Samantha Pimpin Piala Gubernur DIY, Aditya Pimpin Hanoi

Tanpa basa-basi, Samantha menargetkan juara di turnamen ini dan Aditya Bagus Arfan memimpin kejuaran catur di Hanoi, Vietnam.

Sabtu, 28 Mei 2022 | 07:17 WIB
0
131
Samantha Pimpin Piala Gubernur DIY, Aditya Pimpin Hanoi
Samantha Editso (Foto: Tribunnews.com)

Juara dunia catur standar U10 Girls 2018 asal Jawa Barat WFM Samantha Edithso untuk sementara memimpin Kejuaraan Catur Standar Yunior Tingkat Nasional kategori U15 Putri memperebutkan Piala Gubernur DIY yang digelar pada 27-29 Mei 2022 di Yogyakarta.

Pada babak pertama dan kedua Samantha mengalahkan Chavi Alisha Egbert Dawn dan Athilah Aulan Nisaa masing-masing dari Yogyakarta dan Sumatera Selatan untuk membukukan 2 poin.

Pada babak ketiga pagi ini Samantha akan berhadapan dengan pecatur Jawa Timur Aisyah Muzayyanah. 

Di kategori Putri ini ada dua kategori umur yang dipertandingkan U15 dan U19. Jika melihat prestasi Samantha sebagai juara dunia, pecatur berusia 14 tahun ini sebenarnya layak untuk bermain di U19.

Tetapi Samantha tahu diri. Dua tahun tidak bermain di turnamen catur standar karena pandemi tentu perlu waktu untuk membiasakan diri kembali. Jadi dia memutuskan untuk turun di kategori U15.

Tanpa basa-basi, Samantha menargetkan juara di turnamen ini. "Semoga bisa menang, kalau menang saya bisa menaikkan level terus," ujarnya.

Pada kategori U19 pecatur asal Jawa Tengah Ardita Pramesari Kusuma untuk sementara memimpin turnamen dengan 2 poin bersama tiga pecatur lainnya.

Unggulan pertama WFM Diajeng Theresa Singgih di luar dugaan takluk dari pecatur Jawa Timur Amelia Amanda pada babak kedua membuat pecatur asal Jawa Barat itu untuk sementara menempati peringkat ke-7 dengan 1 poin.

Memimpin

Pecatur muda Indonesia CM Aditya Bagus Arfan untuk sementara memimpin klasemen Hanoi IM Chess Tournament setelah menyelesaikan pertandingan babak keempat kemarin.

Adit membukukan 3½ poin hasil dari tiga kali menang dan satu kali remis. Pada babak pertama pecatur berusia 16 tahun ini menundukkan IM Mikhail Vasilyev dari Ukraina dalam 26 langkah.

Namun tantangan berat menunggu Adit pada babak ke-5 dan 6 karena dia akan berhadapan dengan pecatur tuan rumah IM Vo Thanh Ninh dan GM Bui Vinh.

Adit butuh 3½ poin lagi dari 5 babak untuk meraih norma IM.

Pada kategori Hanoi GM, IM Azarya Jodi Setyaki untuk sementara menempati peringkat ketiga setelah kalah dari pecatur India IM Anand Pranav pada babak ke-3 dan menang dari pecatur Filipina IM Paulo Bersamina di babak keempat.

Pada babak kelima pagi ini mulai pukul 09.00 WIB Jodi akan bertemu dengan pecatur tuan rumah GM Nguyen Anh Dung.

Hanoi GM & IM Chess Tournament dipentaskan di Gedung Hanoi Old Quarter Cultural Exchange Center pada 24-29 Mei 2022.

***