Manajemen Konflik [2] Konflik di Tempat Kerja, Mengapa Konflik Harus Dihindari?

Selalu berpikir sebelum Anda berbicara. Gunakan pendekatan profesional di tempat kerja dan coba pecahkan perbedaan Anda dengan rekan kerja Anda. Hormati semua orang di kantor.

Senin, 22 Februari 2021 | 09:12 WIB
0
135
Manajemen Konflik [2] Konflik di Tempat Kerja, Mengapa Konflik Harus Dihindari?
ilustr: Elevate Corporate Training

Perbedaan kepentingan, proses berpikir, persepsi serta kebutuhan menimbulkan konflik. Ketika individu tidak menyetujui pendapat satu sama lain, konflik muncul. Konflik dapat terjadi di mana saja baik itu organisasi, kelompok, bahkan di rumah kita.

Mari kita lihat contoh di bawah ini.

Sandy sedang memimpin departemen operasi sebuah perusahaan terkemuka. Peter melapor kepada Sandy dan entah bagaimana keduanya tidak pernah menyetujui ide dan proses berpikir satu sama lain. Peter diberi sebuah proyek yang harus diserahkan pada penghujung hari. Sandy dan Peter tidak setuju di setiap poin dan ada bentrokan parah di antara mereka. Mereka tidak pernah sampai pada kesimpulan dan akibatnya proyek tidak pernah bisa selesai dalam waktu yang ditentukan.

Apa hasil dari konflik mereka?

Hasilnya sebenarnya nol besar karena baik Sandy maupun Peter tidak mendapatkan apa pun dari konflik tersebut. Konflik harus dihindari dengan biaya berapa pun dan khususnya di tempat kerja.

Kantor kita adalah rumah pertama kita karena kita menghabiskan waktu maksimal di tempat kerja saja. Seseorang harus menghormati organisasinya untuk mendapatkan rasa hormat sebagai balasannya. Belajar untuk mengendalikan emosi Anda di tempat kerja. Jangan pernah bertengkar di tempat kerja karena hal itu merusak kesopanan kantor. Anda mungkin tidak setuju dengan orang lain, tetapi itu tidak berarti Anda akan mulai bertengkar dengannya. Duduk bersamanya dan coba cari solusinya. Konflik merusak suasana kantor dan juga mengarah pada hal negatif di sekitar. Selalu hormati pendapat orang lain.

Tidak ada orang yang menang dalam suatu konflik dan tidak ada hasil produktif darinya. Ketika dua individu bertengkar satu sama lain, mereka sebenarnya membuang-buang waktu berharga mereka dan seperti yang mereka katakan "Waktu dan arus tidak menunggu". Hindari berkelahi di tempat kerja karena dapat menyebabkan pemborosan waktu berharga yang seharusnya dapat diinvestasikan dalam pekerjaan produktif lainnya. Ingat kantor Anda membayar Anda untuk pekerjaan Anda dan bukan untuk bertengkar satu sama lain.

Karyawan cenderung kehilangan konsentrasi dan fokus dalam bekerja jika terlibat dalam konflik. Individu kehilangan minat dalam pekerjaan mereka sehingga menghasilkan nol output. Mereka menginvestasikan semua energi mereka untuk berkelahi satu sama lain dan akibatnya tujuan organisasi tidak pernah tercapai. Tidak ada organisasi yang dapat bertahan jika target tidak tercapai. Jangan pernah berteriak di tempat kerja Anda, selalu turunkan suara Anda dan cobalah untuk mengadopsi pendekatan jalan tengah daripada berdebat.

Konflik juga menyebabkan rasa tidak hormat dan ketegangan yang tidak perlu dalam organisasi. Individu berbicara buruk tentang orang lain dan merusak lingkungan; Anda mungkin seorang yang berkinerja sangat baik, pekerja yang rajin, tetapi jika Anda terus berkelahi dengan rekan kerja Anda, Anda pasti akan mendapatkan nama yang buruk.

Anda akan menjadi pusat perhatian tetapi untuk semua alasan yang salah. Itu selalu bijaksana untuk melakukan pekerjaan Anda dengan tulus, kemasi tas Anda, pulang dan segar keesokan harinya. Tidak ada orang yang suka membawa ketegangan yang tidak perlu, oleh karena itu selalu disarankan untuk tidak bertengkar di tempat kerja.

Tidak selalu Anda akan setuju dengan apa yang dikatakan orang lain, tetapi bertengkar tidak akan memberi Anda solusi apa pun, melainkan akan menambah ketegangan Anda. Belajar untuk berkompromi dan berdiskusi dengan tim Anda. Dengarkan baik-baik apa yang dikatakan orang lain dan perbaiki dia dengan cara yang sopan, jika dia salah. Hindari menemukan kesalahan yang tidak perlu dan mengkritik rekan kerja Anda. Ingatlah bahwa setiap orang di kantor adalah bagian dari satu keluarga besar yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Konflik di tempat kerja harus dihindari dan karyawan harus berkonsentrasi untuk mencapai tujuan mereka. Berikan yang terbaik dalam setiap hal yang Anda lakukan. Masuki kantor Anda dengan pikiran yang tenang dan jangan pernah terlalu berlebihan atau bereaksi terhadap pernyataan siapa pun.

Selalu berpikir sebelum Anda berbicara. Gunakan pendekatan profesional di tempat kerja dan coba pecahkan perbedaan Anda dengan rekan kerja Anda. Hormati semua orang di kantor dan ingat pertempuran bukanlah satu-satunya solusi.

***
Solo, Senin, 22 Februari 2021. 8:40 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko