Kepemimpinan [43] Sistem Manajemen Likert

Semakin dekat karakteristik perilaku dari pendekatan organisasi Sistem Partisipatif, semakin besar kemungkinan hal ini akan mengarah pada peningkatan jangka panjang.

Senin, 29 Juli 2019 | 19:05 WIB
0
2304
Kepemimpinan [43] Sistem Manajemen Likert
ilustr: ToolsHero

Rensis Likert dan rekan-rekannya mempelajari pola dan gaya manajer selama tiga dekade di University of Michigan, AS, dan mengidentifikasi model sistem manajemen empat kali lipat. Model ini dikembangkan berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada manajer di lebih dari 200 organisasi dan meneliti karakteristik kinerja berbagai jenis organisasi. Empat sistem sistem manajemen atau empat gaya kepemimpinan yang diidentifikasi oleh Likert adalah:

Sistem 1 - Otoritas Eksploitatif: Tanggung jawab terletak di tangan orang-orang di eselon atas hierarki. Atasan tidak memiliki kepercayaan dan kepercayaan pada bawahan. Keputusan dikenakan pada bawahan dan mereka tidak merasa bebas untuk mendiskusikan hal-hal tentang pekerjaan dengan atasan mereka. Kerja tim atau komunikasi sangat sedikit dan motivasi didasarkan pada ancaman.

Sistem 2 - Otoritas Penuh Kebajikan: Tanggung jawab terletak pada level manajerial tetapi tidak pada level yang lebih rendah dari hierarki organisasi. Atasan memiliki kepercayaan merendahkan dan kepercayaan pada bawahan (hubungan tuan-pelayan). Di sini sekali lagi, bawahan tidak merasa bebas untuk mendiskusikan hal-hal tentang pekerjaan dengan atasan mereka. Kerja tim atau komunikasi sangat sedikit dan motivasi didasarkan pada sistem penghargaan.

Sistem 3 - Konsultatif: Tanggung jawab tersebar luas melalui hierarki organisasi. Atasan memiliki kepercayaan diri yang substansial tetapi tidak sepenuhnya pada bawahan. Sejumlah diskusi tentang hal-hal terkait pekerjaan terjadi antara atasan dan bawahan. Ada cukup banyak kerja tim, dan komunikasi terjadi secara vertikal dan horizontal. Motivasi didasarkan pada penghargaan dan keterlibatan dalam pekerjaan.

Sistem 4 - Partisipatif: Tanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi tersebar luas di seluruh hierarki organisasi. Ada tingkat kepercayaan yang tinggi yang dimiliki atasan terhadap bawahannya. Ada tingkat kerja tim, komunikasi, dan partisipasi yang tinggi.

Sifat keempat sistem manajemen ini telah dijelaskan oleh Likert melalui profil karakteristik organisasi. Dalam profil ini, keempat sistem manajemen telah dibandingkan satu sama lain berdasarkan variabel organisasi tertentu yaitu:

• Proses kepemimpinan
• Kekuatan motivasi
• Proses komunikasi
• Proses interaksi-pengaruh
• Keputusan membuat proses
• Pengaturan tujuan atau pemesanan
• Proses kontrol

Atas dasar profil ini, Likert memberikan kuesioner kepada beberapa karyawan yang berasal dari organisasi yang berbeda dan dari posisi manajerial yang berbeda (baik lini dan staf). Studinya mengkonfirmasi bahwa departemen atau unit yang menerapkan praktik manajemen dalam Sistem 1 dan 2 adalah kontrak yang produktif, dan departemen atau unit yang menerapkan praktik manajemen dalam Sistem 3 dan 4 adalah yang paling produktif.
 
Keuntungan
 
Dengan bantuan profil yang dikembangkan oleh Likert, menjadi mungkin untuk mengukur hasil pekerjaan yang dilakukan di bidang dinamika kelompok. Teori likert juga memfasilitasi pengukuran bidang manajemen "lunak", seperti kepercayaan dan komunikasi.
 
Kesimpulan
 
Menurut Rensis Likert, semakin dekat karakteristik perilaku dari pendekatan organisasi Sistem 4 (Partisipatif), semakin besar kemungkinan hal ini akan mengarah pada peningkatan jangka panjang dalam pergantian staf dan produktivitas yang tinggi, memo rendah, biaya rendah, dan pendapatan tinggi. ingin mencapai efektivitas optimal, maka sistem yang ideal.

***
Solo, Senin, 29 Juli 2019. 6:46 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko