Membangun Peradaban dari Rumah

Bangsa yang baik peradabannya ditentukan dari seberapa baik peradaban yang dibangun oleh keluarga - keluarga yang ada di dalamnya.

Senin, 29 Juni 2020 | 09:34 WIB
0
140
Membangun Peradaban dari Rumah
Sumber gambar : Google

Menurut definisinya, peradaban adalah tingkat kemajuan sebuah kebudayaan suatu masyarakat yang dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan pendidikan. Biasanya istilah ini dipakai untuk menyebut unsur-unsur dari kebudayaan yang halus, maju, indah, seperti kesenian, ilmu pengetahuan adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan dan sebagainya.

Istilah peradaban juga sering dipakai untuk menyebut suatu kebudayaan yang mempunyai sistem teknologi, ilmu pengetahuan, seni bangunan, seni rupa, dan sistem kenegaraan dan masyarakat yang maju dan kompleks.

Membangun peradaban sebuah bangsa dimulai dengan membangun peradaban dari dalam rumah.

Begitupula dengan sebuah keluarga, dimana rumah adalah taman dan gerbang peradaban yang mengantarkan anggota keluarganya menuju peran peradabannya. Sebagai miniatur peradaban, rumah menjadi tempat dimana orang tua diberi amanah sebagai pelaku peradaban melalui pendidikan kepada anak-anaknya.

Oleh karena itu, atas amanah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa maka tugas utama dari orang tua adalah mendidik anak-anaknya sesuai dengan kehendakNya, bukan mencetaknya sesuai keinginan si orang tua.

Seterusnya, anak-anak yang merupakan hasil peradaban dari dalam rumah akan tumbuh menjadi pelaku peradaban tidak hanya dirumah namun juga pelaku peradaban bangsa yang akan menentukan ke arah mana bangsa tersebut akan berjalan.

Dengan demikian, bangsa yang baik peradabannya ditentukan dari seberapa baik peradaban yang dibangun oleh keluarga - keluarga yang ada di dalamnya.

Selamat Hari Keluarga Nasional dari Padang Panjang, sebuah kota sejuk di kaki Gunung Merapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikek.

PATRIOT RIELDO PERDANA
Ketua Gerakan Milenial Indonesia (GMI) Sumatera Barat