Detail Ingatan Memudar Seiring Waktu, dengan Hanya Inti Utama yang Dipertahankan

Studi ini memiliki implikasi untuk menyelidiki sifat ingatan dalam kesehatan dan penyakit. Ini memberikan alat untuk mempelajari perubahan maladaptif.

Sabtu, 29 Mei 2021 | 12:13 WIB
0
129
Detail Ingatan Memudar Seiring Waktu, dengan Hanya Inti Utama yang Dipertahankan
ilustr: Fading memories, photo concept (stock image).

Informasi apa yang disimpan dalam ingatan dari waktu ke waktu, dan bagian mana yang hilang? Pertanyaan-pertanyaan ini telah memunculkan banyak teori ilmiah selama bertahun-tahun, dan sekarang tim peneliti di Universitas Glasgow dan Birmingham telah mampu memberikan beberapa jawaban.

Studi baru mereka, yang diterbitkan hari ini di Nature Communications, menunjukkan bahwa ingatan kita menjadi kurang bersemangat dan terperinci dari waktu ke waktu, dengan hanya inti pusat yang akhirnya dipertahankan. Selain itu, 'gistifikasi' ingatan kita ini diperkuat ketika kita sering mengingat pengalaman terakhir kita.

Karya ini dapat memiliki implikasi di sejumlah bidang, termasuk sifat ingatan dalam gangguan stres pasca-trauma, pertanyaan berulang-ulang atas kesaksian saksi mata, dan bahkan dalam praktik terbaik untuk belajar ujian.

Sementara ingatan bukanlah salinan persis dari masa lalu - mengingat dipahami sebagai proses yang sangat rekonstruktif - para ahli telah menyarankan bahwa isi ingatan dapat berubah setiap kali kita mengingatnya kembali.

Namun, bagaimana persisnya ingatan kita berbeda dari pengalaman aslinya, dan bagaimana ingatan kita berubah seiring waktu, hingga kini terbukti sulit untuk diukur di lingkungan laboratorium.

Untuk studi ini, para peneliti mengembangkan tugas terkomputerisasi sederhana yang mengukur seberapa cepat orang dapat memulihkan karakteristik ingatan visual tertentu ketika diminta untuk melakukannya. Peserta mempelajari pasangan kata-gambar dan kemudian diminta untuk mengingat elemen gambar yang berbeda saat diberi isyarat dengan kata tersebut. Misalnya, peserta diminta untuk menunjukkan, secepat mungkin, apakah gambar diwarnai atau skala abu-abu (detail persepsi), atau apakah itu menunjukkan objek hidup atau mati (elemen semantik).

Tes ini, menyelidiki kualitas ingatan visual, terjadi segera setelah pembelajaran dan juga setelah penundaan dua hari. Pola waktu reaksi menunjukkan bahwa peserta lebih cepat mengingat kembali elemen semantik yang bermakna daripada permukaan, elemen perseptual.

Julia Lifanov, penulis utama studi dari University of Birmingham, mengatakan: "Banyak teori memori berasumsi bahwa seiring waktu, dan saat orang menceritakan kembali kisah mereka, mereka cenderung melupakan detail permukaan tetapi mempertahankan konten semantik yang bermakna dari sebuah peristiwa.

"Bayangkan mengenang makan malam sebelum COVID dengan seorang teman - Anda menyadari bahwa Anda tidak dapat mengingat dekorasi meja tetapi tahu persis apa yang Anda pesan; atau Anda ingat percakapan dengan bartender, tetapi bukan warna bajunya. Pakar memori menyebut fenomena ini 'semantikisasi'. "

Prof Maria Wimber, penulis senior studi dari University of Glasgow, mengatakan: "Pola menuju ingatan elemen semantik bermakna yang kami tunjukkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ingatan bias terhadap konten yang bermakna di tempat pertama - dan kami telah menunjukkan di studi sebelumnya bahwa bias ini juga tercermin dengan jelas dalam sinyal otak."

"Ingatan kami berubah seiring waktu dan penggunaan dan itu adalah hal yang baik dan adaptif. Kami ingin ingatan kami menyimpan informasi yang paling mungkin berguna di masa depan, ketika kami menghadapi situasi serupa."

Para peneliti menemukan bahwa bias terhadap konten memori semantik menjadi lebih kuat secara signifikan dengan berlalunya waktu, dan dengan mengingat berulang.

Ketika peserta kembali ke lab dua hari kemudian, mereka jauh lebih lambat dalam menjawab pertanyaan detail perseptual, tetapi mereka menunjukkan memori yang relatif terjaga untuk konten semantik gambar. Namun, pergeseran dari memori yang kaya detail ke memori yang lebih berbasis konsep jauh lebih tidak terlihat dalam kelompok subjek yang berulang kali melihat gambar, daripada diminta untuk secara aktif mengembalikannya ke pikiran.

Studi ini memiliki implikasi untuk menyelidiki sifat ingatan dalam kesehatan dan penyakit. Ini memberikan alat untuk mempelajari perubahan maladaptif, misalnya pada gangguan stres pasca-trauma di mana pasien sering menderita ingatan traumatis yang mengganggu, dan cenderung menggeneralisasi pengalaman ini secara berlebihan ke situasi baru. Temuan ini juga sangat relevan untuk memahami bagaimana ingatan saksi mata dapat menjadi bias dengan seringnya wawancara dan berulang kali mengingat peristiwa yang sama.

Temuan juga menunjukkan bahwa menguji diri sendiri sebelum ujian (misalnya, dengan menggunakan kartu flash) akan membuat informasi yang bermakna melekat lebih lama, terutama bila diikuti dengan periode istirahat dan tidur.

(Materials provided by University of Birmingham)

***
Solo, Sabtu, 29 Mei 2021. 11:43 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko