Wawasan Tentang Penilaian Ulang yang Positif

Untuk memahami penilaian ulang, Anda harus memahami penilaian. Penilaian adalah interpretasi Anda tentang pengaruh sesuatu pada kesejahteraan Anda.

Kamis, 29 April 2021 | 08:48 WIB
0
21
Wawasan Tentang Penilaian Ulang yang Positif
ilustr: Bilgeyik

Keluarga manusia memiliki fitur luar biasa yang tak terhitung jumlahnya yang kita anggap biasa. Peralatan sensorik sederhana kita, misalnya, memungkinkan kita mengagumi matahari terbenam, menikmati cokelat, menikmati bunga yang harum, menikmati musik, dan merasakan cinta.

Temui salah satu kekuatan super Anda sehari-hari: penilaian ulang yang positif. Sebagai strategi regulasi emosi yang telah lama dipelajari, penilaian ulang yang positif memainkan peran kunci dalam membantu kita mengatasi stres dan berkembang selama kesulitan. Secara khusus, ini memungkinkan kita untuk membingkai ulang peristiwa yang menyedihkan dan menghasilkan emosi positif seperti kegembiraan, rasa syukur, dan harapan selama situasi sulit.

Imbalan untuk keterampilan luar biasa ini untuk membangun cara berpikir alternatif tentang keadaan kita dan merasakan emosi positif bersama dengan emosi negatif didukung oleh sains. Melalui penilaian ulang positif, kita tidak hanya dapat memengaruhi lintasan emosi kita dan mengubah makna pengalaman negatif, tetapi kita juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan psikologis kita.

Psikolog Judith Moskowitz memasukkan penilaian ulang positif sebagai salah satu dari seperangkat keterampilan regulasi emosi positif untuk mengatasi stres. Selama bertahun-tahun, dia telah mengajarkan keterampilan ini kepada ratusan peserta penelitian yang mengalami stres harian tingkat tinggi. Hasil studi dan seminarnya telah menambah bukti manfaat luar biasa dari emosi positif bagi ketahanan manusia.

Berikut adalah beberapa wawasan tentang penilaian ulang yang positif dari Moskowitz.

Apa itu penilaian ulang yang positif?

Untuk memahami penilaian ulang, Anda harus memahami penilaian. Penilaian adalah interpretasi Anda tentang pengaruh sesuatu pada kesejahteraan Anda — cara Anda berpikir tentang sesuatu yang sedang terjadi dan bagaimana hal itu memengaruhi Anda. Bagaimana kita menilai sesuatu, pada gilirannya, memengaruhi reaksi emosional kita. Penilaian kembali positif adalah meninjau kembali interpretasi awal dan memikirkannya dengan cara yang lebih positif.

Itu bagus untuk kesehatan Anda. Dalam studi observasi awal kami, penilaian ulang positif adalah salah satu strategi penanggulangan yang terus muncul di antara orang-orang yang mampu mengalami emosi positif di tengah tekanan hidup yang signifikan. Studi konsekuen telah menunjukkan bahwa penilaian ulang positif terkait dengan:

  • Meningkatnya emosi positif.
  • Mengurangi stres.
  • Penyesuaian psikologis untuk peristiwa kehidupan yang penuh tekanan.
  • Ketahanan.
  • Gaya koping adaptif.
  • Pertumbuhan pascatrauma.

Itu adalah keterampilan dan watak. Ada orang yang merupakan penilai positif alami. Tetapi itu juga keterampilan yang bisa dipelajari oleh siapa saja.

Mempelajari penilaian ulang yang positif. Kami mengajari orang-orang keterampilan ini dengan terlebih dahulu menjelaskan apa itu penilaian ulang yang positif. Kemudian kami mengilustrasikan hubungan antara bagaimana Anda menilai suatu peristiwa dan reaksi emosional Anda terhadapnya. Sebagian besar, jika Anda mengubah cara Anda berpikir tentang sesuatu, Anda dapat mengubah perasaan Anda tentang hal itu. Dan kemudian kita mengeksplorasi berbagai cara untuk menilai kembali secara positif.

Jadikan itu kebiasaan. Penilaian ulang positif tidak seperti antibiotik di mana Anda meminumnya selama 10 hari dan kemudian Anda selesai. Sebaliknya, ini adalah pendekatan keseluruhan untuk mengatasi stres. Seperti kebanyakan keterampilan, semakin Anda berlatih menemukan garis perak di semua awan — besar dan kecil, semakin baik Anda melakukannya.

Modelkan untuk anak-anak. Penilaian ulang positif mungkin lebih mudah bagi orang dewasa karena mereka memiliki kematangan untuk memahami mekanisme di baliknya. Jika Anda ingin mengajarkannya kepada anak-anak, teladani penilaian ulang yang positif. Anak-anak belajar paling baik dengan melihat orang dewasa mempraktikkan keterampilan ini.

