Cara Menggunakan Media Sosial untuk Jaringan dan Kemajuan Karir

Jumat, 6 Mei 2022 | 16:48 WIB
0
52
Cara Menggunakan Media Sosial untuk Jaringan dan Kemajuan Karir
image: The New York Times

Kita hidup di dunia yang saling terhubung dan selalu online, berkat Internet dan penciptaan media sosial. Miliaran orang masuk ke berbagai platform media sosial untuk membaca posting, terhubung dengan keluarga dan teman, dan mendapatkan inspirasi dari konten pemikiran-kepemimpinan yang luar biasa. Media sosial adalah bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari dan akan untuk waktu yang lama.

Media sosial lebih dari sekadar meme lucu dan video kucing—inilah tempat dunia bersatu untuk mengalami kehidupan. Media sosial menawarkan banyak sekali kegunaan praktis untuk kehidupan, bisnis, tujuan karir, dan pertumbuhan pribadi. Kuncinya adalah belajar bagaimana memanfaatkan setiap platform media sosial untuk jaringan profesional dan kemajuan karir.

Bagaimana Media Sosial Dapat Membantu dalam Jaringan Profesional?

Media sosial adalah tempat yang sangat baik bagi para pemimpin yang berfokus pada pertumbuhan untuk berjejaring dan memajukan karier mereka.

Para pemimpin yang berpikiran maju melihat peluang untuk memanfaatkan platform media sosial yang saling berhubungan untuk tujuan pembelajaran, nilai tambah, menunjukkan kepemimpinan pemikiran, dan berjejaring secara strategis dengan para pemimpin berjiwa wirausaha lainnya.

Dunia sedang mengalami penyetelan ulang yang hebat. Karyawan memutuskan bagaimana mereka ingin bekerja, dan mereka menginginkan pekerjaan dan karier yang memenuhi mereka. Mereka menginginkan lebih dari pekerjaan mereka. Perusahaan harus menyesuaikan diri dengan kenyataan bahwa pekerja memiliki banyak pilihan di lanskap tempat kerja saat ini.

Pendaftaran hebat telah menciptakan peluang bagi para pemimpin untuk mendapatkan kenaikan gaji yang bagus, memanfaatkan nilai mereka untuk promosi yang mengubah hidup, atau, bagi sebagian orang, mendapatkan karir impian mereka. Ini adalah waktu yang menyenangkan untuk menggunakan media sosial lebih dari sekadar kesenangan.

Berikut adalah cara media sosial dapat membantu dalam proses jaringan profesional. Inilah cara memanfaatkan media sosial untuk kemajuan karier, pertumbuhan pribadi, dan mencapai tujuan keuangan Anda.

1. Pelajari Lebih Lanjut Tentang Karir Anda

Salah satu cara terbaik untuk menjadi lebih baik dalam keahlian Anda adalah mempelajari setiap aspeknya. Keindahan media sosial adalah memberi Anda kesempatan untuk belajar dari orang lain yang melakukan apa yang Anda lakukan dalam karier Anda.

Anda dapat mempelajari pemimpin lain di media sosial dan melihat bagaimana mereka menambah nilai. Anda dapat meninjau pekerjaan yang mereka lakukan dan mempelajari aspek baru dalam karier Anda yang mungkin belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya. Anda dapat mempelajari perusahaan dan industri dan menggunakan informasi itu untuk menjadi lebih baik dalam apa yang Anda lakukan dalam karir Anda dalam segala hal.

Media sosial menawarkan kesempatan yang belum pernah ada sebelumnya untuk mempelajari karir Anda dan mempelajari pengembangan kepemimpinan dengan cara yang menyenangkan dan menghibur. LinkedIn adalah jaringan media sosial yang sangat baik untuk belajar tentang karir Anda dan belajar kepemimpinan kehidupan nyata. Anda juga dapat menonton beberapa video YouTube hebat tentang industri Anda dan bahkan video TikTok lucu tentang kepemimpinan dapat mengajari Anda.

Gunakan hashtag untuk keuntungan Anda di media sosial. Pelajari hashtag yang sesuai dengan karir Anda. Saat Anda mencari tagar tersebut di media sosial, lihat apa yang dikatakan dan serap informasinya untuk tujuan perencanaan Anda.

Tagar dapat menjadi cara yang bagus untuk tetap mengetahui apa yang terjadi di industri Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang karier Anda melalui media sosial. Tagar juga dapat mengarah pada percakapan dengan pemimpin lain dan bahkan mungkin pembuat keputusan.

Salah satu strategi media sosial yang paling efektif adalah berfokus pada apa yang Anda butuhkan untuk membangun jaringan dan memajukan karir Anda melalui pemanfaatan media sosial.

2. Jaringan dan Mastermind dengan Pemimpin

Media sosial menawarkan para pemimpin kesempatan untuk menjadi dalang dan berjejaring dengan para pemimpin lain. Komunikasi modern terjadi melalui grup, halaman, dan bahkan garis waktu. Setiap orang memiliki beberapa platform media sosial yang diunduh ke ponsel mereka. Itulah mengapa acara sosial adalah tempat yang tepat untuk terhubung dengan para pemimpin dan jaringan untuk kemajuan karir secara instan.

Tantangannya adalah memahami peluang media sosial mana yang sepadan dengan waktu Anda dan akan mengarah ke jaringan yang hebat. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk mendapatkan kejelasan tentang tujuan Anda dan kemudian mencari tahu media sosial mana yang menawarkan Anda kesempatan untuk bekerja menuju tujuan kemajuan karir tersebut.

Tujuan Anda adalah untuk terlibat dalam platform tempat para pemimpin lain yang berfokus pada pertumbuhan berjejaring dan saling mendalangi. Mereka selalu mengatakan orang di ruangan itu yang mendapat penjualan. Terlibat dalam komunitas sosial yang tepat sama dengan berada di dalam ruangan. Anda harus ingin berada di tempat percakapan itu terjadi.

Saat Anda menghabiskan lebih banyak waktu di jaringan media sosial yang masuk akal untuk tujuan karir Anda, singkirkan kebisingan Internet. Tujuan Anda dengan konsumsi media sosial adalah memiliki waktu yang terfokus.

Anda tidak ingin masuk ke media sosial dan tersesat dalam gangguan dan semua kebisingan. Dan jika Anda merasa percakapan yang Anda lakukan dengan pemimpin tertentu hanya membuang-buang waktu, pegang batasan Anda dengan sopan dan lanjutkan dengan cepat. Waktumu terlalu berharga.

Media sosial menawarkan Anda kesempatan untuk terhubung bahkan dengan beberapa pemimpin tingkat tertinggi. Bukan hal yang aneh untuk men-tweet kepada para pemimpin di perusahaan yang Anda hormati dan mendapat tanggapan.

Jaringan lain seperti Facebook mungkin lebih sulit untuk mendapatkan interaksi semacam itu, jadi tujuannya adalah untuk memanfaatkan jaringan yang masuk akal untuk tujuan karir Anda. Anda menginginkan jaringan media sosial yang mungkin membantu Anda membangun jaringan dan memajukan karir Anda.

3. Tingkatkan Nilai Anda

Salah satu cara terbaik untuk memajukan karier adalah dengan memanfaatkan konten kepemimpinan pemikiran di media sosial. Anda bersemangat tentang topik Anda dan apa profesi Anda, yang bisa menjadi konten hebat yang Anda posting di media sosial untuk konsumen.

Saat Anda memposting konten kepemimpinan pemikiran yang sangat baik di media sosial, Anda akan membangun audiens. Semakin banyak orang yang memperhatikan Anda adalah aset yang dapat Anda gunakan dalam negosiasi gaji atau untuk pekerjaan yang lebih baik. Perhatian di era informasi digital adalah mata uang yang berharga.

Anda mungkin tidak merasa seperti penulis atau podcaster yang fasih atau YouTuber yang hebat, tetapi kabar baiknya adalah Anda tidak harus seperti itu. Salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan konsumen dan membangun audiens adalah melalui penggunaan konten berbasis pengalaman yang otentik. Bagikan apa yang Anda rasakan dan alami, dan orang lain yang mengalami hal yang sama akan mengidentifikasi diri.

Konsisten dalam tampil di media sosial dan tetap konsisten dengan memposting pemikiran tentang apa yang Anda lakukan dalam karier Anda. Anda akan terkejut dengan siapa yang akan melihat konten itu dan bagaimana hal itu dapat mengarah pada peluang fantastis untuk berjejaring dan kemajuan karier.

Beberapa orang berbicara tentang mengetahui sesuatu, dan kemudian ada orang lain yang mendemonstrasikannya. Konten kepemimpinan pemikiran menawarkan Anda kesempatan untuk menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pemimpin dan tahu apa yang Anda bicarakan tentang apa yang Anda lakukan dalam karier Anda.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda atau mendapatkan kenaikan gaji adalah dengan menunjukkan pengetahuan Anda melalui konten kepemimpinan pemikiran di media sosial. Konten di media sosial adalah salah satu strategi yang paling kurang dimanfaatkan untuk kemajuan karir dan jaringan.

4. Temukan Karir Impian Anda

Sekarang ada banyak peluang untuk melihat pekerjaan dan melamarnya di platform media sosial. Dunia sedang bergeser untuk memasukkan lebih banyak aspek kehidupan kita sehari-hari di media sosial. Anda dapat menggunakan media sosial untuk menemukan karir impian Anda.

Sekarang, Anda bisa melamar pekerjaan langsung melalui LinkedIn, atau bisa juga Anda belajar lebih banyak tentang karir impian Anda melalui media sosial. Anda memiliki kesempatan untuk mempelajari industri dan belajar dari para pemimpin dalam karir impian Anda. Anda dapat menggunakan media sosial untuk memanfaatkan gaya kepemimpinan yang efektif.

Saat Anda memberikan konten kepemimpinan pemikiran dan membangun audiens Anda—saat Anda berjejaring dengan pemimpin lain yang berfokus pada pertumbuhan—Anda kemudian dapat memiliki kesempatan untuk berada dalam posisi melamar atau ditawari pekerjaan impian Anda. Hal yang penting untuk diingat adalah bahwa kehadiran adalah kekuatan.

Dengan kejelasan tentang apa karir impian Anda, lakukan riset ke dalam grup dan jaringan media sosial yang selaras dengan tujuan itu. Habiskan waktu di komunitas media sosial itu dan tambahkan nilai.

Anda akan berada di posisi terbaik untuk mengamankan karir impian Anda jika Anda memanfaatkan media sosial sebagai bagian dari strategi pertumbuhan Anda.

Pikiran Akhir

Kita hidup melalui waktu yang menyenangkan. Kita bisa terhubung dengan siapa saja di seluruh dunia melalui platform media sosial. Setiap platform media sosial memiliki kemampuan untuk menggunakan opsi komunikasi audio, tertulis, dan video. Media sosial adalah aset berharga dan alat jaringan untuk kemajuan karir.

Ada pemimpin yang seluruh hidupnya berubah karena media sosial. Mereka telah belajar bagaimana menggunakan media sosial untuk berjejaring dan memajukan karir mereka dengan menjadi strategis tentang bagaimana mereka menghabiskan waktu di media sosial. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari teladan para pemimpin ini.

Ada jutaan pekerjaan terbuka, dan ada perusahaan yang membayar lebih banyak uang untuk mempertahankan orang-orang baik. Pemimpin yang berfokus pada pertumbuhan melihat peluang dan menggunakan media sosial untuk menciptakan kebebasan dan keamanan finansial.

***
Solo, Jumat. 6 Mei 2022. 4:35 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko