Kepribadian [9] Pengembangan Kepribadian di Tempat Kerja

Sabtu, 22 Februari 2020 | 12:14 WIB
0
265
Kepribadian [9] Pengembangan Kepribadian di Tempat Kerja
ilustr: Anivda

Pengembangan kepribadian memainkan peran penting dalam meningkatkan kepribadian seseorang. Ini membantu seseorang untuk mengembangkan sikap positif dan melihat sisi kehidupan yang lebih cerah.

Pengembangan kepribadian memainkan peran penting di tempat kerja karena menentukan cara individu berinteraksi dengan rekan kerjanya dan merespons berbagai situasi. Bagaimana seseorang berperilaku di tempat kerja tergantung pada kepribadiannya. Pengembangan kepribadian membantu dalam memoles dan merawat individu dan menjadikan mereka sumber daya yang lebih baik dan efisien untuk organisasi. Pengembangan kepribadian juga mengurangi tingkat stres dan mengajarkan seseorang untuk menghadapi situasi terburuk sekalipun dengan senyum. Kepribadian mencerminkan bagaimana seseorang berperilaku di lingkungan profesional. Jangan pernah membawa masalah pribadi kita ke kantor. Pengembangan kepribadian membantu seseorang untuk menjaga kehidupan pribadinya terpisah dari kehidupan profesionalnya.

Perbedaan pendapat dan pandangan sering menyebabkan konflik dan argumen di antara karyawan. Karyawan dengan sikap dan pola pikir yang berbeda merasa sangat sulit untuk menyesuaikan diri satu sama lain dan bekerja bersama. Sesi pengembangan kepribadian memotivasi seseorang untuk berpikir positif dan akhirnya mengurangi stres di tempat kerja. Individu sebagai akibat dari perkembangan kepribadian cenderung berperilaku dengan cara yang matang; menjadikan organisasi tempat yang lebih baik untuk bekerja. Pengembangan kepribadian sangat penting untuk membawa perubahan dalam sikap, pemikiran, perilaku, dan pola pikir individu. Itu juga memperkuat hubungan di antara rekan kerja.

Kelas pengembangan kepribadian di tempat kerja mengekstrak yang terbaik dari individu dan mendorong mereka untuk memberikan level terbaik mereka. Stres terkadang membuat kita lupa diri. Orang-orang setelah hari yang melelahkan di tempat kerja kadang-kadang bahkan lupa untuk tersenyum. Kelas pengembangan kepribadian membawa senyum itu kembali ke kehidupan individu. Ini mendorong seseorang untuk mengedepankan kemampuan terbaiknya dan berusaha keras untuk melakukan di luar harapan. Ingat organisasi kita membayar kita untuk kerja keras kita. Kita benar-benar perlu membuktikan diri dan berkinerja baik jika kita ingin menaiki tangga kesuksesan dengan cepat. Pengembangan kepribadian mendorong seseorang untuk menggunakan keterampilan dan kemampuannya secara maksimal. Seorang individu dengan kepribadian yang menyenangkan disukai dan dihormati oleh semua orang.

Profesional pemasaran dan penjualan harus memiliki kepribadian yang mengesankan untuk membuat tanda mereka sendiri. Kita benar-benar harus terlihat rapi dan cerdas di tempat kerja. Tidak ada yang akan menganggap kita serius jika kita berpakaian lusuh. Hindari menjadi kotak makeup di tempat kerja. Berpakaian cerdas di tempat kerja. Jangan mengenakan pakaian ketat/memeluk tubuh dan pakaian mencolok ke kantor. Pastikan pakaian kita bersih dan disetrika dengan benar.

Perhatikan untuk memancarkan kepercayaan diri dan sikap positif di tempat kerja. Jangan pernah mengacaukan pikiran kita dengan pikiran negatif. Kita akan merasa frustrasi dan akhirnya kehilangan minat dalam pekerjaan. Terima tantangan sambil tersenyum.

Jangan pernah meremehkan siapa pun. Pengkhianatan, kritik, ketidakjujuran adalah sifat negatif yang membuat kita menjadi anggota yang tidak diinginkan dalam organisasi. Bersikap sangat jujur dan transparan dengan senior dan rekan kerja kita.

Kita benar-benar perlu menghormati orang lain untuk mengharapkan hal yang sama sebagai balasannya. Pengembangan kepribadian, dengan kata-kata sederhana membuat kita menjadi manusia yang baik.

Pengembangan kepribadian mengajarkan kita untuk tetap tenang bahkan pada situasi yang penuh tekanan. Jangan pernah bereaksi berlebihan. Hindari menemukan kesalahan pada orang lain. Belajarlah untuk menjadi sedikit fleksibel dan berpikiran luas. Pengembangan kepribadian membedakan kita dari orang lain yang datang ke kantor, bertengkar dengan sesama pekerja, sering berada di bawah tekanan dan merasa pekerjaannya monoton.

***
Solo, Sabtu, 22 Februari 2020. 11:50 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko