Pertanda Apa Hans Niemann Masih Dibela?

Mereka hanya ingin kepastian bahwa Niemann curang saat mengalahkan GM Magnus Carlsen di Sinquifield Cup.

Sabtu, 8 Oktober 2022 | 07:23 WIB
0
307
Pertanda Apa Hans Niemann Masih Dibela?
Yoo dan Hans Niemann (Foto: Crystal Fuller)

Chesscom telah menerbitkan laporan setebal 72 halaman yang dipublikasikan pada hari Selasa lalu tentang GM Hans Nieman.

Intinya menyatakan bahwa Niemann "kemungkinan telah berbuat curang di lebih dari 100 partai catur online Chesscom, termasuk beberapa turnamen dengan hadiah uang." 

Chess.com juga mencatat bahwa Niemann adalah "pemain papan atas yang paling cepat naik daun dalam catur klasik di atas papan dalam sejarah catur modern" tetapi tidak menemukan bukti yang jelas bahwa Niemann berbuat curang dalam partai-partainya di atas papan.

Chess.com juga menganalisis sampel partai tatap muka terbaru Niemann tapi tidak menemukan bukti nyata yang membuktikan bahwa dia curang, termasuk partainya dengan GM Magnus Carlsen di turnamen Sinquefield Cup.

Dalam kesimpulannya, Chess.com mengatakan bahwa mereka juga telah membagikan temuan mereka dengan FIDE dan "akan bekerja sama dengan penyelidikan atau permintaan apa pun yang mereka inginkan." 

Beberapa hari yang lalu, FIDE mengumumkan telah membentuk panel investigasi atas masalah tersebut dan diharapkan sudah selesai dalam waktu 3 bulan.

Melihat banyaknya partai temuan Chesscom yang mengindikasikan Niemann curang saat bermain catur online di bawah tahun 2020 seharusnya semua orang akan menghujat pecatur berusia 18 tahun itu, bukan?

Tetapi anehnya justru banyak yang membela Niemann. Setidaknya bisa dibaca di media-media sosial. Hasil analisis Chesscom ini tidak seperti yang ingin didengar dunia catur. 

Mereka hanya ingin kepastian bahwa Niemann curang saat mengalahkan GM Magnus Carlsen di Sinquifield Cup. Cukup. Dan hingga saat ini tidak ada bukti yang menyatakan bahwa Niemann curang.

Itulah sebabnya Niemann masih tetap diundang untuk bermain di Kejurnas Catur AS 2022. Pada babak pertama Niemann menundukkan pecatur berusia 15 tahun GM Christopher Yoo. 

Seberapa kuat Christopher Yoo? Pada babak kedua anak ini mempecundangi GM Wesley So dengan Hitam!

***