Wawancara Pendiri Lichess: Ini Sekadar Proyek Sampingan

Menenteng laptop Linux ke berbagai benua, mencari tempat yang eksotis tempat menulis kode lichess. Anekdot, menulis database untuk Lichess dari sebuah perahu kecil di sungai Amazon.

Sabtu, 30 Mei 2020 | 08:50 WIB
0
486
Wawancara Pendiri Lichess: Ini Sekadar Proyek Sampingan
Thibault Duplessis (Foto: Twitter.com)

Lichess adalah server catur internet open-source yang dikembangkan oleh banyak progammer dari berbagai penjuru dunia. Siapa pun dapat bermain secara anonim di sini karena semua fitur tersedia secara gratis. Lichess mengandalkan uang donasi untuk memelihara lebih dari selusin server dan membayar para programmernya.

Lichess.org diciptakan dan diperkenalkan pada publik tahun 2010 oleh Thibault Duplessis seorang programmer komputer. Saat ini Lichess.org adalah salah satu server catur paling populer di dunia.

Mengapa disebut Lichess? Lichess adalah kombinasi antara live/light/libre dan chess. Live karena dimainkan dan ditonton secara real-time 24/7. Light dan Libra sebagai fakta bahwa Lichess adalah open-source dan tidak terbebani oleh sampah eksklusif yang mengganggu situs web lain.

Berikut adalah wawancara yang dilakukan oleh sebuah media terhadap Thibault Duplessis pada 30 Januari 2017. Mudah-mudahan ini sedikit membantu mengenal orang dibalik salah situs catur paling populer di Indonesia ini meskipun sudah berlangsung dua setengah tahun lalu.

Question: Thibault, terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan. Pertama-tama, saya yakin beberapa pengguna Lichess ingin tahu lebih banyak tentang orang di balik situs catur yang luar biasa ini. Apa yang ingin Anda bagikan tentang diri Anda?

Thibault Duplessis: Hai dan terima kasih sudah mewawancarai saya. Saya seorang pria Perancis berusia 32 tahun, yang sangat menyukai coding, catur, dan bepergian. Saya bisa naik sepeda tanpa memegang stang. Betapa kerennya saya, bukan?

Question: Apakah Anda pernah membayangkan bahwa Anda akan mendirikan situs catur dan jika tidak, apa rencana awal Anda?

Thibault Duplessis: Sekitar 7 tahun yang lalu, saya menerima tawaran pekerjaan coding websites French Agency (hi, Intuiti). Ajax adalah hal yang populer di masa itu, dan proyek sampingan saya saat itu adalah tentang mentransmisikan informasi hampir secara real-time dari satu browser ke browser lainnya. Karena catur adalah permainan favorit saya, pada waktu luang saya mulai membuat aplikasi web papan catur sederhana. Jadi Lichess ini hanya proyek sampingan.

Question: Sejak kapan Anda menyukai permainan catur, dapatkah Anda membagikan beberapa pengalaman awal Anda dengan catur?

Thibault Duplessis: Ayah saya mengajari saya cara bermain ketika saya masih kecil. Saya ingat pertandingan pertama saya saat itu ketika ayah memperingatkan saya, "Saat Gajah ikut bermain, dia akan membunuh". Itu membuat saya takut. Kemudian saat ulang tahun, saya mendapat hadiah keajaiban teknologi era modern berupa: Komputer Catur Saytek Companion 1200. Oh, kenangan itu.

Question: Anda seorang pengembang dan juga programmer yang sangat berbakat. Bisakah Anda menceritakan lebih banyak tentang perkenalan Anda dengan pemrograman?

Thibault Duplessis: Saya memulainya di sekolah menengah, dengan mengcoding permainan di Basic untuk kalkulator bersama seorang teman. Dia kemudian meningkat menjadi C ++. Saya memilih cara web. Saya sedang membangun perangkat lunak gratis untuk teman-teman, kebanyakan dalam PHP, Python dan Java. Mengerjakan beberapa 3D, beberapa GUI, dan banyak Spaghetti Code. Dengan demikian saya telah belajar tentang pemrograman sejak dini.

Question: Apa titik poin keputusan Anda untuk menciptakan Lichess, dan mengapa Anda berpikir bisa sukses dengan server catur online baru ini?

Thibault Duplessis: Saat Lichess mulai online sebagai proyek sampingan setengah matang, komunitas catur langsung menyukainya. Saya tidak pernah berpikir sedetik pun proyek ini akan berhasil.

Question: Siapa yang terlibat dalam asal-usul Lichess dan apakah Anda memiliki cerita tentang kendala-kendala yang Anda hadapi di awal-awal launching proyek ini?

Thibault Duplessis: Suatu hari saya menyadari bahwa beberapa "pecatur sungguhan" menggunakan Lichess. Jadi saya menambahkan obrolan ke antarmuka, karena penasaran dan bertemu seseorang yang kemudian mendaftar sebagai "mb" - ketika akun anonim pengguna menjadi suatu hal yang biasa. Dalam obrolan dia memberitahu saya tentang semua bug.

Lichess bahkan tidak memeriksa legalitas langkah katanya. Saya memperbaiki bug, dan menambahkan yang baru. Tidak pernah berhenti sejak saat itu. Di ujung jalan, "mb" menjadi moderator Lichess pertama. Lalu suatu hari dia menghilang, entah kemana.

Question: Apa saja hambatan yang Anda alami dan bagaimana cara Anda mengatasinya?

Thibault Duplessis: Saya mengalami ratusan kendala teknis, apa pun jenisnya, dan saya gagal menulis kode yang layak, berulang kali. Tetapi karena Lichess hanya proyek sampingan, tidak ada tenggat waktu, tidak ada tekanan. Jadi saya terbiasa menghapus semuanya dan mencoba lagi dengan berbagai teknologi dan paradigma. Lichess adalah taman bermain coding yang bagus. Saya belajar banyak dari kegagalan.

Question: Lichess telah berkembang pesat dan terus menambahkan fitur baru yang luar biasa. Apa saja fitur favorit Anda?

Thibault Duplessis: Bertahun-tahun yang lalu, saya dulu menyukai fitur yang memaksa saya untuk belajar sesuatu yang baru. Tentang HTTP, database, pengkodean paradigma dan bahasa. Saat ini, saya fokus pada fitur yang mudah dibangun dan menambah banyak nilai catur. "Belajar dari kesalahan Anda" baru-baru ini adalah salah satunya.

Question: Apakah ada hal atau keputusan yang Anda sesali tentang proyek lichess ini?

Thibault Duplessis: Sejarah sukses Lichess berasal dari serangkaian kesalahan, tetapi saya tidak menyesalinya. Kesalahan adalah satu-satunya cara yang saya tahu untuk membuat kemajuan.Terkadang saya harus membuang produk dari minggu kerja yang panjang, seperti obrolan multi-channel global, atau relay FICS. Membuang-buang waktu? Mungkin. Penyesalan? Tidak!

Question: Salah satu nilai tambah yang luar biasa dari proyek ini dari sudut pandang pengguna adalah Anda berjanji bahwa Lichess akan tetap gratis! Ceritakan lebih banyak tentang keputusan itu.

Thibault Duplessis: Not everything has to be about money. Tidak semua hal diukur dengan uang. Saya suka internet dan ingin membuktikan satu hal bahwa tidak melulu setiap layanan harus menjadi perusahaan yang menguntungkan atau menjadi papan iklan. Sebuah komunitas orang yang bersemangat juga dapat menghasilkan sesuatu yang baik, melalui kolaborasi. Lichess tidak memiliki investor, kami tidak berutang apa pun kepada siapa pun. Kami juga tidak memiliki pelanggan, tidak ada manajemen, dan tidak ada bias terhadap profitabilitas. Kami didorong oleh hasrat bersama, dan didukung oleh komunitas catur internet.

Question: Bisakah Anda meceritakan sedikit tentang orang-orang yang menyumbangkan waktu dan upaya mereka sebagai moderator?

Thibault Duplessis: Para moderator Lichess sangat fantastis dan pantas mendapatkan pelukan. Tak perlu lagi dikatakan, proyek ini tidak akan berhasil tanpa mereka. Mereka melakukan sejumlah pekerjaan fantastis untuk membantu dan melindungi para pemain. Baru minggu ini, 22 moderator berkontribusi untuk membuat Lichess menyenangkan bagi semua orang. Tentu saya tidak bisa menyebutkan semuanya di sini, bukan? Lalu ada pecinta catur lain yang membantu dengan kode, ulasan, sysadmin, menjawab email, berinteraksi di media sosial, menyediakan server untuk analisis komputer, berkontribusi membuat terjemahan. Semua yang dibutuhkan situs catur. Saya mendapat sangat banyak pujian, sungguh, dan mereka bahkan tidak menerima ucapan terima kasih.

Question: Bagaimana Anda melihat Lichess di masa depan?

Thibault Duplessis: Saya akan memasang iklan di semua tempat, menghasilkan uang, dan membeli mobil sport mewah. Hanya bercanda. Ini akan tetap seperti apa adanya, server catur terbuka gratis untuk semua orang, tanpa iklan, tanpa omong kosong.

Question: Mari berbicara lebih banyak tentang catur online secara umum. Satu hal yang saya yakin Anda ketahui dengan baik adalah para pemain yang berbuat curang dengan menggunakan bantuan komputer. Bagaimana Anda menghadapi masalah yang tidak pernah berakhir ini?

Thibault Duplessis: Satu-satunya alternatif untuk mencegahnya adalah menyerah pada catur online untuk selamanya. Tetapi itu tidak akan terjadi. Orang-orang yang berbuat curang, menipu, mereka tidak menyadari betapa berbahaya perbuatannya ini bagi seluruh komunitas catur. Untungnya, kebanyakan dari mereka dapat dideteksi secara otomatis, kami telah bekerja pada sistem deteksi selama bertahun-tahun. Hal ini membutuhkan banyak pekerjaan moderator. Tapi akhirnya kami berhasil menangkap mereka.

Question: Apakah Anda punya pecatur idola? Jika ya siapa mereka dan apa yang Anda kagumi dari mereka?

Thibault Duplessis: Ehm.. tidak, maaf. Tapi saya punya pahlawan pemrograman: Dennis Ritchie, Linus Torvalds, Rich Hickey, Simon Peyton Jones dan Niklas Fiekas.

Question: Apa hobi dan minat Anda di luar proyek lichess?

Thibault Duplessis: Saya suka bepergian. Menenteng laptop Linux saya ke berbagai benua, mencari tempat yang eksotis tempat menulis kode lichess. Sebagai anekdot, saya menulis database untuk Lichess dari sebuah perahu kecil di sungai Amazon.

Question: Apakah Anda memiliki tempat atau kota favorit?

Thibault Duplessis: Tidak. Saya bisa hidup di mana saja.

Question: Pertanyaan terakhir, apa yang akan Anda lakukan jika tidak lagi terlibat dengan Lichess?

Thibault Duplessis: Saya akan mengerjakan proyek open source lainnya, seperti yang saya lakukan sebelum membuat Lichess.

***