Pro-Kontra Ucapan Agnes Monica Harus Membawa Hikmah

Semoga diskusi ini berakhir dengan sebuah pemahaman yang lebih baik tentang siapa kita, dan bagaimana bersikap dan bertutur kata menghadapi keragaman dalam wadah keindonesiaan.

Sabtu, 30 November 2019 | 11:18 WIB
0
472
Pro-Kontra Ucapan Agnes Monica Harus Membawa Hikmah
Agnes Monica (Foto: radarcirebon.com)

Mungkin salah satu hikmah dari ucapan Agnes Monica yang mengatakan "I actually don't have Indonesian blood whatsoever" (Saya tak memiliki "darah" (genetik/DNA?) Indonesia sama sekali", harus membawa kita pada upaya pemahaman yang lebih scientific. Sebagai awal mencari pemahaman ilmiah, coba kita lihat video berikut ini.

Apa yang dijelaskan secara singkat dalam video ini, membawa kita pada hasil penelitian Prof. Herawati berikut ini. Lebih jauh, yang menarik salah satu contoh yang ia teliti adalah Najwa Shihab.

Bila hasil penelitian ini valid, maka klaim Agnes Monica bahwa dia keturunan campuran German, Jepang, China, perlu diteliti. Demikian juga, klaim bahwa dia sama sekali tak memiliki "darah" Indonesia, juga perlu dipertanyakan. Ini karena apa yang ia disebut "Indonesian blood" juga perlu didefinisikan secara jelas.

Bukankah hasil penelitian Prof. Herawati adalah bahwa "secara genetik asal-usul orang-indonesia itu beragam?" Lihat video di atas lagi.

So..? Jadi apa itu pribumi dan apa itu keturunan? Dan apa gunanya bicara "Indonesia blood, German blood, dll."?

Nah, semoga diskusi yang semakin sengit ini, berakhir dengan sebuah pemahaman yang lebih baik tentang siapa kita, dan bagaimana bersikap dan bertutur kata menghadapi keragaman dalam wadah keindonesiaan.

Maaf bila ada yang merasa tak nyaman saat saya mengkritisi kalimat "I was JUST born ini Indonesia"... Saya "hanya sekedar" lahir di Indonesia.

#iPras 2019

***

Baca Juga: Soal Agnes Mo "Whatsoever"