University (ECU) menemukan 30 persen orang lebih suka berbicara tentang pengalaman negatif dengan avatar realitas virtual (VR), daripada seseorang.

Para peneliti membandingkan interaksi sosial di mana orang-orang terlibat dalam percakapan VR versus tatap muka.

Mereka menggunakan teknologi full face and body motion capture untuk membuat 'avatar gerakan realistis' yang sangat mirip dengan rekan kehidupan nyata mereka, kemudian menganalisis bagaimana orang berinteraksi dengan avatar dibandingkan dengan manusia.

Peneliti psikologi dan komunikasi Dr Shane Rogers mengatakan para peserta menilai pengalaman mereka berdasarkan faktor-faktor seperti kenikmatan, pemahaman yang dirasakan, kenyamanan, kecanggungan, dan sejauh mana mereka merasa mengungkapkan informasi tentang diri mereka sendiri.

"Secara keseluruhan orang menilai interaksi sosial VR mirip dengan interaksi tatap muka, dengan pengecualian kedekatan, di mana orang cenderung merasa sedikit lebih dekat satu sama lain saat tatap muka," kata Dr Rogers.

Sementara teknologi VR telah ada selama beberapa waktu, Dr Rogers mengatakan penelitian ini menyarankan bahwa menggunakan penangkapan gerak untuk meningkatkan VR dapat melontarkannya ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

"Teknologi ini memiliki potensi untuk aplikasi luas di sejumlah bidang seperti percakapan santai, bisnis, pariwisata, pendidikan dan terapi," kata Dr Rogers.

"Studi ini menemukan bahwa 30 persen orang lebih suka mengungkapkan pengalaman negatif melalui VR. Ini berarti bahwa terapi mungkin dibuka untuk orang baru yang tidak merasa nyaman dengan interaksi tatap muka tradisional.

"Ini mungkin juga memungkinkan terapis untuk melakukan terapi lebih efektif di kejauhan, karena seseorang dapat berada di ruang terapis (dalam realitas virtual) sambil duduk di rumah mereka sendiri."

Dr Rogers mengatakan dia berharap dalam lima tahun ke depan interaksi sosial VR akan menjadi hal yang biasa, bukan niche.

"Komputer yang lebih kuat menjadi lebih terjangkau, headset dan periferal VR terus berkembang, dan platform perangkat lunak interaksi VR yang lebih ramah pengguna tersedia dan diperbarui," katanya.

Langkah selanjutnya dalam penelitian ini adalah menyelidiki lebih lanjut bagaimana aspek avatar (kesetiaan gerakan dan grafik) memengaruhi pengalaman pengguna, serta penyelidikan lebih lanjut tentang potensi VR untuk pengaturan terapeutik.

(Materials provided by Edith Cowan University)

***
Solo, Selasa, 18 Januari 2022. 10:27 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko