Kenali Kemampuan Matematika Anak-anak

Tempat yang baik untuk memulai adalah memperkenalkan apa yang dia sebut “latihan pembelajaran matematika yang kaya" ke dalam rencana pengajaran.

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:21 WIB
0
124
Kenali Kemampuan Matematika Anak-anak
Ilustrasi https://pixabay.com

Dengan standar matematika yang menurun di sekolah-sekolah Australia selama dua dekade terakhir, seorang ahli percaya bahwa kunci untuk memperbaiki masalah ini berkaitan dengan sesuatu yang disebut keengganan pada matematika.

Laura Tuohilampi dari Sekolah Pendidikan UNSW dan penulis buku baru “Seriously Fun Maths”, telah menghabiskan 17 tahun terakhir di Finlandia dan Australia bekerja dengan siswa dan guru untuk membuat matematika lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam pengalamannya, anak-anak sering kali ingin melepaskan diri dari matematika dan membentuk pandangannya sendiri bahwa matematika adalah pelajaran yang hanya cocok untuk tipe orang tertentu, yang kemudian tercermin dalam bahasa dan keyakinan yang mereka bawa hingga dewasa.

“Pikirkan seberapa sering Anda mendengar seseorang berkata, 'Saya bukan orang yang suka matematika', namun semua orang menggunakan keterampilan berpikir kritis yang sama yang Anda butuhkan untuk memecahkan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari Anda,” katanya dalam siaran pers dari Universitas New South Wales pada 20 Juli.

“Pada kenyataannya, kelompok terbesar orang yang secara aktif menggunakan matematika adalah orang-orang yang berpikir bahwa mereka tidak pandai dalam hal itu.” Tuohilampi memberikan contoh penyesuaian rasio resep untuk lebih banyak atau lebih sedikit orang, menggunakan probabilitas untuk mempertimbangkan ramalan cuaca dan apakah akan memasukkan cucian ke mesin cuci, atau menggunakan perkalian untuk menentukan antrian checkout mana yang lebih cepat.

Menurut Programme for International Student Assessment (PISA): “Kinerja matematika telah menurun sejak 2003 di Australia.” Sementara Maths Australia mengatakan faktor utama yang berkontribusi adalah bahwa “siswa tidak diajarkan matematika dengan cara yang masuk akal bagi mereka”. Kurikulum matematika tidak perlu direvolusi, kata Tuohilampi, tetapi ditambah untuk mencegah keengganan matematika semakin berakar, memancing rasa keheranan atau keingintahuan alami anak-anak adalah kuncinya.

“Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka tidak pandai matematika atau memiliki pengalaman negatif tentang matematika menjadi bersemangat ketika menghadapi masalah yang menuntut penalaran matematis mereka,” katanya.

“Ketika kita memecahkan masalah kehidupan nyata—seperti misalnya, memperkirakan volume furnitur saat memesan ruang penyimpanan—keengganan matematika menjadi hilang.”

Memicu Pengetahuan 

Tuohilampi menjelaskan bahwa ada dua alasan mengapa matematika tidak diajarkan dengan cara semacam “menyalakan percikan yang ada dalam diri kita semua”. “Pertama, kami tidak percaya hal itu bisa dilakukan, dan kedua, kami tidak memiliki contoh bagus untuk menunjukkan bagaimana caranya,” katanya.

Oleh karena itu, tempat yang baik untuk memulai adalah memperkenalkan apa yang dia sebut “latihan pembelajaran matematika yang kaya" ke dalam rencana pengajaran, di mana guru meminta anak-anak menyatukan pemikiran mereka untuk memecahkan masalah terbuka (open-ended problems) yang mungkin memiliki lebih dari satu penyelesaian masuk dan berpotensi memiliki lebih dari satu jawaban.

“Ketika kita berbicara tentang pembelajaran matematika yang kaya, itu bukan hanya latihan untuk menemukan jawaban yang benar, tetapi juga mendapatkan keterampilan penalaran terhadap suatu soal latihan sambil merasionalisasi pengalaman mereka tentang dunia,” katanya.

“Mereka mulai percaya pada proses berpikir mereka sendiri, yang sangat dibutuhkan untuk kompetensi di kemudian hari.” Tuohilampi tidak percaya bahwa masalah matematika terbuka yang terkait dengan dunia nyata harus menggantikan matematika teoretis yang diajarkan di sekolah, tetapi menekankan bahwa melengkapi silabus tradisional dengan latihan yang memicu penalaran dapat menyalakan kembali minat anak-anak.

“Dari penelitian saya, kami dapat menunjukkan bahwa keseimbangan yang baik adalah memberikan hanya satu pelajaran per bulan untuk jenis masalah matematika yang kaya ini,” katanya.

“Guru kesulitan menghadapi siswa yang tidak termotivasi dan tidak terlibat. Tetapi ketika Anda memberi mereka tantangan semacam ini sesekali, Anda mengizinkan mereka untuk mulai menghargai matematika dan mereka lebih menghargai tugas konvensional.” Pada 2017, Tuohilampi menerbitkan sebuah buku di Finlandia berjudul “Maths Hunger,” yang menantang cara matematika diajarkan.

Buku barunya—”Seriously Fun Maths”— akan diluncurkan minggu ini untuk para guru Australia. Buku ini berisi kegiatan untuk siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang dirancang untuk membuat mereka merefleksikan keterampilan pemecahan masalah mereka, serta menghasilkan diskusi yang terinspirasi secara matematis. “Buku ini dirancang untuk membantu guru meningkatkan keterlibatan siswa tanpa mengambil waktu dari pengajaran konten tradisional,” kata Tuohilampi.

Steve Milne adalah seorang reporter Australia yang berbasis di Sydney yang meliput olahraga, seni, dan politik. Dia adalah seorang guru bahasa Inggris yang berpengalaman, ahli gizi berkualitas, penggemar olahraga, dan musisi amatir. 

***