Selain Nodirbek, Uzbekistan Juga Punya Javokhir

Javokhir adalah pecatur prodigy. Dia meraih gelar GM diusia 12 tahun 10 bulan 5 hari.

Selasa, 11 Januari 2022 | 19:40 WIB
0
147
Selain Nodirbek, Uzbekistan Juga Punya Javokhir
Nodirbek Abdusattorov (Foto: Niklesh Jain)

Pecatur muda berusia 17 tahun GM Nodirbek Abdusattorov membuat bangga negaranya setelah merebut gelar juara dunia Catur Rapid 2021. Namun selain Nodir, masih ada pecatur muda Uzbekistan lainnya GM Javohir Sindarov. 

Seperti Nodirbek, Javokhir juga ikut menerima penghargaan dari pemerintah Uzbekistan karena prestasinya menempati peringkat ke-8 di Kejuaraan Dunia Catur Blitz 2021.

Padahal Javokhir sendiri baru satu bulan ini memasuki usia 16 tahun. Sebagai perbandingan juara dunia GM Magnus Carlsen hanya menempati posisi ke-12 di turnamen itu.

Untuk menggambarkan kehebatan anak muda ini, pada bulan Juli tahun lalu dia mengeliminasi GM Alireza Firouza di babak kedua Piala Dunia Catur 2021. 

Padahal Alireza adalah pecatur yang paling diinginkan Magnus Carlsen untuk menjadi penantangnya di siklus Kejuaraan Dunia Catur berikutnya.

Javokhir bisa lolos ke Piala Dunia Catur setelah tampil sebagai juara nasional Uzbekistan 2021 bulan April tahun lalu mengungguli Nodirbek yang menempati peringkat ketiga. Ini juara nasional keduanya setelah tahun 2019.

Javokhir adalah pecatur prodigy. Dia meraih gelar GM diusia 12 tahun 10 bulan 5 hari. Pecatur termuda keempat di dunia yang mendapatkan gelar bergengsi itu setelah GM Abimanyu Mishra, GM Sergey Karjakin dan GM D Gukesh. 

Setelah melihat dia menerima penghargaan dari pemerintah Uzbekistan saya coba meminta pertemanan di FB kepada Javokhir dan tidak sampai satu jam, dia sudah menerima permintaan itu. Ada yang mau coba?

***