Derrick Michael, Center 240 Centimeter

Siswa kelas 11 sekolah khusus untuk atlet berbakat di kawasan Ragunan ini menjadi salah satu pebasket pelajar berbakat yang menjadi andalan Tim Basket Pelajar DKI Jakarta.

Rabu, 13 November 2019 | 23:40 WIB
0
1132
Derrick Michael, Center 240 Centimeter
Derrick Michael (Foto: Dok. pribadi)

Kita harus mendongakkan kepala kita bila ingin melihat dan berbicara padanya. Usianya baru 16 tahun. Tapi tingginya sudah hampir 240 cm. Dan kemungkinan ia masih akan tambah tinggi lagi mengingat ia masih dalam masa pertumbuhan.

Adalah Derrick Michael, siswa kelas 11 sekolah khusus untuk atlet berbakat di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan. Saat ini Derrick menjadi salah satu pebasket pelajar berbakat yang menjadi andalan Tim Basket Pelajar DKI Jakarta. Posisinya sebagai pemain center.

“Saya suka basket dari kelas 5 SD. Tapi sempat keasyikan main hockey. Sampai akhirnya tubuh saya tumbuh meninggi dan saya harus membungkuk menyesuaikan dengan stick hokey. Saya takut jadi bongkok,” kata Derrick, anak tunggal dari seorang ibu berdarah batak dan seorang ayah berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Derrick pun akhirnya memilih basket sesuai dengan postur tubuhnya. Pilihan yang tepat karena kini ia selalu masuk the starting five Tim Basket DKI Jakarta.

Ketua KOI Pusat dan Pemilik Klub Basket Satria Muda Erick Thohir, yang kini jadi Menteri BUMN, menyarankan Derrick untuk serius menekuni basket. Apalagi Derrick ingin sekali bisa bermain di kompetisi bola basket ternama di dunia NBA. Erick bahkan mengarahkan Derrick untuk mencoba bermain di salah satu klub basket Filipina sebagai batu loncatan.

Memang masih butuh waktu panjang bagi Derrick untuk mewujudkan impiannya bisa menembus masuk orbit kompetisi basket NBA yang menjadi cita-cita para pemain basket terbaik di seluruh dunia.

Saat ini ada beberapa klub basket profesional di Indonesia yang tertarik meminang Derrick. Tapi tampaknya harus sabar menunggu setahun lagi sampai Derrick lulus SMA.

Klub mana yang beruntung? Yang jelas, manajemen klub basket itu harus membuat ranjang tempat tidur khusus buat Derrick yang saat ini memakai nomor punggung 23 seperti nomor punggung milik Pebasket Legendaris NBA Michael Jordan.

Oh, ya, kemarin saya lupa bertanya pada Derrick berapa nomor sepatu dan berat badannya.

Ada yang bisa menebak berapa nomor sepatu dan berat badan Derrick? Jika bisa menjawab dengan benar berarti Anda punya bakat sebagai peramal seperti ibu kandungnya Derrick. 

***