Terbukti, Carlsen Kekanak-kanakan

Perusahaan Carlsen Play Magnus Group bersama Meltwater menjadi sponsor utama seri turnamen ini.

Selasa, 20 September 2022 | 09:49 WIB
0
35
Terbukti, Carlsen Kekanak-kanakan
Magnus Carlsen (Foto: Chess23)

GM Magnus Carlsen lolos dari sergapan GM Praggnanandhaa R yang bermain agresif di babak ke-8 turnamen online Julius Baer Generation Cup dini hari tadi.

Partai mereka berakhir remis pada langkah ke-67. Carlsen memberikan tepuk tangan dan mengacungkan jempol di akhir permainan sebagai apresiasi atas penampilan pecatur India berusia 17 tahun itu.

Juara dunia ini seperti ingin menegaskan bahwa meskipun dia misalnya kalah di partai ini, Carlsen tetap akan menerimanya karena yakin bahwa lawannya tidak berbuat curang selama pertandingan berlangsung.

Berbeda misalnya saat menghadapi GM Hans Niemann di babak ke-6. Hanya dalam dua langkah dia memutuskan untuk tidak melanjutkan pertandingan.

1. d4 Nf6 2. c4 1-0

Tentu saja keputusan Carlsen untuk kalah dengan cara seperti ini memantik banyak perdebatan di media.

GM Jon Ludvig Hammer misalnya mengkritik Carlsen di TV Norwegia, dengan mengatakan bahwa kompatriotnya itu harus diberi sanksi.

"Ini adalah perilaku yang benar-benar tidak dapat diterima untuk kalah dengan sengaja. Ini adalah hal yang paling tidak sportif dalam olahraga kompetitif," ujar mantan sekondan Carlsen di kejuaraan dunia tahun 2013 itu.

"Fullstendig uakseptabel oppførsel": Perilaku yang sama sekali tidak dapat diterima, begitu judul salah satu media Norwegia.

Julius Baer Generation Cup adalah seri ke-7 dari Meltwater Champions Chess Tour yang terdiri dari 9 seri. Perusahaan Carlsen Play Magnus Group bersama Meltwater menjadi sponsor utama seri turnamen ini.

Pertanyaannya kenapa Hans Nieman masih diundang ke turnamen ini?

Direktur Meltwater Champions Chess Tour Arne Horvei menjelaskan: 

"Jawabannya sederhana dan mudah: karena peraturan. Dalam peraturan Tour disebutkan bahwa jika Anda termasuk di antara delapan pecatur teratas dari turnamen terakhir, Anda secara otomatis diundang ke turnamen berikutnya."

"Pada seri ke-6 FTX Crypto Cup di Miami, Hans Niemann termasuk diantara 8 pecatur yang lolos babak kualifikasi jadi dia secara otomatis dikirimi undangan untuk ikut turnamen ini," tambahnya.

"Setelah keributan itu, yang tentu saja kami ikuti dengan cermat, kami melihat bahwa tidak ada indikasi Niemann terlibat dalam segala jenis kecurangan apa pun selama tampil di Meltwater Champions Chess Tour sehingga tentu tidak ada alasan bagi kami untuk mencabut undangannya," tegas Horvei.

Begitulah. GM Magnus Carlsen masih tetap diam membisu seperti sebelumnya dan turnamen pun berjalan terus.

***