Manahan yang Sedang Berdandan

Solo butuh kepemimpinan yang visioner untuk menjadikan kota ini lebih bermartabat dan berwibawa.

Kamis, 22 Agustus 2019 | 18:43 WIB
0
38
Manahan yang Sedang Berdandan
Stadion Manahan Solo (Foto: Fanpage Kota Solo @740aerialvideography)

Ini kawasan Manahan, dipotret dari atas. Bagus ya... Di sebelah kiri ada flyover dengan dua terowongan berdinding garis merah-biru yang instagramable itu. Yang di sebelah kanan tentu saja Stadion Manahan yang baru direnovasi. Kabarnya tanggal 9 September mendatang, tepat di momentum Hari Olahraga Nasional, wajah baru stadion akan di-soft launching.

Yang paling saya sukai dari kawasan Manahan dan juga kawasan lain di Solo seperti sepanjang Jl Slamet Riyadi adalah pohon-pohonnya yang banyak. Keberadaan pohon-pohon itu membuat Solo menjadi asri. Udaranya lebih sejuk dan enak dipandang mata. Butuh dirawat memang, agar kawasan tetap bersih dari sampah daun. Ranting yang tumbuh menjorok ke jalan juga jangan sampai mengganggu lalu lintas.

Penataan kawasan Manahan, sudah ditunggu-tunggu banyak orang. Terutama mereka yang suka jogging mengelilingi velodrome atau melakukan aktivitas olahraga lainnya di sini. Bagaimanapun, pembangunan Manahan memang telah membuat kawasan ini semrawut. Mobil dan motor melintas dan lalu lalang, sehingga membahayakan mereka yang lagi jogging.

Ke depan, Manahan harus menjadi kawasan yang lebih ramah untuk pejalan kaki. Motor dan mobil harus distop, parkir di tempat yang disediakan. Tidak boleh lagi lalu lalang dengan bebas di sembarang tempat. Warga juga harus belajar tertib, disiplin dan lebih berbudaya. Taati aturan yang ada, jangan main terobos untuk menghindari jalan satu jalur.

Menjadikan Manahan dan Solo sebagai kota yang ramah bagi pejalan kaki, adalah tanggungjawab kita semua. Tak hanya warga. Lebih dari itu, Solo butuh kepemimpinan yang visioner untuk menjadikan kota ini lebih bermartabat dan berwibawa.

Yo ra, Lur? 

Sumber foto: Fanpage Kota Solo 
📷 @740aerialvideography