Rupbasan Surabaya ke Lapas Kelas I Malang Studi Tiru WBBM

Selasa, 19 September 2023 | 16:04 WIB
0
33
Rupbasan Surabaya ke Lapas Kelas I Malang Studi Tiru WBBM
Rupbasan Surabaya ke Lapas Kelas I Malang Studi Tiru WBBM | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Selasa (19/09/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendapat kunjungan dari Rupbasan Surabaya yang dipimpin langsung Endang Purwati selaku Kepala Rupbasan Surabaya.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari menyambut langsung rombongan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Surabaya ditemani Pejabat Struktural dan Petugas Lapas Kelas I Malang pada Senin, 18 September 2023. Kunjungan Rupbasan Surabaya ini dalam rangka melihat Inovasi Layanan dan program Pembinaan yang dilakukan di Lapas Kelas I Malang.

Rombongan berkeliling melihat lebih dekat ke beberapa lokasi yang ada di dalam Lapas. Rombongan mengunjungi mulai dari Area depan Lapas, Klinik Paricara dan ke beberapa unit Bimbingan Kerja seperti Budidaya Cacing, Jamur & Anggrek, Bengkel Kerja, Manggot, Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) hingga New Pojok Kuliner.

Rupbasan Surabaya memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Lapas Kelas I Malang dalam melakukan inovasi Layanan dan program Pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Lapas Kelas I Malang merupakan salah satu pilot project Lapas Industri dan WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

"Terima kasih atas kunjungan dari Rupbasan Surabaya, kami berharap dengan kunjungan ini bisa sebagai upaya saling berbagi pengalaman dalam melakukan inovasi Layanan yang lebih baik di masing-masing Lembaga," Ungkap Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).
Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)