Kesetaraan Peran Perempuan di Sekeliling Anda

Kepada para perempuan, teruslah berjuang menjadi inspirasi dan role model yang baik di sekelilingmu!

Selasa, 8 Februari 2022 | 07:37 WIB
0
227
Kesetaraan Peran Perempuan di Sekeliling Anda
Pernyataan saya tentang kesetaraan gender (Foto: dok. Pribadi)

Seberapa anda telah merasakan kesetaraan peran perempuan di sekeliling anda? 

The World Economic Forum 2021 menyatakan bahwa masih ada rata-rata 60% kesenjangan gender di dunia. Untuk menutup kesenjangan diperlukan kolaborasi dari seluruh pihak. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), misalny, meluncurkan aksi Sustainable Development Goals (SDGs), dimana kesetaraan gender merupakan salah satu tujuan dengan urutan ke-5 yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

Di Indonesia kesetaraan peran perempuan telah diperjuangkan sejak masa Ibu Kartini dan kisah perjuangannya terus digaungkan setiap tahun untuk membangun kesadaran betapa pentingnya peran perempuan. 

Salah satu hasilnya, peran perempuan semakin diperhitungkan dan perempuan mampu memegang posisi penting di pemerintahan dan mendesain kebijakan dari sudut pandang perempuan, seperti penganggaran berbasis gender, ruang pengasuhan anak dan ruang laktasi di kantor, cuti melahirkan berbayar bagi pegawai perempuan.

Kemajuan ini tentunya sangat progresif bagi Indonesia jika dilihat dalam konteks global.

Kebijakan yang memberikan peluang ekonomi untuk pekerja wanita yang terlibat di sektor informal, seperti akses pinjaman modal khususnya bagi para pelaku usaha perempuan, juga nyata berhasil menarik minat masyarakat sampai dengan tingkat bawah.  

Tentu tidak hanya data dan analisis yang bisa mendorong kesetaraan gender, tapi hadirnya role model-role model juga memegang peran penting untuk memacu semangat dalam upaya mencapai kesetaraan gender yang memberikan manfaat yang besar dan penting dari sisi ekonomi dan kualitas hidup masyarakat. 

Kepada para perempuan, teruslah berjuang menjadi inspirasi dan role model yang baik di sekelilingmu! 

Dari High Level Launch Event, Accelerate Equality: Looking Back to Spring Forward (13/1) 

Bali, 15 Januari 2022

***