Tips Memilih Sepatu

Pilih sepatu yang terbuat dari bahan asli, seperti kulit atau suede karena lebih lentur dan akan membentuk kaki anda. Hal itutidak akan anda dapatkan dari bahan sintetis.

Sabtu, 5 Oktober 2019 | 09:38 WIB
0
346
Tips Memilih Sepatu
Ilustrasi sepatu (Foto: Provoke-online.com)

Apa yang menjadi pertimbangan anda saat memilih sepatu? Harga, modelnya, atau kenyamanannya? Banyak orang melakukan kesalahan ketika membeli sepatu karena mereka tidak mengetahui hal-hal berikut ini. Tips ini berlaku untuk kaum pria maupun wanita.

  • Apabila aktivitas anda lebih banyak berdiri, pilihlah sepatuyang mempunyai bagian depan membulat atau persegi agar dapat memberi ruangan pada jari-jari, dan dapat mencegah terjadinya lepuhan dan pembesaran tulang.
  • Mengapa sepatu dengan sol karet kebanyakan lebih mahal? Ini disebabkan bahan sol ini membuat sepatu menjadi lebih nyaman digunakan dan tidak mudah lelah sewaktu berjalan. Tetapi apabila anda memiliki sepatu kesayangan yang tidak bersol karet, anda bisa menambahkannya melalui tukang sepatu.
  • Kebiasaan anda pasti memilih sepatu dengan nomor yang biasa dipakai. Padahal, tidak berbeda dengan pakaian, nomor sepatu juga sangat tergantung pada pabrik pembuatnya. Biasakan mencoba beberapa nomor sebelum menetapkan yang benar-benar cocok. Jangan berharap sepatu bisa melar, sebab sepatu akan terasa sama seperti ketika pertama kalidipakai meski sudah dipakai ratusan kali.
  • Tidak ada kaki yang panjangnya sama persis. Oleh sebab itu, ukurlah masing-masing kaki dan belilah sepatu sesuai ukuran kaki yang lebih panjang. Sepatu yang baik adalah yang lebih lebar dan lebih panjang 1 cm dari jari-jari kaki, dan apabila bisa disisipkan sebuah jari di bagian belakang sepatu.
  • Belilah sepatu saat sore hari. Mengapa sore hari? Alasannya, saat tidur seluruh anggota badan mendapat beban gravitasi yang sama. Maka, di pagi hari, struktur-struktur otottermasuk kaki, masih menciut.. Begitu bangun, kita mulai menggunakan kakiuntuk beraktivitas. Semakin sore beban kaki semakin berat sehingga derajat pembengkakan kaki semakin besar. Untuk mengantisipasi sepatu kesempitan, lebih baik membeli pada saat kaki sudah melar setelah beraktivitas, meski pembesaran itu hanya sedikit.
  • Pilih sepatu yang terbuat dari bahan asli, seperti kulit atau suede karena lebih lentur dan akan membentuk kaki anda. Hal itutidak akan anda dapatkan dari bahan sintetis. Jika anda tidak bisa menahan diri untuk memakai yang modis (meski kurang cocok), pakailah hanya untuk acara-acara khusus.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui saat akan memilih sepatu. Semoga bermanfaat dan selamat bersepatu dengan nyaman.

***
Solo, Sabtu, 5 Oktober 2019. 9:30 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko