Kepemimpinan [52] Apa Tantangan dalam Kepemimpinan?

Rasa hormat selalu diperintahkan dan tidak pernah diminta. Anda perlu menginspirasi anggota tim anda agar mereka memandang anda dan memperlakukan anda sebagai mentor mereka.

Selasa, 20 Agustus 2019 | 21:18 WIB
0
195
Kepemimpinan [52] Apa Tantangan dalam Kepemimpinan?
ilustr: The CEO Magazine

Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang sederhana. Kenyataannya, jujur ​​saja; mengelola orang adalah salah satu tugas paling menantang. Anda benar-benar perlu mengeluarkan yang terbaik dari anggota tim anda dan memegangnya bahkan dalam situasi terburuk. Kita semua ingin memimpin tim, tetapi pernahkah kita menyadari apa saja tantangan yang dihadapi oleh seorang pemimpin? Ingat, seorang pemimpin sama seperti kapten sebuah kapal. Satu keputusan salah maka seluruh kesalahan menimpamu.

Tantangan terbesar dalam kepemimpinan adalah mendengarkan pendapat semua orang dan sampai pada solusi yang saling menguntungkan. Anda tidak bisa mengabaikan siapa pun, kalau tidak dia akan menjadi musuh terbesar anda dan tidak akan menghormati anda atau repot-repot mendengarkan anda. Setuju, ada semua jenis orang di sekitar. Anda mungkin menyukai seseorang; anda mungkin tidak menyukai seseorang di tempat kerja, tetapi itu tidak berarti anda mulai bersikap kasar kepada orang yang tidak anda sukai. Hindari pilih kasih.

Sebagai seorang pemimpin; anda benar-benar harus bersikap adil terhadap semua orang. Tidak setiap individu memiliki kualitas bersikap adil terhadap orang lain. Sebagai manusia, kita umumnya cenderung mengembangkan perasaan iri dan benci pada orang yang tidak kita sukai. Ingat, perasaan negatif semacam itu tidak memiliki tempat di dunia profesional.

Duduklah bersama bawahan anda, dengarkan keluhan mereka dan selalu berusaha untuk memberikan solusi inovatif. Jangan pernah kehilangan kesabaran Anda. Saat anda melakukannya, percayalah, segera nama anda akan muncul di buku karyawan yang buruk.

Seorang pemimpin harus mendapatkan kepercayaan dari bawahannya. Dan itu lagi-lagi tantangan besar. Ya, anda akan terkejut melihat bahwa kolega yang dulu memanggil anda sahabatnya itu tiba-tiba mulai menghindari anda dan sebenarnya iri dengan promosi anda dan memiliki masalah dengan anda menjadi pemimpin timnya. Seorang pemimpin, yang paling penting harus memahami psikologi individu. Jangan pernah merasa buruk tentang perubahan mendadak dalam perilaku kolega anda. Cobalah untuk menjaga diri anda tetap pada posisi mereka.

Jangan mulai menunjukkan sikap suka memerintah anda. Duduklah dengan bawahan anda dan buat mereka menyadari bahwa pekerjaan anda bukan untuk memerintah mereka tetapi bekerja sebagai satu tim. Membuat orang bekerja bersama adalah tantangan besar dalam dirinya sendiri. Ingat, masalah apa pun dalam tim, anda akan dianggap bertanggung jawab. Jika terjadi kesalahpahaman dan konflik, segera turun tangan. Dengarkan kedua pihak dan selesaikan masalah paling cepat.

Sebagai seorang pemimpin, anda adalah wajah tim anda. Palungan tim harus bertindak sebagai jembatan antara karyawan dan manajemen. Adalah tanggung jawab anda untuk memastikan bawahan anda senang dengan pekerjaan mereka, tagihan mereka dilepaskan tepat waktu dan mereka secara keseluruhan puas dengan pekerjaan mereka.

Ada beberapa tantangan eksternal juga dalam kepemimpinan. Kurangnya proyek, kelangkaan dana dan kurangnya dukungan dari klien adalah beberapa tantangan eksternal yang dihadapi oleh seorang pemimpin. Bawahan anda akan datang kepada anda untuk bekerja dan itu adalah tugas anda untuk mendelegasikan tanggung jawab. Jika anggota tim anda tidak dapat membawa pekerjaan dari klien, segera ambil alih.

Jika ada krisis keuangan dan bawahan anda tidak mendapatkan gaji tepat waktu, anda tidak bisa diam saja dan acuh tak acuh. Situasi darurat tidak dapat diprediksi. Seorang pemimpin perlu berdiri di samping anggota timnya pada saat krisis. Anda tidak bisa lari dari situasi itu. Ingat, bos selalu disebut sebagai Hitler, tidak peduli seberapa banyak dia berpikir untuk timnya.

Hubungan bos-karyawan lebih merupakan kebencian daripada hubungan cinta. Buat bawahan anda merasa nyaman. Jangan paksa mereka memanggil anda "Tuan". Rasa hormat selalu diperintahkan dan tidak pernah diminta. Anda perlu menginspirasi anggota tim anda agar mereka memandang anda dan memperlakukan anda sebagai mentor mereka.

***
Solo, Selasa, 20 Agustus 2019. 9:01 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea