Pegawai Lapas Kelas I Malang Ikuti Uji Kemampuan Teknis Jabatan Fungsional Ditjen Pemasyarakatan

Senin, 8 Mei 2023 | 15:17 WIB
0
64
Pegawai Lapas Kelas I Malang Ikuti Uji Kemampuan Teknis Jabatan Fungsional Ditjen Pemasyarakatan
Pegawai Lapas Kelas I Malang Ikuti Uji Kemampuan Teknis Jabatan Fungsional Ditjen Pemasyarakatan | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Senin (8/5/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melaksanakan Uji Kemampuan Teknis Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengamanan Pemasyarakatan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI.

Kegiatan ini dilakukan dengan metode CBT (Computer Based Test) yang diikuti oleh Peserta Pegawai dari Lapas Kelas I Malang di Ruang Pusat Kesetaraan Pendidikan (PKP) Lapas mulai pukul 09.00 WIB Senin 8 Mei 2023. Uji Kemampuan Teknis (UKT) merupakan salah satu tahapan dalam seleksi jabatan fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan.

Dasar hukum pelaksanaan Uji Kemampuan Teknis (UKT) Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengaman Pemasyarakatan adalah Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 24 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Jabatan Fungsional Pengaman Pemasyarakatan.

UKT dilakukan untuk mengukur kemampuan teknis petugas Pemasyarakatan dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang terkait dengan jabatan fungsional. UKT dapat dilakukan dengan beberapa metode, seperti studi kasus, simulasi atau tes secara tertulis. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memastikan bahwa jabatan fungsional di Lapas Kelas I Malang diisi oleh orang-orang yang memenuhi persyaratan dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Pejabat Fungsional Pengaman Pemasyarakatan adalah pegawai yang diberikan tugas, tanggung jawab, wewenang, untuk melakukan pencegahan dan penindakan terhadap setiap gangguan keamanan dan ketertiban di bidang Keamanan dan Ketertiban Pemasyarakatan.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari memberikan support kepada seluruh Pegawai dari Lapas Kelas I Malang yang mengikuti Uji Kemampuan Teknis Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengaman Pemasyarakatan. Beliau berharap Pelaksanaan Uji Kemampuan Teknis berjalan lancar dan sukses dengan hasil yang memuaskan.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)