Perkenalan Diri Kalapas Kelas I Malang, Beri Semangat Perubahan!

Senin, 9 Oktober 2023 | 16:29 WIB
0
30
Perkenalan Diri Kalapas Kelas I Malang, Beri Semangat Perubahan!
Perkenalan Diri Kalapas Kelas I Malang, Beri Semangat Perubahan! | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Senin (09/10/2023) WBP Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumhan Jawa Timur berkumpul di Lapangan Senopati dalam rangka perkenalan dan mendengarkan pengarahan Kalapas Kelas I Malang yang baru, Ketut Akbar Herry Achjar.

Kalapas didampingi Pejabat Struktural dan Petugas Lapas Kelas I Malang, Ketut Akbar Herry Achjar memperkenalkan diri sebagai Kalapas yang baru dengan semangat pada Senin, 9 Oktober 2023. Beliau pun menceritakan sekelumit kisah perjalanan tugas dinasnya hingga ditempatkan di Lapas Kelas I Malang.

Beliau memberikan pengarahan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk tetap menjaga lingkungan Lapas Kelas I Malang dalam kondisi damai dengan bahagia dan fokus kepada pidana yang sedang dijalani. Beliau pun mengingatkan jangan sampai melanggar tata tertib dan aturan yang berlaku di dalam Lapas.

"Kita semua ini adalah saudara, kalian tinggal disini cuman sementara, jadi anggap seperti rumah sendiri. Maka itu jagalah rumah kalian, lakukan hal-hal baik yang kreatif selama tinggal disini sampai saat kalian bebas nanti", ucap Ketut Akbar Herry Achjar, Kalapas Kelas I Malang.

Mengakhiri kegiatan, Kalapas berdiskusi langsung dengan Pemuka, Tamping dan Ketua Kamar untuk mendengar keluhan dan saran dari para WBP. Beliau berpesan untuk menjaga kehidupan yang harmonis dan selalu mengedepankan rasa saling harga-menghargai satu sama lain.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Melalai Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari telah banyak melakukan perubahan yang lebih baik di Lapas Kelas I Malang. Mulai dari meminimalisir penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas hingga memaksimalkan program Pembinaan Kepribadian dengan adanya program Tahfidz/Hafidz (hafalan Al-Qur'an) di Pondok Pesantren At Taubah. Kalapas Kelas I Malang sekarang, Ketut Akbar Herry Achjar bertekad menjadi Lapas yang Lebih Baik dan Anti Narkoba.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Laoly pernah meresmikan Pondok Pesantren At Taubah di Lapas Kelas 1 Malang. Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono berikan dukungan pada program kepribadian dan kemandirian yang dilakukan di Lapas.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)