Kepribadian [14] Peran Pengembangan Kepribadian dalam Keberhasilan Organisasi

Minggu, 8 Maret 2020 | 08:12 WIB
0
404
Kepribadian [14] Peran Pengembangan Kepribadian dalam Keberhasilan Organisasi
ilustr: otyrar.kz

Pengembangan kepribadian memainkan peran penting dalam keberhasilan suatu organisasi. Karyawan benar-benar merupakan jalur kehidupan organisasi. Benar dikatakan bahwa keberhasilan dan kegagalan organisasi bergantung pada karyawannya. Sangat penting bagi karyawan untuk mengembangkan rasa loyalitas dan keterikatan terhadap organisasi mereka. Karyawan harus belajar untuk menghadapi tantangan dan situasi yang merugikan dengan senyum. Seseorang perlu menangani masalah dan hambatan di tempat kerja dengan cara yang masuk akal dan matang. Jangan pernah panik karena tidak hanya akan memperburuk masalah tetapi juga menurunkan motivasi karyawan lain. Jadilah panutan bagi orang lain. Sebagai seorang manajer, tugas kita adalah membawa serta tim kita dan tersenyum melewati masa-masa sulit. Manajemen harus mengatur sesi pengembangan kepribadian dari waktu ke waktu untuk mempersiapkan karyawan menghadapi keadaan yang tidak terduga.

Sesi pengembangan kepribadian sangat membantu individu untuk memberikan level terbaik dan pada akhirnya berkontribusi terhadap kesuksesan organisasi.

Karyawan perlu memiliki sikap positif dalam hidup. Ingat tidak ada usia untuk belajar. Seorang individu perlu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang ada dengan waktu untuk bertahan dari persaingan yang ketat. Seorang individu dengan sikap negatif buaian di hampir setiap situasi dan merasa sulit untuk mengatasi perubahan zaman.

Karyawan perlu bekerja bersama-sama agar organisasi mereka tumbuh dan menghasilkan laba yang lebih tinggi. Setiap karyawan harus bekerja untuk organisasi meninggalkan motif egois mereka. Beberapa orang merasa sulit untuk bekerja dalam tim. Sebuah tim memiliki individu-individu dari latar belakang yang berbeda dan beragam budaya yang akhirnya memiliki pola pikir dan sikap yang berbeda. Seseorang perlu memiliki sifat penyesuaian untuk menjadi sukses di tempat kerja. Jangan terlalu kaku. Tidak pernah selalu menemukan kesalahan pada orang lain. Konflik menyebabkan suasana negatif di tempat kerja di mana karyawan merasa sulit untuk melakukan dan memberikan sesuai harapan. Pelatihan pengembangan kepribadian harus diselenggarakan di tempat kerja dari waktu ke waktu yang mengajarkan karyawan untuk bersabar, percaya diri, dan sumber daya yang efisien untuk organisasi.

Karyawan adalah wajah dari organisasi mereka. Mereka harus rapi dan harus tahu cara berkomunikasi dengan sesama pekerja serta klien eksternal. Kita harus sangat sopan dengan klien kita tidak hanya untuk mengharapkan imbalan bisnis tetapi juga untuk menjaga hubungan yang sehat dengan mereka di masa depan juga. Seseorang perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk membuat tanda miliknya sendiri di tempat kerja. Pengembangan kepribadian mengajarkan kita untuk berkomunikasi secara efektif. Pilih kata-kata yang tepat dan berhati-hatilah dengan isi pidato kita. Kita tidak bisa bersikap kasar dengan klien kita. Jika kita tidak tahu bagaimana harus bersikap dengan klien kita, kita akan dikeluarkan dari kantor dalam waktu singkat.

Seseorang yang berkelahi dengan sesama pekerja sering diperlakukan sebagai anggota yang tidak diinginkan dan seseorang yang dibenci oleh semua. Ingat sebagai karyawan, kitalah yang memutuskan budaya organisasi.

Pengembangan kepribadian meningkatkan kepribadian seseorang dan menjadikan seorang individu profesional yang matang yang dapat berkontribusi secara efektif terhadap keberhasilan organisasi. Pengembangan kepribadian membantu dalam mengekstraksi yang terbaik dari karyawan, menghasilkan laba yang lebih tinggi bagi organisasi.

***
Solo, Minggu, 8 Maret 2020. 7:37 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko