2ND Chance, Grup Penyanyi Baru yang Keren

Bahkan, juri pengganti pun seperti Armand Maulana dan Maia Estianty pun kagum atas penampilan mereka.

Sabtu, 23 April 2022 | 15:39 WIB
0
40
2ND Chance, Grup Penyanyi Baru yang Keren
2nd Chance (Foto: dok. Pribadi)

Akhirnya Indonesia punya grup penyanyi dengan nama The Second Chance, atau 2ND Chance. Grup penyanyi ini lahir di ajang pencarian bakat X Factor 2022 di statiun televisi RCTI. Personelnya ada empat, tiga laki-laki dan satu perempuan, yakni Thomas Boly Lakawolo (32) asal Flores, Febrian Ihsan (24) asal Bandung, Allan Anderson (30) asal Tahuna, Sulawesi Utara, dan Caecilia Werdi (33) asal Malang. 

Penampilan mereka keren karena pada dasarnya masing-masing dari mereka adalah penyanyi yang berkualitas, dan kebetulan memiliki genre yang sama, RnB (rhythm and blues). Tidak heran mereka akhirnya menjadi juara II X Factor 2022.

Pembetukannya benar-benar merupakan suatu kebetulan belaka, sangat situasional. Keempat penyanyi itu sebelumnya adalah penyanyi solo yang tersingkir pada babak perebutan kursi.

Persaingan di babak perebutan kursi itu sangat ketat sehingga mereka dengan terpaksa disingkirkan oleh para juri. Bunga Citra Lestari dengan berat hati menyingkirkan Febrian sambil menutup wajahnya dengan kedua telapak tangannya. Anang Hermansyah menyingkirkan Caecilia, disaksikan Ariel Noah dan BCL yang menyayangkan keputusan itu. Judika menyingkirkan Allan dan Thomas, sambil mengatakan, (keputusan) ini berat sekali. 

Begitu selesai, Ariel berdiskusi dengan BCL, Anang dan Judika yang mengelilinginya, dan mengatakan, kita akan ambil beberapa yang tidak lolos tadi, sayang banget mereka bagus banget. Ariel mengusulkan untuk membentuk sebuah grup baru, mengingat ada jatah untuk 10 grup, dan saat itu baru terbentuk 8 grup. Jadi masih ada slot untuk membentuk grup baru. Usul Ariel langsung disetujui tiga juri lain. Ariel langsung mendaftar Febrian, BCL setuju, Judika memasukkan Allan dan Thomas, dan Anang memasukkan Caecilia. 

Pada saat yang sama, Thomas, Febrian, Caecilia dan Allan tertunduk lesu di kursi di luar ruangan, merenungi kekalahannya. Tiba-tiba mereka dipanggil kembali ke dalam, dan Ariel menginformasikan mereka bisa berkompetisi lagi tetapi secara grup.

Semangat dari keempat penyanyi itu yang sudah menghilang entah kemana, langsung kembali.

Rasa sedih berubah menjadi gembira, mereka mendapatkan kesempatan lagi. Mereka tidak jadi pulang ke rumah, itu yang terpenting. Mereka langsung berlatih bersama-sama. Dalam benak masing-masing, mereka sadar sepenuhnya mereka harus muncul sebagai grup, ego pribadi harus disingkirkan jauh-jauh. 

Tidak lama kemudian mereka kembali tampil, untuk pertama kali tampil sebagai grup. Sebelum tampil, Ariel bertanya, sudah punya nama belum? Dijawab oleh Caecilia: Second Chance, Kesempatan Kedua. 

Dalam kesempatan itu, Second Chance membawakan lagu Thank God I Found You (Mariah Caret ft. Joe & 98 Degrees). Juri-juri dan para peserta lainnya pun terkagum-kagum mendengar mereka. Judika mengatakan, gila… gila… kalau jago-jago nyanyi disatuin ya gini… BCL mengatakan, ini sangar… Ariel juga mengatakan, untuk waktu yang sangat pendek itu, itu sangat bagus.

Dan, hingga akhirnya mereka menjadi juara II, beberapa kali penampilan mereka mendapatkan standing ovation dari semua juri. Bahkan, juri pengganti pun seperti Armand Maulana dan Maia Estianty pun kagum atas penampilan mereka.

Kita berharap Second Chance bisa terus tampil bagus untuk waktu yang lama. Sudah amat sangat lama kita tidak memiliki grup penyanyi. Pada era 70-an kita mengenal Masnait Grup dan Pancaran Sinar Petromak.

***