Cukup Konsumsi Maksimal 2 Buah Pisang Setiap hari, Untuk Mendapatkan Kesehatan Yang Optimal

Efek kita apabila terlalu banyak mengkonsumsi Buah Pisang apabila kita mengkonsumsi Buah Pisang lebih dari dua buah adalah salah satunya adalah Sembelit.

Kamis, 13 Januari 2022 | 12:32 WIB
0
22
Cukup Konsumsi Maksimal 2 Buah Pisang Setiap hari, Untuk Mendapatkan Kesehatan Yang Optimal
Dosen Spesialis Medikal Bedah

Solo – Buah Pisang adalah salah satu buah yang sangat digemari baik kalangan bawah, menengah dan kalangan atas pada penduduk Indonesia. Buah ini sangat mudah didapatkan dimana saja bahkan didaerah Pelosok sekalipun. Manfaat dari buah ini sangat banyak sekali dari Sumber vitamin A dan karbohidrat hingga dapat menyehatkan tulang.

Hal yang perlu kita ketahui untuk mengkonsumsi Buah Pisang adalah kita harus tahu berapa dosis banyak kita boleh makan Buah Pisang Setiap harinya. Dikarenakan apabila kita terlalu banyak konsumsi Buah Pisang bisa menjadikan efek samping bagi kesehatan dari Berat badan naik hingga bisa memicu Hiperkalemia bagi tubuh manusia.

Terus berapakah banyak kita boleh mengkonsumsi buah Pisang setiap harinya? Menurut penelitian dilansir dari Healthline Medicine, satu dan dua buah pisang setiap harinya masih tergolong mencukupi bagi asupan moderat bagi orang-orang yang sehat.

Namun, selain itu kita juga harus menerapkan pola makan seimbang untuk mendapatkan kecukupan nutrisi tubuh selain kita mengkonsumsi buah Pisang. Buah Pisang sendiri adalah dianjurkan sebagai makanan pendamping bukan sebagai makanan utama dikarenakan kandungan dari buah Pisang yang belum bisa mewakili sebagai makanan pokok utama dari zat gizi bagi tubuh.

Efek kita apabila terlalu banyak mengkonsumsi Buah Pisang apabila kita mengkonsumsi Buah Pisang lebih dari dua buah adalah salah satunya adalah Sembelit. Sembelit adalah dimana kita kesulitan untuk melakukan BAB dikarenakan feces terlalu keras.

Maka dari itu untuk asupan nutrisi lainnya yang adekuat kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang cukup Serat.

Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa ketika kita akan mengkonsumi Buah Pisang diharapkan buah Pisang tersebut sudah matang terlebih dahulu dan dihindarkan proses pematangan instan pada buah Pisang seperti dilakukan “Karbit” karena bisa menimbulkan efek kimia yang merugikan tubuh. Selain itu pemberian buah Pisang pada bayi juga dianjurkan jangan terlalu banyak dikarenakan bisa menyebabkan Sembelit kronis pada bayi.

“Untuk takaran pemberian buah Pisang untuk dewasa dan bayi tentunya berbeda, kalau untuk dosis Dewasa maksimal 2 buah Pisang setiap harinya masih diperbolehkan. Tetapi khusus untuk dikonsumsi anak sekitar umur 1 – 4 tahun dosis konsumsi Buah Pisang setiap hari yang diperbolehkan setiap harinya adalah sekitar ¼  sampai 1 buah pisang sedang atau setara (30 – 55 gram)”, Ucap Prima Trisna Aji kepada wartawan media online.