Christopher Yoo Juara, Alice Lee Raih Norma IM

Alice sendiri belajar catur secara online dari GM Dmitry Gurevich lewat Skype.

Jumat, 25 Februari 2022 | 07:07 WIB
0
121
Christopher Yoo Juara, Alice Lee Raih Norma IM
Alice Lee (Foto: Vanessa Lee)

IM Christopher Yoo yang baru saja mendapatkan gelar GM namun gelarnya itu belum diumumkan secara resmi oleh FIDE keluar sebagai juara turnamen 13th Annual Southwest Championships yang berlangsung di kota Fort Worth, Texas, pada 17-21 Februari 2021. 

Selain Christopher Yoo, WIM Alice Lee yang kini berusia 12 tahun juga tampil di turnamen itu dan berhasil menempati peringkat ke-4 sekaligus meraih norma IM pertamanya. 

Saya sudah sangat sering menulis tentang Alice Lee, tetapi ada baiknya saya tulis kembali karena anak ini adalah pecatur putri masa depan AS.

WIM Alice Lee berasal dari kota Minneapolis yang terletak di negara bagian Minnesota, AS. Belajar catur di usia 6 tahun dan setahun kemudian Alice sudah mampu menjuarai Kejurnas AS U8. 

Pada usia 8 tahun Alice merebut medali emas catur klasik di turnamen World Cadet Chess Championships 2019 di Weifang, China, setelah mencetak 10 poin dari 11 babak hasil dari sembilan kali menang dan dua kali remis tanpa pernah kalah.

Masih diusia 8 tahun, pecatur yang mengidolakan GM Anatoly Karpov ini juga berhasil meraih gelar Chess Expert termuda di AS memecahkan rekor Rachael Li hanya dalam beberapa hari. Pada usia 10 tahun, Alice meraih gelar Master Nasional. 

Prestasi cemerlangnya ini menarik perhatian GM Gary Kasparov sehingga Alice diajak bergabung dengan kamp pelatihan Tim Bintang Muda USA yang digelar oleh Kasparov Chess Foundation. 

Prestasi Alice lainnya adalah juara World Cadets & Youth Rapid Championships 2020 Girls U12. 

Ketika pandemi menyerang, Alice harus mengikuti sekolah secara online pada tahun 2020–2021. Namun pada tahun akademik 2021-2022 sekolah virtual di Minneapolis tidak lagi ditawarkan.

Jadi Alice sekarang homeschooling.

Beruntung ayahnya Frank, Profesor di Sekolah Kedokteran Hewan dan ibunya Vanessa, Profesor Psikologi mendukung penuh pilihan putrinya yang sangat mencintai permainan catur ini.

Alice sendiri belajar catur secara online dari GM Dmitry Gurevich lewat Skype. 

Menarik mengetahui bahwa pecatur idola Alice Lee adalah GM Anatoly Karpov bukan GM Magnus Carlsen atau GM Hikaru Nakamura.

***