Sambut HUT RI dan HDKD, Lapas Kelas I Malang Bersih-Bersih TMP Kota Malang

Rabu, 16 Agustus 2023 | 15:44 WIB
0
31
Sambut HUT RI dan HDKD, Lapas Kelas I Malang Bersih-Bersih TMP Kota Malang
Sambut HUT RI dan HDKD, Lapas Kelas I Malang Bersih-Bersih TMP Kota Malang | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Rabu (15/08/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melakukan kegiatan bersih-bersih TMP Malang dalam rangka rangkaian menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh Pejabat Struktural dan Petugas Lapas Kelas I Malang bersama dengan UPT Korwil Kemenkumham Malang pada Jum'at, 4 Agustus 2023 yakni: Bapas Kelas I Malang, Lapas Perempuan Kelas II A Malang dan Kanim Kelas I TPI Malang. Kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati yang beralamatkan di Jalan Veteran No. 8 Klojen, Kota Malang.

Seluruh petugas langsung bekerjasama membersihkan lingkungan dengan fokus kegiatan pada pembersihan makam-makam para Pahlawan, pemotongan rumput-rumput liar diseluruh halaman hingga pembersihan daun-daun kering yang berserakan. Tampak seluruh petugas sangat antusias dan bersemangat dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini adalah bentuk penghormatan dan penghargaan kepada jasa para pahlawan guna menanamkan nilai-nilai juang dan kerja keras bagi generasi penerus bangsa. Selain itu juga untuk menguatkan semangat Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) yang mengangkat tema 'Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju', serta HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023 dengan tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

"Kegiatan ini merupakan kegiatan nasional bagi seluruh insan pengayoman yang diharapkan bisa mengingatkan pentingnya perjuangan para pahlawan dan meningkatkan jiwa nasionalisme yang tinggi serta rasa cinta kepada bangsa dan negara Indonesia," kata Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)