Kepemimpinan [41] Teori Kepemimpinan Transaksional

Pemimpin transaksional terbukti cukup efektif dalam memandu keputusan efisiensi yang ditujukan untuk memotong biaya dan meningkatkan produktivitas.

Senin, 22 Juli 2019 | 15:34 WIB
0
475
Kepemimpinan [41] Teori Kepemimpinan Transaksional
ilustr: Mindvalley Blog

Gaya kepemimpinan transaksional pertama kali dijelaskan oleh Max Weber pada tahun 1947 dan kemudian oleh Bernard Bass pada tahun 1981. Gaya ini paling sering digunakan oleh para manajer. Ini berfokus pada proses manajemen dasar pengendalian, pengorganisasian, dan perencanaan jangka pendek. Contoh-contoh pemimpin yang terkenal yang telah menggunakan teknik transaksional termasuk McCarthy dan de Gaulle.
 
Kepemimpinan transaksional melibatkan memotivasi dan mengarahkan pengikut terutama melalui menarik minat diri mereka sendiri. Kekuatan pemimpin transaksional berasal dari otoritas formal dan tanggung jawab mereka dalam organisasi. Tujuan utama pengikut adalah untuk mematuhi instruksi dari pemimpin. Gaya ini juga dapat disebut sebagai 'gaya bercerita'.
 
Pemimpin percaya dalam memotivasi melalui sistem penghargaan dan hukuman. Jika bawahan melakukan apa yang diinginkan, hadiah akan mengikuti, dan jika dia tidak pergi sesuai keinginan pemimpin, hukuman akan mengikuti. Di sini, pertukaran antara pemimpin dan pengikut terjadi untuk mencapai tujuan kinerja rutin.
 
Pertukaran ini melibatkan empat dimensi:
 
Imbalan Kontinjensi: Pemimpin transaksional menghubungkan tujuan dengan hadiah, mengklarifikasi harapan, menyediakan sumber daya yang diperlukan, menetapkan tujuan yang disepakati bersama, dan menyediakan berbagai jenis imbalan untuk kinerja yang sukses. Mereka menetapkan tujuan SMART (specific, measurable, attainable, realistic, and timely) spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu untuk bawahan mereka.
 
Manajemen Aktif dengan Pengecualian: Pemimpin transaksional secara aktif memantau pekerjaan bawahan mereka, mengawasi penyimpangan dari aturan dan standar dan mengambil tindakan korektif untuk mencegah kesalahan.
 
Manajemen Pasif dengan Pengecualian: Pemimpin transaksional melakukan intervensi hanya ketika standar tidak terpenuhi atau ketika kinerja tidak sesuai harapan. Mereka bahkan dapat menggunakan hukuman sebagai respons terhadap kinerja yang tidak dapat diterima.
 
Laissez-faire: Pemimpin menyediakan lingkungan di mana bawahan mendapatkan banyak kesempatan untuk membuat keputusan. Pemimpin itu sendiri melepaskan tanggung jawab dan menghindari membuat keputusan dan oleh karena itu kelompok sering tidak memiliki arahan.
 
Asumsi Teori Transaksional 

  • Karyawan dimotivasi oleh hadiah dan hukuman.
  • Bawahan harus mematuhi perintah atasan.
  • Bawahan tidak memiliki motivasi diri. Mereka harus dimonitor dan dikendalikan secara ketat untuk menyelesaikan pekerjaan dari mereka.

Implikasi Teori Transaksional

Para pemimpin transaksional terlalu menekankan tujuan rinci dan jangka pendek, dan aturan dan prosedur standar. Mereka tidak berupaya meningkatkan kreativitas pengikut dan menghasilkan ide-ide baru. Gaya kepemimpinan semacam ini dapat bekerja dengan baik di mana masalah organisasi sederhana dan jelas. Pemimpin seperti itu cenderung tidak menghargai atau mengabaikan ide yang tidak sesuai dengan rencana dan tujuan yang ada.
 
Pemimpin transaksional terbukti cukup efektif dalam memandu keputusan efisiensi yang ditujukan untuk memotong biaya dan meningkatkan produktivitas.

Pemimpin transaksional cenderung sangat terarah dan berorientasi pada tindakan dan hubungan mereka dengan pengikut cenderung bersifat sementara dan tidak berdasarkan pada ikatan emosional.
 
Teori ini mengasumsikan bahwa bawahan dapat dimotivasi oleh imbalan sederhana. Satu-satunya 'transaksi' antara pemimpin dan pengikut adalah uang yang diterima pengikut untuk kepatuhan dan upaya mereka.

Perbedaan antara Pemimpin Transaksional dan Transformasional

Kepemimpinan Transaksional

  • Kepemimpinan responsif.
  • Bekerja dalam budaya organisasi.
  • Pemimpin transaksional membuat karyawan mencapai tujuan organisasi melalui penghargaan dan hukuman.
  • Memotivasi pengikut dengan memohon kepentingan pribadi mereka.

Kepemimpinan Transformasional

  • Kepemimpinan proaktif.
  • Bekerja untuk mengubah budaya organisasi dengan menerapkan ide-ide baru
  • Pemimpin transformasional memotivasi dan memberdayakan karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan menarik cita-cita dan nilai-nilai moral yang lebih tinggi.
  • Memotivasi pengikut dengan mendorong mereka untuk melampaui kepentingan mereka sendiri bagi kelompok atau unit.

Kesimpulan

Gaya kepemimpinan transaksional dipandang tidak memadai, tetapi tidak buruk, dalam mengembangkan potensi kepemimpinan maksimum. Ini terbentuk sebagai dasar untuk interaksi yang lebih matang tetapi perhatian harus diambil oleh para pemimpin untuk tidak mempraktikkannya secara eksklusif, jika tidak maka akan mengarah pada penciptaan lingkungan yang dipenuhi oleh posisi, kekuasaan, fasilitas, dan politik.

***
Solo, Senin, 22 Juli 2019. 2:28 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko