Model Dakwah Terbaik

Coba kita lihat Didi Kempot. Ada penyandang tuna netra, namanya Dek Arda. Suaranya bagus banget. Lagu-lagu yang dilantunkan pun sangat mirip suara penyanyi aslinya.

Rabu, 19 Februari 2020 | 17:44 WIB
0
208
Model Dakwah Terbaik
Ilustrasi dakwah (Foto: cahayaislam.id)

Bukan kasih beras, beasiswa, atau dicukupi kebutuhannya. Namun, manusiakan ia secara manusiawi.

Adalah Nabi Muhammad saw yang memberikan contoh nyata, bagaimana beliau memanusiakan manusia. Bahkan terhadap musuhnya sekalipun.

Saat diejek, dihina, disakiti, beliau tidak pernah sekalipun membalasnya. Hingga malaikat pernah geram gara-gara kesabaran beliau. Contohnya kisah ini.

Saban hari, beliau selalu dihina, diejek, dan dilempari kotoran onta dan batu. Tak pernah sekalipun beliau membalas. Hingga suatu hari, si pengejek itu tak kelihatan. Kemana gerangan?

Dicari ke rumahnya dan ketemu. Tentu si pengejek pucat pasi menyaksikan orang yang diejeknya mendatanginya. Namun, ternyata justru pelukan sayang dan doa yang diberikan kepadanya.

Kisah lain menyebutkan, bagaimana beliau melayani orang Yahudi yang buta. Disuapi ia dengan lemah lembut. Saat sedang menikmati suapan yang diberikan, si Yahudi justru mengejek Muhammad tiada henti. Marahkah Muhammad? Tidak hingga akhir hayatnya.

Model dakwah beliau ditiru Walisongo. Mereka berdakwah tanpa menjelek-jelekkan budaya yang sedang berjalan.

Tak pernah tersiar kabar Walisongo bermusuhan dengan masyarakat lokal. Justru Walisongo mengakulturasi budaya setempat untuk menyiarkan agama Islam. Hingga kita kenal dan kita peluk sekarang.

Sekarang, mari kita tengok model dakwah zaman now. Ada upaya adu domba dengan menyebarluaskan hoaks. Ada adu domba seraya memaksakan pendapat dan menghina pihak lain yang tidak sependapat. Bahkan ada yang begitu peduli dengan pemeluk agama di negara lain, tapi justru memusuhi orang-orang seagama di dekatnya lantaran tidak sependapat.

Coba kita lihat Didi Kempot. Ada penyandang tuna netra, namanya Dek Arda. Suaranya bagus banget. Lagu-lagu yang dilantunkan pun sangat mirip suara penyanyi aslinya. Dan The Lord Didi Kempot pun merangkul beliau. Menurut saya, inilah model dakwah terbaik.

Gimana menurut Anda....???

***