Akhirnya TNI Beli 6 Pesawat Bomber Air LC-415 Viking

Rabu, 12 Desember 2018 | 08:08 WIB
0
189
Akhirnya TNI Beli 6 Pesawat Bomber Air LC-415 Viking

Akhirnya pemerintah lewat TNI dan Kementerian Pertahanan membeli pesawat Bomber air CL-415 buatan Kanada. Pesawat Bomber LC-415 adalah jenis pesawat ampibi yang dirancang khusus untuk menangani kebakaran hutan atau kebakaran dalam kota dan lainnya.

Pemerintah atau TNI membeli sebanyak 6 unit dan pesawat itu sekarang sudah dititipkan di Skuadron Malang, seperti yang di sampaikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. 

"Saat ini 6 unit pesawat tersebut dititipkan di Skudron Malang," tutur Panglima TNI ditemui di Jakarta, akhir pekan pertama Desember 2018.

Pesawat Bomber air CL-415 bukan pesawat berbadan besar seperti pesawat ampibi Be-200 buatan Rusia.Pesawat ini mempunyai gerakan yang sangat lincah dan bisa mengambil air bukan hanya di laut tetapi juga di danau.

Pembelian pesawat Bomber air untuk penanganan atau antisipasi mengatasi kebakaran hutan yang sering terjadi tiap tahun. Apalagi masalah kebakaran hutan sudah terjadi hampir 17 tahun lamanya dan sering menimbulkan masalah. Dan sering mendapat komplain dari negara tetangga, seperti Singapuran] dan Malaysia.

Selama ini untuk mengatasi kebakaran hutan menyewa pesawat atau helikopter khusus dari negara lain. Dan perlu biaya yang sangat tinggi. Pilot khusus helikopter untuk memadamkan kebakaran hutan juga dari negara lain. Ini terkait keahlihan khusus sang pilot, tidak seperti pilot helikopter jenis lain.

Daerah yang sering kebakaran hutan tiap tahun yaitu Riau dan Kalimantan. Kebakaran hutan untuk pembukaan lahan sawit ini sebenarnya faktor kesengajaan karena lebih murah dan cepat.

Tetapi waktu musim kemarau kemarin hutan lindung Gunung Slamet dan Gunung Lawu terbakar habis. Dan ini perlu puluhan tahun untuk pemulihannya. Waktu itu tidak bisa dipadamkan dengan alat manual, harus memakai pesawat jenis helikopter.

Tetapi karena terkendala teknis, akhirnya kebakaran hutan dibiarkan begitu saja. Dengan adanya pesawat LC-514 bisa juga untuk memadamkan kebakaran di hutan lindung seperti di Gunung Slamet dan Gunung Lawu.

Dampak kebakaran hutan menimbulkan kerugian yang sangat besar, belum lagi terkait kesehatan warga. Terkadang harus diungsikan untuk menghindari dampak yang tidak di inginkan.

Mudah-mudahan pembelian pesawat Bomber air LC-415 bisa mencegah atau mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan atau bisa bermanfaat untuk kegiatan lainnya yang sifatnya untuk memadamkan kebakaran yang besar.

***