Bimpas-Humas Lapas Kelas I Malang Sosialisasi Layanan Integrasi

Senin, 27 Maret 2023 | 08:44 WIB
0
37
Bimpas-Humas Lapas Kelas I Malang Sosialisasi Layanan Integrasi
Bimpas-Humas Lapas Kelas I Malang Sosialisasi Layanan Integrasi | dok.humaslapasmalang

Lapas Malang - Senin (27/3/2023) WBP Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur terlihat antusias mengikuti sosialisasi layanan Bimpas.

Kasie Bimpas, Muhammad Faishol Nur melakukan sosialisasi layanan Bimbingan Pemasyarakatan (Bimpas) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Beliau didampingi Koordinator Humas Lapas, Hamlana Riska Achmad Efendi. Warga Binaan yang berada di Gazebo menyambut para pejabat struktural Lapas Kelas I Malang ini. Sambil mengobrol santai di Gazebo blok Bukit Barisan kegiatan ini dilakukan.

Kegiatan sosialisasi kepada Warga Binaan ini mulai Hak dan Kewajiban yang penting diketahui Warga Binaan. Selain itu Faishol juga memberikan Pemahaman kepada Warga Binaan agar pentingnya mengenali Biodata Diri sendiri selama menjalani pidana, seperti Nomer Register WBP.

Warga Binaan juga mendapat informasi bagaimana menghitung masa pidana melalui cara manual menggunakan Telram oleh Hamlana. Selain itu disosialisasikan inovasi berbasis IT yang ada di Lapas Kelas I Malang, yakni layanan aplikasi BIMA (Mini Bimpas dan Registrasi) di area Wartelsuspas yang memberikan kemudahan pada para WBP melihat masa perhitungan pidananya.

Layanan ini berfungsi untuk mengetahui masa pidana yang telah dijalani oleh setiap WBP seperti perhitungan 1/3, 1/2, 2/3 maupun tanggal ekspirasi. Selain itu Layanan ini juga mempermudah WBP untuk mengajukan SKTPL, Bukan Pelaku Utama, Justice Collaboration, Grasi dan Integrasi.

Kasie Bimpas, Muhammad Faishol Nur berharap Warga Binaan lebih peduli dengan masa pidananya di dalam Lapas, dengan selalu berkomunikasi dengan keluarga untuk mengurus hak integrasi warga binaan dengan syarat dan ketentuan yang ada. Lapas Kelas I Malang telah melakukan berbagai inovasi Bimpas untuk kemudahan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI)Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

L’SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)