Berakhirnya Rehabilitasi Sosial di Lapas Kelas I Malang?

Kamis, 5 Oktober 2023 | 18:30 WIB
0
31
Berakhirnya Rehabilitasi Sosial di Lapas Kelas I Malang?
Berakhirnya Rehabilitasi Sosial di Lapas Kelas I Malang | dok.humaslapasmalang

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumhan Jawa Timur melakukan kegiatan Penutupan Program Rehabilitasi Sosial bagi WBP di Aula Serbaguna.

Kabid. Pembinaan, Budi Purwadi yang juga Ketua Program Rehabilitasi Pemasyarakatan memimpin kegiatan Penutupan ini pada Rabu, 4 Oktober 2023. Kegiatan dihadiri Warga Binaan Pemasyatakatan (WBP) serta Pihak ketiga yang menjadi Konselor Program Rehabilitasi Sosial.

Program rehabilitasi Sosial di Lapas Kelas I Malang memiliki tujuan untuk membantu WBP mengubah perilaku mereka, mempersiapkan mereka untuk kehidupan yang lebih baik setelah pembebasan, serta mengurangi tingkat kriminalitas di masyarakat.

Rehabiliasi merupakan salah satu upaya pemulihan dan pengembalian kondisi bagi penyalahguna maupun korban penyalahguna narkotika agar dapat kembali melaksanakan fungsionalitas sosialnya, yakni dapat melaksanakan kegiatan dalam masyarakat secara normal dan wajar. Rehabilitasi bagi WBP di Lapas adalah tempat yang memberikan pelatihan ketrampilan dan pengetahuan untuk menghindarkan diri dari narkotika.

"Terima Kasih pada WBP yang mengikuti kegiatan Rehabilitasi Sosial ini dengan baik, mengikuti semua arahan dari para konselor, sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib," ujar Budi Purwadi.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari telah banyak melakukan perubahan yang lebih baik di Lapas Kelas I Malang. Mulai dari meminimalisir penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas hingga memaksimalkan program Pembinaan Kepribadian dengan adanya program Tahfidz/Hafidz (hafalan Al-Qur'an) di Pondok Pesantren At Taubah.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Laoly pernah meresmikan Pondok Pesantren At Taubah di Lapas Kelas 1 Malang. Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono berikan dukungan pada program kepribadian dan kemandirian yang dilakukan di Lapas.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)