5 Cara Penting Memimpin Perubahan

Perubahan tidak bisa dihindari, dan ketika Anda memahami bagaimana memfasilitasinya dengan mengubah otak, itu bisa menjadi mudah.

Rabu, 11 Mei 2022 | 14:47 WIB
0
43
5 Cara Penting Memimpin Perubahan
image: Lifehack

Perubahan tidak bisa dihindari, tetapi itu tidak berarti itu akan selalu mudah. Manusia itu tangguh, tetapi kita juga tahan terhadap perubahan. Kita terhubung dengan cara itu, itulah sebabnya perubahan bisa sangat mengintimidasi, menakutkan, dan menantang.

Otak kita bersifat plastis, mudah dibentuk, dan subur untuk mempelajari sejumlah besar informasi dengan cepat ketika kita masih muda. Tetapi saat kita belajar benar dari yang salah, baik dari kejahatan, dan keamanan dari ketakutan, otak kita mulai meletakkan jalur yang memperkuat perubahan ini untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat dan efisiensi kognitif. Pikiran bawah sadar mengingat pemicu lingkungan dan sosial ini dan menghubungkan jalur ini ke lapisan dasar perangkat lunak kita.

Pada tahap awal perkembangan ini, otak dapat dengan cepat berubah, tumbuh, dan beradaptasi dengan lingkungan apa pun. Tetapi itu untuk lebih baik dan lebih buruk.

Tumbuh di rumah yang penuh tekanan atau bermasalah dapat mengajarkan Anda untuk memiliki keyakinan tertentu tentang orang tua, masyarakat, hubungan, dan uang yang mungkin tidak berakar pada kenyataan. Meletakkan pengalaman awal ini dapat membentuk perspektif dan kebiasaan kita di kemudian hari, menyebabkan sejumlah potensi masalah dan hasil yang dapat membentuk lintasan kemampuan individu untuk menghasilkan uang, menciptakan hubungan yang sehat, atau mencapai tujuan.

Memimpin Perubahan Itu Mungkin

Tetapi tidak semuanya hilang. Perubahan bisa menjadi salah satu hal yang paling memuaskan terjadi pada seseorang, terutama ketika perubahan itu disengaja, dipandu, dan diarahkan menuju suatu tujuan atau pencapaian. Itu bisa menjadi lebih transformasional ketika disediakan oleh rekan yang disegani dengan sengaja memimpin perubahan melalui latihan membangun tim, eksperimen, dan kepemimpinan yang melayani.

Pemimpin masa depan harus dapat memfasilitasi perubahan dengan tim dan kolega mereka karena dunia yang berubah dengan cepat di sekitar kita.

Terlepas dari pengalaman masa kecil Anda, kita semua berjuang keras karena otak kita tidak dirancang untuk terbuka terhadap perubahan—itu dirancang untuk keselamatan. Otak manusia terhubung untuk membuat kita tetap aman dan terlindungi, dengan harapan memberi kita kesempatan lebih tinggi untuk tetap hidup, menyebarkan garis keturunan genetik kita, dan memungkinkan kita membesarkan keturunan kita.

Meskipun ini mungkin pendekatan yang sederhana, ini adalah kebenaran yang sulit. Perubahan tidak selalu menjadi bagian dari persamaan ini, oleh karena itu perubahan dapat menyebabkan kecemasan dan ketegangan yang signifikan ketika kita secara aktif mengejar atau melewatinya.

5 Cara Penting Memimpin Perubahan

Jika kita benar-benar ingin memimpin perubahan, kita harus melihat ke dalam mengubah otak. Dan untuk mengubah otak, ada beberapa prinsip panduan yang perlu kita gunakan. Di bawah ini adalah lima cara penting untuk memimpin perubahan.

1. Pimpin dengan Contoh

Tindakan akan selalu berbicara lebih keras daripada kata-kata, dan ini adalah cara pamungkas untuk memfasilitasi perubahan karena ini memberdayakan orang lain untuk bergabung. Manusia adalah makhluk sosial—kita selalu dan akan selalu begitu.

Ketika seseorang di tim Anda mengalami transisi, membuat perubahan positif dalam hidupnya, atau memperoleh gairah baru untuk sesuatu, itu menular. Orang-orang menjadi terbiasa dengan perubahan dan mulai memulai perubahan itu sendiri. Ini membantu memfasilitasi memimpin perubahan karena menunjukkan kepada orang lain bahwa jika Anda bisa melakukannya, mereka juga bisa melakukannya.

Dalam banyak hal, kita perlu melihat orang lain melakukan sesuatu sebelum kita cukup percaya diri untuk melakukannya sendiri. Ambil mil empat menit sebagai contoh.

Sebelum 6 Mei 1954, tidak ada manusia yang pernah memecahkan waktu empat menit mil, dan selama waktu ini, dianggap tidak mungkin dilakukan secara fisik dan fisiologis.

Namun, Roger Bannister, seorang bintang olahraga dan lapangan universitas dan mahasiswa di Oxford, berhasil menembus jarak empat menit dalam kondisi cuaca buruk dan angin kencang. Dan sementara ini adalah prestasi luar biasa dalam dirinya sendiri, berikut ini bahkan lebih luar biasa.

Dalam dua tahun, sembilan orang lainnya telah menembus batas empat menit. Jadi, apa yang berubah, Anda mungkin bertanya?

Psikologi dan harapan mereka tentang apa yang mampu mereka capai.

Melihat adalah percaya. Dan ketika Anda memimpin dengan memberi contoh, Anda akhirnya memimpin perubahan. Anda memberikan keyakinan pada orang lain bahwa mereka dapat melakukan hal yang sama. Itulah kepemimpinan yang otentik.

2. Temui Orang-Orang Anda di Tempat Mereka Berada

Sulit untuk bertemu seseorang di mana mereka tidak berada. Faktanya, itu tidak mungkin. Ini adalah salah satu komponen yang paling sering diabaikan untuk memimpin perubahan karena sangat sederhana.

Bertemu dengan orang-orang Anda di tempat mereka berada sangat penting untuk perubahan karena itu menciptakan fondasi yang kuat untuk bekerja.

Meminta rekan kerja atau teman untuk berubah atau berperilaku dengan cara asing akan terasa lalai dan jauh, menyebabkan mereka merasa stres, cemas, dan kewalahan oleh kesenjangan yang memisahkan di mana mereka berada versus di mana mereka diminta untuk bertemu.

Disonansi ini dapat muncul dalam berbagai cara di ruang rapat dan di rumah, mulai dari kecemasan hingga depresi dan keterputusan, yang akhirnya mengarah pada perubahan komunikasi, kontak mata, dan bahkan kebiasaan kerja.

Ketika Anda dapat bertemu seseorang di mana mereka berada, Anda bertemu dengan mereka di mana mereka merasa nyaman. Karena perubahan tidak nyaman, memulai di tempat yang aman dapat menciptakan lintasan peningkatan yang signifikan dalam waktu singkat karena seseorang merasa aman untuk mengambil risiko dan membuat perubahan. Keamanan psikologis ini sangat penting untuk menciptakan perubahan dan mengadopsi kebiasaan baru.

Lain kali Anda menemukan diri Anda memimpin perubahan, pastikan Anda terlebih dahulu mengikuti jejak orang lain untuk memastikan Anda bertemu dengan mereka di tempat mereka berada.

3. Memberikan Keamanan Psikologis dan Emosional

Jika tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata dan bertemu orang-orang di mana mereka berada adalah dasar dari perubahan, maka menyediakan keamanan dan tempat yang aman untuk perubahan adalah peta jalan menuju perubahan yang sukses. Otak kita terprogram untuk merespons secara negatif terhadap perubahan karena hal itu membawa kita keluar dari zona nyaman kita dan menantang kemampuan otak kita untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Di saat-saat ketidakpastian, otak kita memicu respons stres yang menurunkan kapasitas pemrosesan kognitif kita untuk memungkinkan kita mempersiapkan hasil "bertarung, lari, atau beku". Sayangnya, tidak satu pun dari opsi ini yang bermanfaat karena menghilangkan bandwidth pemikiran kritis kita dan mengarah pada keputusan yang buruk, yang dapat bertambah seiring waktu dan secara signifikan memengaruhi laba.

Dengan menciptakan lingkungan yang memfasilitasi dan mendorong membuat kesalahan dan bersikap terbuka terhadap perubahan, orang dapat mulai terlibat dalam perilaku yang akan mengubah hasil mereka.

Ini adalah masalah besar dengan para pemimpin yang mengatur mikro anggota tim dan kolega mereka. Mereka menciptakan lingkungan ketakutan dan stres, yang mengubah budaya perusahaan dan mengubah kekuatan otak perusahaan. Akibatnya, hasil akhir perusahaan ditentukan oleh keputusan harian dan kemampuan karyawannya untuk terbuka terhadap perubahan.

Beri tim Anda kebebasan untuk membuat kesalahan dan belajar melalui prosesnya. Memimpin perubahan tidak harus sulit.

4. Memfasilitasi Status Produktivitas “Aliran”

Karya Mihaly Csikszentmihalyi tentang kondisi aliran kesadaran menemukan bahwa mereka yang terlibat dalam kondisi aliran dapat meningkatkan persepsi individu tentang perasaan kenikmatan, energi, dan keterlibatan yang lebih besar dengan pekerjaan mereka. Ini adalah keadaan pikiran ideal yang harus kita semua perjuangkan dalam kehidupan pribadi dan profesional kita.

Mencapai keadaan pikiran aliran kelompok adalah cara utama untuk memimpin perubahan karena menciptakan lingkungan produktivitas, pemenuhan, dan pencapaian maksimal. Dan bagian terbaiknya adalah orang-orang juga merasa senang saat mereka sedang dalam proses melakukannya.

Ketika individu menemukan kondisi aliran produktivitas ini, mereka secara aktif tenggelam dalam pekerjaan mereka dan memfasilitasi perubahan tepat di depan mata Anda.

Dan manfaat berada dalam keadaan mengalir sangat mengejutkan:

• Peningkatan regulasi emosi
• Kenikmatan dan pemenuhan yang meningkat
• Kebahagiaan dan keterlibatan yang lebih besar
• Tingkat pembelajaran dan pengembangan keterampilan yang lebih tinggi

Sebagai seseorang yang berfokus pada memimpin perubahan, inilah kiblat pertumbuhan dan produktivitas yang optimal.

Ketika para pemimpin mengembangkan lingkungan yang memfasilitasi aliran, kerja keras menjadi mudah, tugas-tugas kompleks berubah menjadi proyek yang bisa dilakukan, dan tingkat kepuasan meroket. Keadaan aliran adalah faktor utama untuk memimpin perubahan karena mereka memberikan umpan balik langsung, rasa kepuasan, dan hasil yang lebih besar.

5. Sabar dan Terbuka untuk Memberi/Menerima Nasihat

Perubahan tidak terjadi dalam sekejap, dan perlu waktu untuk menemukan dosis perubahan yang tepat untuk melihat hasil yang kita cari, tetapi itu tidak berarti prosesnya bisa terburu-buru atau dipercepat.

Perubahan bisa menakutkan, tetapi juga bisa membuat ketagihan. Misalnya, menemukan tingkat, ritme, dan nuansa yang tepat untuk memimpin perubahan adalah bentuk seni tersendiri, itulah sebabnya ada begitu banyak pendapat tentang topik tersebut.

Ketika para pemimpin melatih kesabaran dengan rekan-rekan mereka, mereka memberikan dukungan tambahan dan menunjukkan kepada mereka bahwa tidak apa-apa untuk mengambil langkah mereka sendiri. Sayangnya, proses memimpin perubahan tidak linier, jadi para pemimpin perlu menetapkan harapan yang realistis untuk rekan satu tim mereka dan terbuka untuk umpan balik.

Pemimpin yang meminta saran, bukan umpan balik, memperkuat keamanan psikologis, memungkinkan rekan kerja dan rekan kerja merasa aman untuk membuat kesalahan, mengajukan pertanyaan, dan menantang diri sendiri tanpa khawatir tentang akibat dari kegagalan. Ketika individu diberi kesempatan untuk memberikan masukan, mereka merasa lebih selaras dengan tujuan tim dan perusahaan, meningkatkan kesediaan mereka untuk memberikan lebih banyak upaya dan energi ke dalam proyek dan menyelesaikan tugas.

Tetapi siklus ini adalah jalan dua arah. Anggota tim Anda membutuhkan saran Anda untuk meningkatkan upaya mereka dan tetap selaras dengan tujuan keseluruhan. Saran tersebut tidak perlu berupa kritik keras, tetapi harus memperkuat tujuan jangka pendek dan jangka panjang sehingga orang-orang Anda dapat mengawasi hadiah tanpa kehilangan hutan melalui pepohonan.

Dengan keadaan ketidakpastian saat ini dalam perusahaan dan bisnis, upaya harus diselaraskan untuk menghilangkan sebanyak mungkin ketidakpastian dan stres untuk menjauhkan orang dari kondisi pikiran "berjuang, lari, atau beku".

Kita Semua dalam Ini Bersama

Pemimpin menciptakan pemimpin masa depan. Dan ketika Anda memimpin perubahan, Anda akan terkejut melihat siapa yang akan membantu Anda memfasilitasi perubahan itu.

Pemimpin hebat memiliki efek riak di seluruh perusahaan mereka yang menciptakan pergeseran momentum dan budaya perusahaan, itulah sebabnya metrik dan titik data tidak selalu dapat melacak hasil mereka.

Komunitas adalah inti dari memimpin perubahan karena bisnis adalah gabungan dari orang-orangnya. Siapa pun yang mengatakan "bisnis tidak pribadi" jelas tidak memahami bisnis karena itu pribadi. Ini melibatkan membangun hubungan dan kepercayaan dan memfasilitasi pertumbuhan di berbagai aspek perusahaan.

Memimpin perubahan tidak harus sulit ketika Anda fokus menggunakan alat dan taktik yang tepat untuk menciptakannya. Ini bisa menjadi salah satu hal paling berharga yang dapat dilakukan seorang pemimpin, itulah sebabnya kami membutuhkan lebih banyak orang yang secara aktif mengejarnya.

Perubahan tidak bisa dihindari, dan ketika Anda memahami bagaimana memfasilitasinya dengan mengubah otak, itu bisa menjadi mudah.

***
Solo, Rabu, 11 Mei 2022. 2:40 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko