Band WBP Lapas Kelas I Malang Hibur Pengunjung di Ruang Kunjungan

Kamis, 25 Mei 2023 | 15:43 WIB
0
28
Band WBP Lapas Kelas I Malang Hibur Pengunjung di Ruang Kunjungan
Band WBP Lapas Kelas I Malang Hibur Pengunjung di Ruang Kunjungan | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Kamis (25/05/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki inisiatif yang unik untuk menghibur para pengunjung di ruang tunggu mereka. Mereka telah melibatkan para warga binaan yang memiliki bakat musik untuk membentuk sebuah band. Band ini terdiri dari para Warga Binaan yang memiliki minat dan keahlian dalam bermain alat musik serta bernyanyi.

Dengan semangat rehabilitasi dan reintegrasi sosial, Lapas Kelas I Malang melihat potensi musik sebagai sarana yang efektif untuk menginspirasi dan memberikan harapan kepada para Warga Binaan.

Setiap hari Senin dan Kamis band dari warga binaan ini tampil di ruang tunggu Lapas Kelas I Malang. Mereka memainkan berbagai genre musik seperti pop, rock, alternatif dll, sesuai dengan preferensi pengunjung yang hadir. Para pengunjung dapat menikmati penampilan musik yang berkualitas sambil menunggu keperluan mereka.

Selain memberikan hiburan, penampilan band ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan sisi positif dari warga binaan kepada masyarakat. Melalui musik, mereka berusaha mengubah persepsi negatif yang mungkin ada tentang Waga Binaan dan menggantinya dengan penghargaan atas upaya rehabilitasi yang mereka lakukan.

"Dengan adanya penampilan band dari warga binaan ini, ruang tunggu di Lapas Kelas I Malang menjadi lebih hidup dan tidak membosankan," Ujar Heri Azhari selaku orang nomer 1 di Lapas tersebut.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)