Manajemen Konflik [8] Strategi Menghindari Konflik di Tempat Kerja

Jumat, 19 Maret 2021 | 19:51 WIB
0
180
Manajemen Konflik [8] Strategi Menghindari Konflik di Tempat Kerja
ilustr: The Balance Careers

Dengan tepat dikatakan bahwa organisasi adalah rumah pertama individu karena seseorang menghabiskan waktu maksimumnya di sini. Karyawan harus memperlakukan sesama pekerja sebagai bagian dari satu keluarga besar dan harus bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Konflik harus dihindari di tempat kerja untuk memastikan bahwa karyawan memberikan yang terbaik untuk produktivitas maksimum.

Mari kita pahami strategi menghindari konflik di tempat kerja.

Setiap individu memiliki gaya kerjanya sendiri dan bereaksi terhadap situasi tertentu. Masalah pasti akan datang ketika individu bekerja sama. Jangan pernah meninggalkan masalah apa pun tanpa pengawasan karena masalah kecil pada akhirnya dapat menjadi alasan utama untuk dikhawatirkan di kemudian hari. Masalah harus ditangani pada platform terbuka dan semua karyawan terkait harus diundang. Jangan pernah mendiskusikan masalah apa pun secara terpisah dengan individu karena orang lain mungkin merasa diabaikan. Lebih suka ruang konferensi atau ruang dewan untuk membahas masalah dan menemukan solusi untuk itu. Jangan pernah selalu bergantung pada komunikasi verbal. Komunikasi resmi harus lebih disukai melalui email yang menandai CC kepada semua peserta karena lebih dapat diandalkan dan transparan.

Transparansi harus dijaga di semua tingkatan dan atasan harus tersedia dengan mudah bagi bawahan untuk menghindari kebingungan. Gosip dan backbiting harus dihindari di tempat kerja karena dianggap sangat tidak profesional dan menyebabkan konflik antar individu. Bersikaplah jujur dan belajarlah untuk mengekspresikan pandangan Anda dengan cara yang meyakinkan. Jangan pernah memihak di tempat kerja. Jangan mendukung siapa pun hanya karena dia adalah seorang teman. Dukung dia jika dia benar dan perbaiki dia jika dia salah. Pahami orang lain juga. Jangan hanya memaksakan ide Anda kepada orang lain, tetapi pertimbangkan juga pandangan mereka. Atasan harus mengetahui kekuatan anggota timnya dan harus menetapkan tanggung jawab dengan mengingat minat dan spesialisasi mereka.

Komunikasi juga memainkan peran yang sangat penting dalam menghindari konflik di tempat kerja. Lakukan dengan sangat jelas dan tepat dalam komunikasi Anda. Jangan pernah bersikap santai di tempat kerja karena hal itu akan sangat merugikan Anda. Jangan pernah menyampaikan pidato atau presentasi di tempat yang bising karena tidak ada yang akan dapat memahami apa yang ingin dikomunikasikan oleh orang lain yang mengakibatkan kesalahpahaman.

Kembangkan kebiasaan menggunakan planners untuk menghindari melupakan tanggal dan tugas penting. Jangan mengkritik atau mengolok-olok rekan kerja Anda. Jika dia tidak mengenakan dasi dengan cara yang diinginkan, beri tahu dia cara yang benar. Dia akan merasa bahagia dan memandang Anda di masa depan. Jangan pernah mengandalkan politik di kantor karena merusak lingkungan sepenuhnya. Permainan menyalahkan harus dihindari secara ketat karena hanya menambah masalah dan tidak memberikan solusi apa pun. Anda tidak akan menjadi tidak penting jika Anda menerima kesalahan Anda. Jangan selalu berharap orang lain mendatangi Anda dan mendiskusikan berbagai hal. Jadilah yang pertama mengambil inisiatif. Belajarlah untuk memiliki tanggung jawab Anda dan jangan pernah menyalahkan kolega Anda. Seorang individu harus memisahkan kehidupan pribadi dan profesionalnya.

Jangan pernah membawa masalah Anda ke tempat kerja karena tidak pernah memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi dalam pekerjaan Anda. Untuk seorang karyawan, kantor harus diutamakan dan dia harus menjaga kepentingan pribadinya di belakang. Belajar untuk memercayai kolega Anda. Selalu dekati orang yang tepat dan jangan menyebarkan rumor yang tidak perlu. Seseorang seharusnya tidak terlalu ngotot di tempat kerja. Sedikit lebih menyesuaikan dan fleksibel. Setiap karyawan harus mencoba berkompromi semaksimal mungkin dan mencoba mencari alternatif. Ciptakan lingkungan yang sehat dan profesional di kantor.

Perbedaan, masalah pasti akan muncul di tempat kerja, tetapi langkah-langkah harus diambil pada waktu yang tepat untuk menghindari pertengkaran dan perselisihan yang tidak perlu. Konflik tidak hanya merusak suasana tetapi juga menurunkan produktivitas karyawan. Mereka merasa sangat kehilangan motivasi dan tidak ingin pergi ke kantor. Karyawan membuang semua waktu dan energi mereka dan tidak ada yang produktif yang dapat diharapkan dari mereka dan pada akhirnya organisasi mengalami kerugian.

***
Solo, Jumat, 19 Maret 2021. 7:26 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko