Mang Dayat...

Satu paragraf didistorsi oleh Mang Dayat, yaitu paragraf kritik Mbah Hasyim terhadap aliran sesat Wahhabiyah dan aliran menyimpang yang dibawa oleh Muhammad Abduh, giliran paragraf ini dia loncati.

Minggu, 10 Juli 2022 | 05:37 WIB
0
165
Mang Dayat...
Adi Hidayat (Foto: Facebook.com)

Lulusan Darul Arqam Muhammadiyah Garut belakangan ini menggemparkan jagat media sosial menyoal sejarah Thomas Matullessy dan Maluku. Mang Dayat sapaan akrab saya untuk Ustadz Adi Hidayat lulusan Islamic Collage, Libya.

Retorika Mang Dayat ini memang cukup memukau, seakan ia menguasai seluruh bidang pengetahuan, tak sedikit halaman-halaman ayat al-Qur'an dan al-Hadits dengan mudah ia sampaikan di luar kepala, tapi kadang saya berpikir juga itu bisa aja suka-suka dia, wong tiap cetakan beda halamannnya kok.

Dengan ke 'sok' pintarannya Mang Dayat suatu hari pernah mentashrif kata Ta'ziyah تعزية yang menurutnya kata tersebut berasal dari Bina Mudha'af yang berbunyi عزّ ('azza), menurut ahli bahasa itu fatal kesalahannya, yang benar itu Bina Naqish. Katanya mang Dayat ini lulusan ilmu lughah di Libyanya?

Mang Dayat juga pernah menyampaikan pemahaman kitab Qanun Asas Ahlussunnah karya KH. Hasyim Asy'ari, sialnya dia menyampaikan pendapat KH. Asy'ari tentang Rafidhah, tapi dengan segala kegendengannya ia memukul rata semua Syi'ah sesat, padahal Mbah Hasyim sangat jelas dalam kitabnya tidak mengatakan kalimat شيعة tapi yang dia katakan adalah رفيضة.

Lebih sialnya lagi, satu paragraf didistorsi oleh Mang Dayat, yaitu paragraf kritik Mbah Hasyim terhadap aliran sesat Wahhabiyah dan aliran menyimpang yang dibawa oleh Muhammad Abduh, giliran paragraf ini dia loncati. Sialan. Niat banget.

Terakhir, distorsi sejarah. Mang Dayat mengatakan Thomas Matulessy adalah orang Islam namanya Ahmad Lussy. Suka-suka lo dah. Seperti Gajah Mada adalah Gaj Ahmada. Bahkan yang sangat anti dengan Barat menuduh Barat menghilangkan sejarah perkembangan pengetahuan Islam dengan mengubah Ibnu Rusyd menjadi Averos, Ibnu Sina jadi Aviccena, bro itu soal pelafalan aja Djiancok...

Dikampung Gue, Hidayat panggilannya DAYAT.

***