Manajemen Konflik [9] Manajemen Konflik dalam Kelompok

Manajemen konflik memainkan peran yang sangat penting dalam mengurangi kemungkinan konflik dalam kelompok dan menghasilkan ikatan yang lebih baik.

Rabu, 24 Maret 2021 | 15:51 WIB
0
179
Manajemen Konflik [9] Manajemen Konflik dalam Kelompok
ilustr: Betts Recruiting

Perbedaan tidak hanya muncul antara dua individu tetapi melibatkan banyak individu dalam satu kelompok. Seseorang harus sangat berhati-hati saat menangani konflik dalam kelompok seolah-olah tidak dikendalikan pada waktu yang tepat dapat menyebabkan keresahan besar dan ketegangan yang parah.

Mari kita pelajari lebih lanjut tentang manajemen konflik dalam kelompok.

Jangan pernah menerapkan ide apapun dalam kelompok tanpa berdiskusi dengan orang lain. Seseorang tidak boleh memaksakan ide-idenya pada individu dalam kelompok. Pikiran dan ide harus dibagikan dengan semua orang di forum yang tepat. Jangan membahas satu per satu, melainkan undang setiap orang untuk hal yang sama. Tangani semuanya di platform yang sama. Seorang individu sebelum mengunduh informasi apa pun ke grup, pertama-tama dirinya harus sangat jelas apa yang dia harapkan dari mereka. Komunikasi harus tepat, relevan dan tidak membingungkan yang lain. Ingat satu kesalahan tafsir yang salah, dan seluruh pesan menjadi terdistorsi. Lakukan pemeriksaan silang dengan kelompok apakah mereka telah menerima informasi yang benar atau belum. Selalu bergantung pada sumber komunikasi yang tepat dan dapat diandalkan. Informasi harus dibagikan melalui email dan cc harus ditandai kepada semua peserta untuk memastikan transparansi di antara anggota grup.

Satu titik kontak harus ditetapkan ke grup untuk memilah kueri. SPOC (Single Point of Contact / Titik Kontak Tunggal) harus tersedia dengan mudah dan anggota grup harus memiliki akses yang mudah kepadanya. Berlari tanpa tujuan di sana-sini hanya membuang-buang waktu dan tidak pernah menyelesaikan masalah apa pun. Kelompok idealnya harus memiliki orang-orang yang berpikiran sama untuk menghindari konflik. Saat membentuk sebuah kelompok, pastikan bahwa setiap individu memiliki kemiripan jika tidak sama, proses berpikir dan latar belakang.

Kemungkinan konflik berkurang dalam kasus seperti itu. Setiap anggota kelompok harus mempercayai anggota lainnya dan harus memiliki kepercayaan satu sama lain. Jangan pernah hanya memulai presentasi atau seminar; alih-alih mulai dengan salam dan pujian.

Temui semua orang dengan senyum hangat dan jangan lupakan jabat tangan. Kepentingan pribadi harus ditinggalkan. Saat mengambil keputusan, tidak ada yang boleh bias dan mencoba melihat kepentingan pribadinya terlebih dahulu. Jangan pernah egois atau mengabaikan anggota lain. Jangan pernah meremehkan anggota kelompok Anda dan selalu dengarkan cerita dari sisinya juga.

Jadilah pendengar yang baik dan pertimbangkan pandangan serta opini semua orang. Jangan selalu mendukung teman Anda karena itu mungkin tidak cocok dengan orang lain. Hargai jika orang lain benar atau telah mengeluarkan ide cemerlang. Koreksi orang lain jika dia salah dan bimbing dia dengan benar. Seseorang harus menghindari kritik untuk menghindari konflik dalam kelompok. Manusia pasti membuat kesalahan tetapi Anda tidak punya hak untuk mengolok-olok ide dan konsepnya. Hindari penggunaan kalimat yang merendahkan dalam kelompok. Jadilah pemimpin yang baik dan ajak semua orang ikut serta.

Seorang pemimpin haruslah orang yang mampu memahami anggota kelompoknya dengan baik dan selalu mendukung mereka. Gosip harus dihindari karena mengakibatkan konflik yang parah. Jika Anda menemukan sesuatu yang salah dengan seorang anggota, diskusikan masalah tersebut dengannya saja; jangan pernah memberi tahu temannya atau menyebarkan rumor. Orang lain tidak akan pernah menyukainya. Bersikaplah sangat terus terang tetapi lembut.

Konseling juga dapat mengurangi sebagian besar konflik. Jika ada anggota yang kesal dengan yang lain, buat kedua anggota duduk berhadap-hadapan untuk membahas perbedaan mereka. Jangan pernah memprovokasi seseorang untuk berkelahi, malah membuatnya mengerti. Jangan selalu menemukan kesalahan dalam anggota kelompok Anda, jadilah sedikit lebih fleksibel dan menyesuaikan diri. Selalu tenang, dan ambil sikap positif. Jangan pernah kehilangan kesabaran dan bereaksi tidak perlu atas masalah kecil. Jika konflik tidak melibatkan Anda tetapi anggota lain dalam grup, segera campur tangan dan coba selesaikan secepatnya.

Manajemen konflik memainkan peran yang sangat penting dalam mengurangi kemungkinan konflik dalam kelompok dan menghasilkan ikatan yang lebih baik di antara anggota dan hasil yang lebih baik.

***
Solo, Rabu, 24 Maret 2021. 3:27 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko