7 Tip Belajar Online Paling Efektif untuk Semua Peserta Didik

Kamis, 1 April 2021 | 19:23 WIB
0
201
7 Tip Belajar Online Paling Efektif untuk Semua Peserta Didik
ilustr: Las oposiciones

Terlepas dari di mana Anda berada dalam tahap pembelajaran Anda, mengetahui cara terbaik bagi Anda untuk belajar adalah kunci pertumbuhan intelektual. Pertumbuhan tidak dapat dicapai dalam hidup Anda secepat mungkin jika Anda tidak menyimpan informasi sebanyak mungkin.

Namun bagian rumit tentang belajar adalah kenyataan bahwa tidak ada metode universal yang cocok untuk semua orang. Setiap orang berbeda dalam cara mereka belajar. Untuk membantu itu, saya telah mengumpulkan beberapa kiat pembelajaran online paling efektif yang dapat Anda gunakan untuk diri Anda sendiri.

Meskipun masing-masing dari kita memiliki gaya dan preferensi belajar yang berbeda, tip belajar online ini masih berlaku untuk Anda seperti bagi saya. Berikut adalah 7 tip belajar online paling efektif untuk semua jenis peserta didik.

1. Gunakan Strategi Pembelajaran yang Cocok untuk Anda

Tip belajar online pertama adalah menggunakan strategi belajar yang cocok untuk Anda. Yang saya maksud dengan ini adalah ada empat metode inti untuk kita pelajari.

  • Visual (belajar melalui penglihatan)
  • Auditori (belajar melalui pendengaran)
  • Membaca / Menulis (belajar melalui teks dan cetakan)
  • Kinestetik (belajar melalui tindakan)

Tidak semua orang belajar secara eksklusif melalui salah satu dari empat metode ini. Kita sering memiliki campuran dari masing-masing hal ini. Namun, pasti ada satu gaya belajar yang kita masing-masing lebih suka daripada yang lain jika kita bisa melakukannya.

Mengetahui tipe peserta didik mana yang paling dominan bagi Anda dapat membantu Anda merancang strategi dan teknik seputar kebiasaan belajar Anda bila memungkinkan. Tentu saja, Anda masih dapat menggunakan metode lain secara longgar atau mungkin harus lebih mengandalkannya dalam keadaan tertentu.

2. Pilih Waktu dan Tempat Terbaik untuk Belajar

Tip pembelajaran online ini tidak hanya berlaku untuk pembelajaran online tetapi juga offline / fisik. Memilih waktu untuk belajar sangat penting untuk memaksimalkan energi dan belajar dengan lebih efisien. Kita semua memiliki tingkat energi yang berbeda sepanjang hari, dan beberapa dari kita lebih suka melakukan aktivitas tertentu pada titik-titik tertentu dalam sehari.

Misalnya, waktu malam Anda mungkin menjadi waktu terbaik bagi Anda untuk belajar karena Anda dapat menyimpan lebih banyak informasi dan Anda lebih waspada dibandingkan dengan belajar di pagi hari. Hal yang sama dapat dikatakan tentang pagi juga karena beberapa orang lebih waspada (bangun pagi) pada siang hari daripada pada malam hari.

Mampu menyeimbangkan antara tingkat energi dan kewaspadaan Anda sambil juga mempertimbangkan waktu hari itu sangat penting dalam hal belajar dan belajar dan bahkan melakukan hal-hal lain.

Faktor lain yang dapat berperan selain waktu adalah lokasi. Suasana di sekitar Anda dapat berkontribusi besar pada kualitas waktu belajar.

Hal-hal yang dapat membantu meningkatkan suasana adalah hal-hal seperti:

  • Penerangan
  • Tempat duduk
  • Luas Meja
  • Ketenangan
  • Mendengarkan musik seperti soft jazz atau musik klasik

3. Mencatat dengan Baik

Meskipun Anda tidak belajar secara fisik di sekolah atau di ruang kelas, membuat catatan tetap menjadi bagian penting dari pembelajaran dan tumbuh secara intelektual. Seberapa baik catatan Anda akan menentukan seberapa berguna mempelajarinya nanti. Tanda pencatatan yang baik adalah ketika catatan ditulis atau dilihat sedemikian rupa sehingga Anda mengetahui urutan informasi yang diangkat seputar catatan tersebut.

Dengan pemikiran tersebut, Anda ingin catatan Anda dibuat sedetail mungkin agar Anda dapat menyimpannya. Di sinilah Anda juga dapat mengetahui jenis pelajar Anda. Anda dapat menulis atau mengetik informasi dan memiliki poin-poin penting, memiliki kata pemicu untuk mengingat apa yang telah didiskusikan di kelas, atau menggunakan gambar untuk membantu Anda.

Beberapa strategi lain untuk dipertimbangkan yang dapat membantu Anda adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda berada di kelas yang diberi tugas membaca, bacalah sebelum kelas berikutnya. Lakukan hal yang sama dengan catatan Anda sebelumnya.
  • Simpan catatan Anda dari setiap mata pelajaran bersama-sama. Miliki buku catatan untuk setiap kelas atau topik yang Anda jelajahi dengan mendalam. Dengan cara ini, Anda tidak akan kebingungan atau mencampurkan informasi saat meninjaunya.
  • Selalu tuliskan poin-poin utama dari topik tersebut sehingga Anda dapat memperoleh gambaran umum yang singkat namun solid tentang subjek tersebut.

4. Sering Tinjau dan Sederhanakan

Meninjau catatan dan ide sebelumnya tentunya akan sangat membantu Anda. Anggap ini sebagai petunjuk yang dapat Anda gunakan untuk mengingat informasi lainnya. Tetapi daripada menunggu sampai ujian besar atau tanggal penting lainnya, saya sarankan untuk membiasakan diri menghabiskan setengah jam setiap hari untuk meninjau konten atau catatan. Dengan meninjau berbagai hal secara konstan, Anda tidak kewalahan dengan banyaknya informasi yang harus Anda tangani.

Hal lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah menyederhanakan prosesnya sebanyak mungkin. Saya merasa ini sangat membantu karena membuat saya mengajukan pertanyaan, "bagaimana cara membuat penyimpanan informasi ini lebih mudah bagi saya?" Ini menuntun saya untuk meninjau catatan saya dan mengaturnya kembali dan kemudian memangkasnya menjadi informasi yang lebih mudah dan seukuran gigitan.

Jika Anda terus-menerus menyederhanakan prosesnya — dari mengatur catatan hingga melangsingkannya — Anda masih belajar dan berkembang. Beberapa metode lain untuk menyederhanakan catatan adalah menyoroti atau menggarisbawahi kata kunci, konsep, atau frasa. Anda juga dapat menggunakan lebih banyak alat bantu visual atau membuat peta pikiran untuk membantu mengingat dengan lebih baik.

5. Hindari Gangguan

Ini mungkin salah satu tip pembelajaran online yang paling jelas tetapi juga penting karena gangguan apa pun adalah hal yang buruk ketika mencoba mempelajari atau mengulas sesuatu. Terkadang, gangguan datang dari sumber luar yang berada di luar kendali kita. Namun, ada juga beberapa hal lain yang bersifat internal yang bisa mengganggu.

Ini adalah hal-hal seperti ponsel kita atau memiliki berbagai tab di komputer Anda saat Anda membaca atau mempelajari hal lain. Kita tidak sering menganggapnya sebagai gangguan, tetapi hal itu bisa dan akan menarik kita dari pembelajaran.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu Anda mengurangi gangguan:

  • Mendengarkan musik yang dapat membantu Anda berkonsentrasi dan menghilangkan suara lainnya
  • Mematikan ponsel anda
  • Menutup tab atau bahkan memblokir akses ke situs tertentu selama jangka waktu tertentu

6. Bicaralah dengan Instruktur atau Gunakan Putaran Umpan Balik

Salah satu kiat utama pembelajaran online lainnya adalah berbicara dengan guru Anda kapan pun Anda bisa atau menggunakan umpan balik jika Anda tidak bisa.

Putaran umpan balik mirip dengan berbicara kepada instruktur karena pada dasarnya Anda bermain peran sebagai instruktur dan mendekati pertanyaan dengan perspektif dan sepasang mata yang segar. Dari perspektif itu, Anda memberi diri Anda masukan yang tidak akan jauh berbeda dari hubungan siswa / guru.

Dengan menggunakan putaran umpan balik atau berbicara dengan instruktur, Anda dapat mencari lebih banyak kejelasan dan pemahaman dalam situasi tersebut. Mencari bimbingan juga memungkinkan Anda memperoleh wawasan yang lebih baik dan belajar dengan lebih baik dan lebih efektif.

7. Belajar dalam Grup (Online atau Offline)

Mirip dengan berbicara dengan guru Anda atau menggunakan umpan balik, mendiskusikan topik dengan orang lain di sekitar Anda adalah cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan pembelajaran Anda. Tip belajar online ini adalah sentuhan yang berbeda dari tip sebelumnya karena lebih merupakan pendekatan kolaboratif untuk memahami sesuatu.

Ada manfaat lain juga dengan memiliki seseorang untuk mengajukan pertanyaan dan belajar bersama. Ini memungkinkan Anda untuk lebih fokus, lebih terikat dengan orang lain, dan dapat membantu Anda tumbuh dan mempertahankan motivasi juga. Belajar dalam kelompok juga membantu Anda belajar lebih efisien dan efektif.

Pikiran Akhir

Kunci untuk belajar adalah membuatnya menjadi proses yang sesederhana mungkin untuk Anda. Tetapi mengembangkan sistem ini adalah keterampilan yang diperoleh semua orang, dan itu membutuhkan banyak waktu dan kesabaran di pihak Anda. Hal ini terutama terjadi mengingat pandemi global yang kita hadapi saat ini, memaksa kita untuk belajar dari jarak jauh. Namun melalui kiat pembelajaran online ini, Anda akan dapat lebih dekat untuk membangun sistem itu dan membuat belajar untuk Anda menjadi lebih mudah dan lebih efektif.

***
Solo, Kamis, 1 April 2021. 6:55 pm
'salam cerdas penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko