COVID-19 dan Kerugian Ambigu

Mengambil langkah-langkah kecil untuk mencoba hal-hal yang dapat kita capai dapat membantu kita merasa sukses, sehingga melunakkan pengalaman kesedihan dan perasaan di luar kendali.

Senin, 11 Mei 2020 | 12:34 WIB
0
322
COVID-19 dan Kerugian Ambigu
ilustr: Container Solutions

Stres dalam menghadapi pandemi dapat mengambil bentuk kesedihan yang membeku.

Dalam kenyataan COVID-19 yang baru ini, kita hidup, kesedihan telah menjadi pengalaman sehari-hari. Tetapi bagi sebagian besar orang, ini bukan merupakan duka atas kematian orang yang dicintai, tetapi rasa kehilangan global yang meresap yang terkait dengan perubahan rutinitas sehari-hari, kehilangan perayaan yang direncanakan, dan terpisah secara fisik dari teman dan keluarga.

Perasaan stres, kesedihan, dan frustrasi yang kita rasakan karena kehilangan kehidupan normal kita adalah rumit. Ini bukan perasaan kesedihan atau kesedihan kita yang biasa - kita tidak merasakan emosi tertentu karena kehilangan orang atau objek tertentu.

Jenis kesedihan yang kita alami sangat menantang karena itu adalah reaksi terhadap ambiguitas kehilangan bagian-bagian yang tidak berwujud dalam hidup kita. Banyak dari kita tidak lagi dapat membagi pekerjaan dengan bersih dari rumah, atau dibayar waktu dari waktu bermain. Kita secara bersamaan bergabung dengan pertemuan virtual, mengonsumsi berita, mendidik anak-anak, dan memeriksa orang-orang terkasih.

Batas-batas antara apa yang kita ketahui dan apa yang tidak kita ketahui tentang apa yang aman dan apa sains menjadi rumit. Sementara kita berusaha menemukan cara untuk menenangkan diri sendiri dan satu sama lain, kita membatalkan perayaan ulang tahun, liburan, dan pernikahan.

Kita juga kehilangan operasi yang dijadwalkan, pekerjaan baru, kemampuan membayar sewa, dan, secara keseluruhan, perasaan bahwa kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya dan bahwa kita memegang kendali.

Jenis kerugian ini, yang tidak dapat diverifikasi secara konkret atau dengan mudah diselesaikan, disebut “kehilangan ambigu,” dan merupakan istilah yang dikembangkan oleh Dr. Pauline Boss. Boss mengembangkan ide kehilangan ambigu untuk membantu menjelaskan reaksi yang dirasakan orang ketika mengalami kesedihan yang ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengkonfirmasi keberadaan seseorang, kematian mereka, atau kemampuan mereka untuk kembali dan kembali ke "normal."

Contoh kehilangan ambigu termasuk orang tua yang pindah dari rumah setelah perceraian, kehilangan masa depan yang dibayangkan dalam menghadapi penyakit terminal, hilangnya tanah air dan keluarga seseorang yang tidak lagi dapat mereka akses setelah imigrasi, dan tidak lagi mengenali seorang kakek dengan demensia.

Kehilangan ambigu memicu jenis kesedihan yang sangat menantang: itu membingungkan, dan menentang ide-ide populer tentang "penutupan." Dengan kata lain, tidak ada "akhir" yang jelas dari pandemi COVID-19 saat ini - dan, itulah bagian dari apa yang membuat pengalaman emosional kita terhadap penyakit ini sangat melelahkan. Yang ada dalam ketidaktahuan tentang kehidupan kita saat ini terasa tidak dapat dipertahankan dan tidak berkelanjutan.