Berhati-hatilah saat Anda menilai orang lain. Menilai kembali sesuatu untuk orang lain mungkin tidak selalu berhasil. Saat Anda memberi tahu rekan kerja, "Maaf makalah ditolak lagi! Sungguh kesempatan yang bagus untuk memperbaikinya dan mencoba lagi! ” atau kepada seorang anak, "Maaf kamu tidak masuk tim bola basket - sekarang kamu akhirnya bisa fokus pada matematika!" itu mungkin membuat mereka merasa bahwa Anda sedang meminimalkan stres mereka. Orang harus sampai pada penilaian ulang positif mereka sendiri.

Perhatian sebagai komponen penilaian ulang positif. Terkadang Anda dapat melompat terlalu cepat untuk mengeksplorasi apa yang baik tentang peristiwa yang menimbulkan stres. Anda harus bisa menerima yang negatif. Jangan mencoba untuk mengesampingkan atau berpura-pura bahwa hal itu tidak terjadi. Anda diizinkan untuk merasa tidak enak untuk sementara waktu dan berpikir, “Ini sulit. Ini membuat stres."

Kemudian Anda dapat menjelajahi apa yang membuat stres tentang situasi Anda dan mencoba menemukan sesuatu yang positif di dalamnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa perhatian dan penilaian kembali positif saling memperkuat dan menciptakan "spiral ke atas." Mindfulness dapat mempromosikan interpretasi yang lebih "memberdayakan" dari peristiwa stres, yang pada gilirannya dapat menurunkan kesusahan.

Tetapkan standar rendah. Penilaian ulang positif adalah sesuatu yang dapat Anda coba kapan pun, di mana pun, bahkan dalam dosis yang sangat kecil. Lain kali Anda stres, cobalah untuk memahami apa penilaian Anda di balik itu, dan kemudian cobalah untuk menilai kembali sehingga Anda merasakan emosi yang lebih positif tentang peristiwa itu. Mulailah dengan jumlah kecil (mis., "Hari ini hujan. Saya ketinggalan bus.") Kemudian Anda dapat menilai ulang peristiwa yang lebih membuat stres.

Momen harian bertambah. Saat Anda mengalami stres, bersiaplah untuk masuk dan keluar dari penilaian ulang yang positif. Misalnya, ketika menghadapi COVID-19, ada saat-saat di mana saya dapat menilai kembali secara positif: Saya bersama keluarga saya. Kami rukun. Kami makan bersama.

Meski saat-saat penilaian kembali positif tidak mengimbangi bagian-bagian mengerikan dari hidup melalui pandemi, mereka bertambah. Banyak penelitian menunjukkan bahwa pengalaman sesaat dari emosi positif, bahkan di tengah keadaan sulit, dapat memberi Anda lebih banyak sumber daya antar dan intra-pribadi untuk mengatasi stres dan meningkatkan kesejahteraan Anda dalam jangka panjang.

Temukan makna. Tujuan utama dari penilaian kembali positif adalah pengalaman sesaat dari emosi positif, daripada membuat makna. Namun, penilaian ulang yang bermakna akan berdampak lebih besar pada orang, itulah sebabnya kita cenderung condong ke arah mereka.

Menjadi kreatif. Setelah mengajarkan penilaian kembali yang positif kepada banyak orang, Moskowitz kagum pada kreativitas yang digunakan orang untuk menilai kembali peristiwa yang membuat stres. Inspirasi bisa ditemukan di mana saja. Misalnya, saya menerima salah satu teknik penilaian ulang saya sendiri sebagai suvenir dari penerbangan lintas benua yang traumatis.

Penerbangan itu memiliki semua elemen film horor (petir menyambar di jendela saya, turbulensi liar, penumpang yang berteriak, penumpang yang berdoa, mengutuk penumpang, mengosongkan-semua-botol-mini-alkohol-yang-mereka-dapat-temukan penumpang).

Meskipun sudah bertahun-tahun sejak saya tersandung keluar dari pesawat itu dengan kaki saya yang goyah, memegangi rasa takut saya yang baru untuk terbang, saya masih memikirkannya sesekali.

Tetapi sekarang, yang mengejutkan, saya menggunakan pikiran itu untuk membantu saya merasa lebih baik. Baik saat saya duduk di kursi dokter gigi sebelum operasi atau terjebak kemacetan sebelum ujian, saya menarik napas dalam-dalam, atau dua kali, dan bergumam pada diri sendiri: Setidaknya saya tidak berada di pesawat.

Kemudian, kepalan tangan saya terbuka, detak jantung saya stabil, dan jika saya beruntung, bibir saya melengkung dengan senyuman lega.

***
Solo, Kamis, 29 April 2021. 8:00 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko