Generasi Muda Saatnya Memimpin Indonesia

Rabu, 24 Oktober 2018 | 05:34 WIB
0
525
Generasi Muda Saatnya Memimpin Indonesia

Sumpah pemuda adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia yang dimotori oleh para pemuda menghasilkan janji, ikrar atau sumpah yang dinamai "Sumpah Pemuda".

Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Yang pada akhirnya bisa menjadi bangsa yang merdeka, semua berawal dari cita-cita Generasi Muda.

Maka tak bisa dipungkiri semangat pemuda itu bisa mengubah dunia, presiden RI pertama Soekarno juga pernah mengatakan tentang pemuda, seperti ini:  “Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, tapi seorang pemuda mampu mengubah dunia!”.

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia".

Dalam sejarah sejak diproklamirkan kemerdekaan Indonesia sampai hari ini, pemuda berperan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bahkan presiden Soekarno diangkat menjadi presiden saat umur 44 tahun, selanjutnya presiden Soeharto diangkat menjadi presiden saat berumur 46 tahun, dan usia tersebut adalah usia generasi muda yang penuh semangat mungubah nasib bangsa Indonesia.

Kedua presiden tersebut pun berhasil menorehkan prestasi dimata dunia, meski diakhir kepemimpinannya menghadapi berbagai persoalan, namun itu bukan berarti menghapus prestasi yang didapat.

Setelah kedua presiden Indonesia tersebut tak ada lagi presiden dari generasi muda yang memimpin Indonesia, meskipun hanya sebagai wakil presiden. Sementara gerakan reformasi pun diakhir kepemimpinan Soeharto dipelopori oleh para mahasiswa yang juga generasi muda.

Dan saat ini ada kandidat wakil presiden Republik Indonesia dari generasi muda diberi kesempatan untuk dipilih sebagai wakil generasi muda Indonesia menjadi pemimpin bangsa Indonesia, akankah kesempatan ini bisa diambil oleh generasi muda yang sekian lama tak diberi kesempatan untuk memimpin Indonesia untuk mengguncang dunia???

Pilihan ada ditangan anda wahai generasi muda Indonesia untuk Indonesia lebih baik, dan dapat menorehkan prestasi di mata dunia....

Selamat Hari SUmpah Pemuda!

***