Sosok Pahlawan Sosial

Pahlawan tanpa pengorbanan, pahlawan tanpa pengabdian adalah pekerjaan lebih berpusat atau berfokus pada finansial, kehormatan, jabatan, harta dan berbagai macam penghargaan.

Selasa, 9 November 2021 | 18:56 WIB
0
171
Sosok Pahlawan Sosial
Ilustrasi https://pixabay.com

Arti Pahlawan Bagiku:

Pahlawan..

Pahlawan tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar. Pahlawan lazimnya akan dimaknai dengan kata pengorbanan.

Pahlawan adalah sosok yang berani berkorban, bahkan mati demi sesuatu.

Ketika kita berbicara pahlawan otomatis dalam benak saya terbesit sebuah kalimat yang seyoganya sering tergiang Giang di kuping kita, yakni. Pahlawan tanpa tanda jasa.

Semboyan ini, biasanya lebih tepat dan cocok di padankan bagi profesi guru, dimana, kemana, dan sampai kapan pun tanpa terkecuali.

Arti Pahlawan bagi-ku itu relatif, tergantung situasi dan esensinya.

Pahlawan memiliki variatif makna dan contoh konkret yang saya amati dalam sebuah keluarga yang dikatakan pahlawan adalah sosok ayah/bapa.

Keluarga single parent biasanya father or mother adalah sosok pahlawan, ketika pahlawan di tengah pandemi maka akan kita temukan para team medis adalah dokter dan bidan yang menangani covid -19.

Di era digital kita dapat katakan pulsa data, wifi, hp android merupakan superhero yang di berikan pihak pemerintah for education.

Bagi Pendidikan Anak usia dini taman kanak-kanak (TK/SD/SMP/SMA/ jenjang perguruan Tinggi.

Jadi arti pahlawan bagiku adalah pengabdian dan pengorbanan bisa dijabarkan dalam beberapa pekerjaan yang saya katakan bahwa itu adalah pahlawan tanpa tanda jasa pekerja sosial.

Bagi saya pekerja sosial adalah orang-orang yang terlibat dan turun mengambil bagian dalam kegiatan sosial.

Contoh:

1. Bencana Alam...
2. Panti asuhan
3. Panti jompo
4. Lansia.
5. Kematian, kecelakaan.

Mengapa saya katakan ini adalah pahlawan karena pekerja sosial itu tidak mendapatkan apa-apa karena mereka hanya melayani dengan tulus dan menolong orang lain. Sejatinya, untuk kepuasan batin mereka semata -mata dan beramal.

Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi saya ,mengapa???

Because making life better, berguna dan berharga for another people.

Ibu PKK, pengurus RT/RW dan pengurus Posyandu.

Hal yang sama pun mereka lakukan untuk kepentingan anak-anak balita, lingkungan mereka tinggal. Selain itu ada tukang parkir, sedot wc, penulis, sapu jalan raya.

Hal serupa juga mereka akan lakukan demi kepentingan orang lain, kepentingan lingkungan dan masyarakat luas. Sehingga arti pahlawan bagiku adalah pengorbanan dan pengabdian.

Pahlawan tanpa pengorbanan, pahlawan tanpa pengabdian adalah pekerjaan lebih berpusat atau berfokus pada finansial, kehormatan, jabatan, harta dan berbagai macam penghargaan yang ujung-ujungnya untuk kebutuhan hidup sehingga diibaratkan

Pahlawan adalah pengorbanan dan pengabdian.

***