Membela Islam

Dengan kebaikan yang telah kita lakukan semoga kita termasuk orang-orang yang menegakkan ajaran islam serta golongan orang yang kelak masuk surga di akhirat nanti.

Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:55 WIB
0
54
Membela Islam
Sumber Ilustrasi: Pixabay

Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dengan perantara malaikat jibril disampaikan pada Rasul dan Nabi untuk diserukan pada manusia agar tauhid pada tuhan nya dan hidup berdasarkan ajaran Al Quran dan sunah.

Islam merupakan agama yang diturunkan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir serta memberi petunjuk pedoman hidup seluruh manusia hingga akhir zaman.

Sebagai umat islam sudah kewajiban harus menegakkan ajaran islam dan membela nya, adapun bagi yang bukan pemeluk nya membela islam dilakukan sebagai bentuk toleransi sesama manusia dan penghormatan bagi para pemeluk nya.

Perintah membela Agama Islam

Adapun disampaikan dalam Al Quran mengenai perintah membela Agama Islam:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ تَنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolong mu dan memperkuat kedudukan mu” (QS. Muhammad [47]: 7)

Maksud dan kandungan dari ayat tersebut yaitu:

Telah disampaikan untuk orang yang beriman yaitu orang yang mempercayai ajaran islam serta melaksanakan perintah Allah dan melaksanakan ajaran rasul nya.

Apabila menolong agama Allah yaitu islam dengan menegakkan ajarannya dan menghindari larangannya atau menyampaikan kebenaran di dalamnya, maka Allah akan menolongnya menghadapi kesulitan dan memperkuat kedudukannya, yaitu menguatkan kaki mereka dalam menghadapi musuhnya dalam perang.

Dengan begitu mereka akan mendapatkan kemudahan meraih kemenangan karena keyakinan hati dan kesabaran nya dalam jihad di jalan Allah.

Cara membela Islam 

Membela islam harusnya dilakukan oleh semua pemeluk nya sebagai bentuk iman mereka dalam memercayai ajaran nya. Salah satu cara membela islam yaitu kita harus memperdalam ajaran islam itu sendiri dengan memperkuat dan memperdalam iman dalam hati kita, maka sudah seharusnya semua umat islam menegakkan ajaran Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan meneladani setiap perilaku nya dan menjauhi segala larangan yang disampaikan.

Membela islam juga dapat kita lakukan melalui orang lain. Ketika menjalani kehidupan di dunia masyarakat dengan menjaga tali silaturahmi adalah salah satu cara membela ajaran islam. Menjaga hubungan orang lain menjadikan kita sebagai teladan yang baik karena peduli dengan sesama manusia. Selain itu juga kita telah menjalankan perintah Rasulullah untuk saling menjaga dan saling tolong-menolong baik dengan sesama muslim maupun non muslim.

Berbuat baik dengan setiap manusia sangat penting, meskipun bukan dalam agama yang sama. Karena walau bukan teman satu iman, mereka tetaplah teman kita sebagai sesama manusia. Adapun dalil mengenai penting nya saling berbuat baik dengan sesama manusia :

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ 

“Jika kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka kerugian kejahatan itu untuk dirimu sendiri” (QS. Al Isra [17]: 7)

Pentingnya Membela Islam

Menurut saya setiap perbuatan pada orang lain merupakan cermin untuk diri sendiri. Karena jika kita berbuat baik pada orang lain pasti Allah Yang Maha Mengetahui akan memberi kita pahala serta balasan kebaikan itu kembali kepada diri kita sendiri. Namun, jika kita melakukan perbuatan jahat sama saja merugikan diri kita sendiri karena Allah Yang Maha Adil mengawasi setiap perbuatan hamba nya serta akan memberikan balasan yang sebanding atas perbuatan mereka.

Maka oleh itu di mana pun kita berada seharusnya menegakkan ajaran islam, yaitu dengan mengamalkan Al Quran dan setiap ajaran yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Kita harus berbuat baik pada siapa saja tanpa membedakan, karena islam adalah agama perdamaian yang tersebar dengan kebaikan dan sikap lemah lembut.

Dengan kebaikan yang telah kita lakukan semoga kita termasuk orang-orang yang menegakkan ajaran islam serta golongan orang yang kelak masuk surga di akhirat nanti.

***