Magnus Carlsen Kembali Berburu Rating 2900

Turnamen Norway Chess adalah turnamen pertama di dunia yang menerapkan format radikal. Setiap pemenang akan mendapat 3 poin dan yang kalah 0 poin.

Senin, 30 Mei 2022 | 12:39 WIB
0
264
Magnus Carlsen Kembali Berburu Rating 2900
Magnus Carlsen (Foto: wikipedia.com)

Meski sulit tetapi GM Magnus Carlsen (2864) masih tetap bersemangat untuk menguber Elo rating 2900. 

Mulai malam nanti Magnus akan turun di turnamen Norway Chess yang akan berlangsung pada 30 Mei hingga 10 Juni 2022 nanti di Stavanger, Norwegia.

Ini untuk kesepuluh kalinya turnamen ini dipentaskan dengan tiga edisi terakhir dijuarai oleh Magnus. Turnamen akan dimulai dengan pertandingan blitz untuk menentukan pemegang buah Putih pada babak pertama besok.

Turnamen Norway Chess adalah turnamen pertama di dunia yang menerapkan format radikal. Setiap pemenang akan mendapat 3 poin dan yang kalah 0 poin. Radikalnya di mana?

Jika hasil pertandingan berakhir remis, kedua pemain segera beralih ke partai Armageddon untuk menentukan pemenang dengan waktu pikir 10 menit untuk Putih dan 7 menit untuk Hitam.

Jika hasilnya remis Hitam dinyatakan sebagai pemenang.

Penyelenggara sedikit kesulitan untuk mengundang peserta karena Turnamen Kandidat dimulai hanya seminggu setelah Norway Chess selesai sehingga jika pesertanya seperti di bawah ini harap dimaklumi.

Mereka juga mengumumkan tidak akan mengundang lagi GM Sergey Karjakin secara permanen. Karjakin pernah menjuarai Norway Chess ini dua kali tahun 2013 dan 2014. Tentu Anda sudah tahu penyebabnya.

Norway Chess sendiri berhadiah total sebesar 2.500.000 NOK atau sekitar 3,8 miliar rupiah dengan juara pertama mendapat 750.000 NOK.

Turnamen ini sebenarnya sangat menarik untuk disaksikan karena pasti ada pemenangnya untuk setiap babak. Satu-satunya kendala adalah karena waktu mainnya yang terlalu malam yaitu dimulai pukul 22.00 WIB. 

***