Tabur Benih Ikan Nila dan Penanaman Pohon Durian, Jadi Rangkaian Acara Touring Kemenkumham Jawa Timur

Senin, 27 November 2023 | 10:43 WIB
0
14
Tabur Benih Ikan Nila dan Penanaman Pohon Durian, Jadi Rangkaian Acara Touring Kemenkumham Jawa Timur
Touring PTAP dan Baksos Kemenkumham Kanwil Jawa Timur Sukses Digelar (dok Humas Lapas Kelas I Malang)

Lapas Kelas I Malang Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Wilayah Jawa Timur memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui kegiatan tur dan bakti sosial yang dilakukan pada 26 November 2023. Kegiatan ini diadakan di Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) Lapas Kelas I Malang di kawasan Desa Maguan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang, kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus memberikan kontribusi nyata kepada lingkungan sekitar.

Kegiatan dimulai dengan serangkaian tur yang melibatkan Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur Bapak Heni Yuwono, Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Timur, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Jawa Timur serta Kalapas Kelas I Malang beserta pejabat pejabat struktural kanwil dan Ka.UPT se Jawa Timur serta para anggota PTAP (Persatuan Touring Trail Adventure Pengayoman). Tur ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan berbagai layanan yang disediakan oleh Kemenkumham, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya hukum dalam kehidupan sehari-hari.

Selain tur, Kemenkumham juga melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial dengan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud nyata dari komitmen Kemenkumham untuk peduli terhadap kebutuhan masyarakat serta lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, kegiatan penanaman pohon bibit buah durian juga menjadi rangkaian acara selanjutnya, penanaman ini dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, dan kemudian diikuti oleh pejabat struktural kanwil dan Ka.UPT se Jawa Timur di lahan SAE LSima Ngajum.

Masih dalam satu rangkaian acara yakni penebaran bibit Ikan Nila, yang juga dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur dan di dampingi oleh Ketua Persatuan Dharma Wanita Pengayoman Jawa Timur kemudian diikuti seluruh pejabat struktural kanwil dan Ka.UPT se Jawa Timur.

"Kami sangat berkomitmen untuk tidak hanya menjadi lembaga yang menyediakan layanan hukum, tetapi juga turut serta dalam upaya membangun kesadaran hukum dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat," ungkap Kalapas Kelas I Malang Ketut Akbar Herry Achjar.

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur memnyampaikan apresiasinya terhadap Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Kelas I Malang, beliau mengungkapkan agar SAE L Sima dapat menjadi sarana edikatif dan tempat asimilasi bagi warga binaan yang benar benar komprehensif sehingga tercipta pembinaan yang baik sebelum warga binaan kembali terjun ke masyarakat.

Dengan suksesnya kegiatan tur dan bakti sosial ini, Kemenkumham Wilayah Jawa Timur berharap dapat terus menjalin kedekatan yang baik dengan masyarakat dan hubungan antara lembaga atau bagian di lingkungan kemenkumham wilayah Jawa Timur serta terus berperan aktif dalam memberikan kontribusi positif bagi kepentingan bersama.

L’SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)