Demikian Melesatnya Karier Letjen Andika Perkasa!

Kamis, 22 November 2018 | 09:27 WIB
0
1612
Demikian Melesatnya Karier Letjen Andika Perkasa!
Andika Perkasa (Foto: IDN Times)

Presiden Joko Widodo menunjuk Letjen TNI Andika Perkasa menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang akan memasuki masa pensiun pada bulan Januari 2019.

Pelantikan akan dilakukan pada tanggal 22 November 2018 pukul 09.00 di Istana Negara Jakarta.

Letjen Andika Perkasa dilantik menjadi Pangkotrad pada Juli 2018 dan sekarang jabatan itu ditinggalkan untuk mengemban tugas baru, yaitu Kepala Staf Angkatan Darat.

Kariernya militernya bersinar dan melesat meninggalkan seniornya.

Andika Perkasa adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) Angkatan 1987. Ia "menyingkirkan" beberapa seniornya seperti Letjen Agus Surya Bakti yang merupakan angkatan 1984. Jabatan sekarang sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan yang beristerikan mantan artis, Bela Saphira.

Senior berikutnya yaitu Letjen TNI Doni Monardo yang merupakan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional dan lulusan Akmil angkatan 1985. Jenderal Doni Monardo pernah menjadi Pangdam Siliwangi.

Selain itu ada pula Wakil KSAD Letjen TNI Tatang Sulaiman yang merupakan lulusan Akmil angkatan 1986.

Apakah karier militer Andika Perkasa yang melesat dan menyingkirkan seniornya berkat kedekatannya dengan Istana? Bisa jadi!

Akan tetapi jauh sebelum Joko Widodo menjadi Presiden RI, karier Andika Perkasa juga sudah melesat dan selalu bersinar.

Berpindah dari jabatan satu kejabatan lainnya dan itu hanya dalam hitungan bulan sudah menjadi hal biasa.

Ia mengawali karier militer sebagai Komandan Peleton Grup 2/Para Komando di Kandang menjangan Kartasura. Pernah juga menduduki Komandan Tim 3, Sat Gultor 81,Kopassus dan pangkatnya naik menjadi Kapten.

Dan kariernya semakin melesat setelah menjadi Komandan Paspampres dan Pangdam Tanjungpura.

***