Mengatasi Kesedihan Baru Ini

Karena kehilangan yang mendua bisa begitu rumit dan menyusahkan, itu juga membutuhkan perhatian khusus untuk mengatasinya. Dengan kata lain, kita tidak akan dapat menemukan kelegaan selama pandemi ini menggunakan hanya keterampilan perawatan diri kita yang biasa atau cara khas kita untuk berhubungan dengan orang lain. Dan, bagi kita yang telah mencoba pesta Zoom, hobi baru, membuat roti, dan berolahraga, kemungkinan kita mulai merasa lelah.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa perasaan tertekan karena ambiguitas adalah normal. Kesedihan rumit yang kita alami karena pergeseran kehidupan kita saat ini, dan akumulasi kerugian yang tak dapat ditembus, adalah sah. Menamai pandemi COVID-19 sebagai “kehilangan ambigu,” dan berlatih menerima reaksi emosional kita terhadapnya sangat penting untuk memulai proses mengatasi. Beri nama ambiguitas sebagai masalahnya. Jika kita merasa stres, itu bukan kesalahan kita.

Ambivalensi - merasakan emosi yang saling bertentangan yang tampaknya bertentangan satu sama lain - juga merupakan reaksi umum terhadap kehilangan yang ambigu. Misalnya, "Aku benci terjebak di rumah, tetapi aku suka menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasanganku." "Saya berharap ini akan segera berakhir, tetapi saya khawatir tentang seperti apa hidup ini nantinya." "Saya merasa sangat beruntung keluarga saya aman, tetapi saya merasa bersalah bahwa ada orang lain yang telah kehilangan begitu banyak." Mungkin bermanfaat untuk membagikan ambivalensi kita dengan orang lain dan mendengar pengalaman duka mereka untuk membawa perasaan yang saling bertentangan ini muncul dan mulai memprosesnya.

Mungkin juga bermanfaat untuk fokus pada menemukan makna, seperti yang ditekankan oleh Boss. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah berlatih keduanya-dan berpikir.

Tanpa informasi yang jelas tentang bagaimana pandemi ini akan terus berkembang, kita mengamati orang yang mencoba membuat keputusan definitif untuk diri mereka sendiri dan terjebak dalam pertentangan satu sama lain.

Alih-alih, akan membantu jika berpikir secara dialektis - memegang dua ide yang berlawanan di pikiran kita secara bersamaan, daripada berfokus pada "salah satu atau". Dengan kata lain, "cara hidup kita sama-sama hilang, dan mungkin juga tidak." "Virus ini adalah bagian permanen dari hidup kita, dan mungkin sementara." "Kebebasan kita telah menghilang, dan mungkin kita masih memilikinya."

Cara lain untuk menemukan makna adalah dengan memperhatikan apa yang masih ada tentang kehidupan pra-COVID kita, di mana kita tangguh, dan kemudian membagikannya dengan orang lain. Apa yang masih kita lakukan dengan baik meskipun stres? Apa hal baru yang kita temukan tentang diri kita atau keluarga kita? Di mana kita berkembang? Memperhatikan keberhasilan ini dan kemudian berbicara kepada orang lain tentang ketahanan mereka membantu kita menjadi lebih fleksibel dan berpikiran terbuka.

Atau, mungkin sulit untuk mengidentifikasi hal-hal yang berjalan dengan baik, atau yang tetap dekat dengan "normal." Jika itu pengalaman kita sebagai akibat dari ambiguitas yang luar biasa, akan sangat membantu untuk mencoba kegiatan kecil yang kita tahu dapat kita capai untuk mengalami rasa penguasaan. Mengambil langkah-langkah kecil untuk mencoba hal-hal yang dapat kita capai dapat membantu kita merasa sukses, sehingga melunakkan pengalaman kesedihan dan perasaan di luar kendali.

Pandemi ini mengucilkan, seperti kerugian ambigu yang sering terjadi. Tetapi karena kita berduka secara universal, kita juga bisa tahu bahwa kita tidak sendirian. Kita akan mengembangkan ritual baru di masa depan, dan kita akan mengalami itu bersama. Untuk mempersiapkan diri, penting bagi kita untuk menjaga diri sendiri di masa kini, dan melepaskan diri dari sifat ambiguitas yang tak bergerak.

***
Solo, Senin, 11 Mei 2020, 12:17 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko