Inilah Penjelasan Mengapa Beberapa Orang Tidak Pernah Masturbasi

Tidak semua orang melakukan masturbasi. Tetapi seharusnya tidak ada penghakiman bagi mereka yang tidak melakukan lebih dari yang seharusnya dilakukan.

Sabtu, 12 Juni 2021 | 13:06 WIB
0
227
Inilah Penjelasan Mengapa Beberapa Orang Tidak Pernah Masturbasi
illustr: Mashable India

Tidak semua orang menikmati kesenangan diri sendiri. Berikut beberapa penjelasan alasannya.

Poin Penting

  • Temuan penelitian bervariasi pada berapa banyak orang yang melakukan masturbasi. Sementara kebanyakan orang melakukan masturbasi, beberapa mengklaim mereka tidak pernah terlibat dalam aktivitas tersebut.
  • Alasan termasuk kepatuhan terhadap pasangan seks, religiusitas, rasa sakit dari seks, trauma seksual, disforia genital, dan makna yang ditempatkan pada masturbasi.
  • Tidak seorang pun harus dihakimi karena masturbasi atau karena memilih untuk tidak memanjakan diri sendiri.

Statistik tentang berapa banyak orang yang melakukan masturbasi bervariasi dari studi ke studi. Satu studi akan memiliki persentase di tahun 80-an hingga pertengahan 90-an, dan yang berikutnya akan memiliki jumlah yang jauh lebih rendah.

Itu tergantung pada demografi sampel penelitian, bagaimana pertanyaan itu diungkapkan, dan apakah responden menjawab dengan jujur. Ada lelucon usang bahwa 95 persen orang melakukan masturbasi, dan 5 persen lainnya berbohong.

Lebih jauh, penelitian yang dilakukan selama pandemi COVID-19 menawarkan angka yang, jika dibandingkan dengan hasil penelitian di luar kerangka pandemi, mengungkapkan cukup banyak perubahan dalam kebiasaan kesenangan diri. Sebenarnya, statistik yang berasal dari pandemi perlu dipertimbangkan hanya dalam bingkai pandemi. Angka-angka sebelum, selama, dan pasca-pandemi, digabungkan, pada akhirnya dapat mengungkapkan angka-angka pandemi sebagai outlier dan bukan tren yang berkelanjutan.

Sebelum pandemi, sebuah studi lintas budaya oleh Tenga mensurvei 10.000 orang dewasa di sembilan negara tentang kebiasaan masturbasi mereka. Delapan puluh empat persen responden melaporkan telah melakukan masturbasi (91 persen pria dan 78 persen wanita). Di awal pandemi, banyak peneliti berhipotesis bahwa akan ada peningkatan aktivitas masturbasi selama pandemi karena tambahan waktu di rumah di lingkungan karantina. Kebosanan dan kesepian akan membuat lebih banyak tangan meluncur ke bawah.

Sebuah studi oleh Kinsey Institute (Lehmiller, Garcia, Gesselman, dan Mark, 2020) menemukan bahwa sebenarnya ada pengurangan praktik masturbasi selama karantina. Dua puluh persen melaporkan tidak melakukan masturbasi sejak awal pandemi, vs 2,4 persen melaporkan tidak melakukan masturbasi pada tahun sebelumnya. Bertentangan dengan temuan Kinsey Institute, survei Tenga yang dilakukan selama pandemi menemukan 37 persen orang melakukan masturbasi lebih awal di masa pandemi. Jumlah ini naik menjadi 42 persen seiring dengan berlanjutnya pandemi. Namun demikian, Tenga menemukan bahwa tingkat masturbasi berjenis kelamin karena wanita melaporkan penurunan masturbasi pandemi.

Kembali ke lelucon lama yang 5 persen orang mengaku tidak masturbasi, ini hanya lelucon. Ya, kebanyakan orang melakukan masturbasi, tetapi meskipun sebagian orang tidak percaya, tidak semua orang melakukan masturbasi. Ini termasuk apakah sistem sosial terlibat dalam pandemi global atau tidak.

Beberapa orang tidak melakukan masturbasi dan/atau tidak pernah melakukan masturbasi. Dan, tidak, seseorang yang tidak melakukan masturbasi tidak rusak.

Mereka tidak semua memiliki masalah mendalam yang tidak mereka tangani. Mereka tidak hanya "dingin." Kesimpulan langsung seperti itu secara tidak adil menuduh dan mempermalukan mereka yang memilih untuk tidak menyentuh diri mereka sendiri.

Ada beberapa penjelasan yang ditawarkan oleh mereka yang tidak atau belum pernah melakukan masturbasi. Beberapa penjelasan sosio-psikologis ini meliputi:

• Beberapa individu melakukan masturbasi karena mereka tidak tertarik pada aktivitas seksual berpasangan. Masturbasi adalah bantuan mereka dari gairah seksual. Yang lain hanya tertarik pada aktivitas seksual berpasangan dan tidak tertarik melakukannya sendiri.

• Beberapa orang begitu berkomitmen pada pasangannya sehingga mereka percaya bahwa kesenangan diri akan menjadi bentuk perselingkuhan.

• Religiusitas berperan dalam keputusan untuk tidak melakukan masturbasi. Mereka yang sangat berkomitmen untuk agama yang melarang masturbasi dapat memilih untuk mematuhi prinsip-prinsip agama mereka.

• Dalam proses sosialisasi, individu dibentuk oleh orang lain untuk menjadi anggota komunitas yang dapat diterima secara sosial. Bagian dari proses sosialisasi adalah disosialisasikan secara seksual sesuai dengan norma-norma seksual masyarakat tertentu. Jika rasa malu tertanam dalam masturbasi selama proses sosialisasi, beberapa orang mungkin tidak menyentuh diri sendiri untuk melupakan perasaan malu yang dipelajari secara sosial. Sekali lagi, agama mungkin memiliki bagian dalam proses ini karena anggota dan pemimpin agama adalah agen sosialisasi.

• Rasa sakit yang terkait dengan segala bentuk seks adalah kenyataan bagi sebagian orang. Menghindari rasa sakit membuat beberapa individu menjauh dari pasangan seks dan masturbasi.

• Tergantung di mana seseorang duduk pada spektrum seksualitas-aseksualitas dapat menentukan minat mereka pada kesenangan diri. Mereka yang mengaku tidak memiliki dorongan seksual juga tidak akan tertarik melakukan masturbasi. Untuk demiseksual, hubungan emosional yang kuat dengan orang lain diperlukan untuk gairah seksual—tanpa hubungan, tidak ada gairah.

• Trauma seksual memainkan peran dalam bagaimana individu mendekati seksualitasnya. Ketidaktertarikan dalam masturbasi mungkin berasal dari trauma seksual.

• Memiliki pandangan negatif tentang alat kelamin seseorang (disphoria genital) dapat memengaruhi seseorang untuk melakukan masturbasi. Disforia genital bisa sangat membuat frustrasi bagi mereka yang menginginkan kelegaan seksual, tetapi tidak dapat mengesampingkan perasaan negatif yang memengaruhi kemampuan mereka untuk bertindak berdasarkan gairah.

• Beberapa terpengaruh oleh mitos seputar masturbasi. Berapa banyak anak laki-laki yang tumbuh dengan mendengar bahwa jika mereka menyentuh diri mereka sendiri, mereka akan menumbuhkan rambut di telapak tangan mereka? Meskipun mereka mungkin mempercayainya di masa muda, dan mereka mengabaikannya saat dewasa, mitos tersebut mungkin memiliki dampak negatif pada mereka yang berlanjut selama bertahun-tahun. Dari hasil wawancara dengan orang-orang yang terpengaruh oleh mitos yang mereka dengar, itu memengaruhi keinginan mereka untuk menyentuh diri mereka sendiri. Seorang responden perempuan dituntun untuk percaya bahwa “hanya laki-laki yang melakukan masturbasi.” Ini sudah cukup untuk mencegahnya dari kesenangan dirinya sendiri.

• Akhirnya, orang menempatkan makna yang berbeda pada hal-hal dan bereaksi terhadap hal-hal dalam menanggapi makna. Buku luar biasa karya Laura M. Carpenter, Virginity Lost (2005), membahas berbagai makna yang diberikan individu pada konsep "keperawanan." Tidak ada bedanya dengan masturbasi atau argumen apakah seks oral benar-benar seks. Makna yang dikaitkan orang dengan masturbasi membentuk realitas aktivitas seksual mereka. Misalnya, beberapa orang percaya bahwa gairah dengan menyentuh diri sendiri bukanlah masturbasi selama Anda tidak membawa diri Anda ke orgasme. Jadi, jika ditanya apakah mereka pernah melakukan masturbasi, jawaban mereka adalah “tidak” jika mereka tidak pernah mencapai orgasme—sementara yang lain akan mengklaim bahwa mereka benar-benar melakukan masturbasi. Hal yang sama berlaku bagi mereka yang mengaku tidak pernah melakukan masturbasi meskipun mereka saling bermasturbasi dengan pasangan. Mereka memandang masturbasi sebagai upaya solo. Jika mereka dengan pasangan, meskipun mereka menyentuh diri mereka sendiri, mereka tidak, menurut definisi dan makna mereka sendiri, masturbasi.

Tidak semua orang melakukan masturbasi. Tetapi seharusnya tidak ada penghakiman bagi mereka yang tidak melakukan lebih dari yang seharusnya dilakukan—mempermalukan tidak pernah tepat dalam kedua kasus tersebut. Jika pilihan untuk tidak melakukan masturbasi berdampak negatif pada hidup Anda, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk Anda. Pilihan untuk masturbasi atau tidak hanyalah itu—pilihan. Diri seksual Anda, pada akhirnya, adalah konstruksi diri.

***
Solo, Sabtu, 12 Juni 2021. 12:34 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko