Sopiko Lawan Medina di SCUA Online Match

Ini bukan dwitarung pertama Sopiko dengan pecatur Indonesia. Pada tahun 2004, IM Sopiko sudah pernah menaklukkan IM Irene Kharisma Sukandar 4-2 di turnamen Enerpac Chess Match.

Jumat, 28 Agustus 2020 | 16:07 WIB
0
28
Sopiko Lawan Medina di SCUA Online Match
Sopiko Guramishvili(Foto: Sopiko's Instagram)

Lahir tanggal 1 January 1991 membuat hari ulang tahun IM Sopiko Guramishvili dirayakan di seluruh dunia. Perkenalannya dengan catur juga dimulai waktu liburan sekolah, saat neneknya mengajarinya cara bermain catur.

Sopiko yang baru berusia 5 tahun bertanya untuk apa banyak bidak di atas papan. Ibunya, juga seorang pecatur, mengajarkan sisanya, dan Guramishvili berkembang menjadi salah satu pecatur wanita terbaik di generasinya.

Prestasi wanita cantik ini waktu masih muda yang patut dicatat adalah saat merebut gelar juara dunia junior di World Youth Championship U16 di Batumi, Georgia, tahun 2006.

Sopiko bukan hanya berprestasi di catur, ia juga berhasil menyelesaikan kuliahnya di Ilia Chavchavadze University of Georgia, Tbilisi tahun 2013 mengambil jurusan bahasa Inggris dan Spanyol .

Salah satu yang membuat Sopiko terkenal di komunitas catur dunia adalah serial video-nya di Chess24 yang mengupas teori pembukaan mutakhir dari repertoar Najdorf lengkap hingga seri eksperimentalnya dengan WGM Anna Rudolf, di mana Sopiko memainkan peran sebagai "Miss Tactics" sementara Anna sebagai "Miss Strategy".


Medina Warda Aulia (Foto: Suara.com)

Nama Sopiko semakin dikenal saat dia menikah dengan pecatur elit dunia GM Anish Giri pada 18 Juli 2015 dan setahun kemudian mereka dikaruniai seorang putra yang diberi nama Daniel.

Pada 30 Agustus 2020, Sopiko akan ber-dwitarung melawan pecatur Indonesia IM Medina Warda Aulia secara online dengan format catur cepat (15'+10") 2 babak, catur kilat (3'+2") 2 babak serta catur bullet (1'+1") 2 babak.

Ini bukan dwitarung pertama Sopiko dengan pecatur Indonesia. Pada tahun 2004, IM Sopiko sudah pernah menaklukkan IM Irene Kharisma Sukandar 4-2 di turnamen Enerpac Chess Match di Jakarta.

***